Langkah Membuat File Pdf dari Microsoft Office Word 2013



Cara membuat dan menyimpan file PDF (Portable Document Format) dari Microsoft Office Word 2013. File pdf merupakan salah satu jenis file yang enak untuk dipelajari. Mengapa demikian ? Banyak diantara siswa, mahasiswa dan pekerja membutuhkan paduan untuk mengerjakan dan menyelesaikan setiap tugasnya.

Saat ini buku paduan sangat mudah digunakan, bisa berbentuk elektronik book atau lebih akrab disebut E-Book. E-Book dapat diakses melalui banyak media meliputi PC, Laptop atau ponsel.

Kebanyakan buku-buku elektronik disediakan dalam format PDF. Mengapa ? Karena PDF memang hadir untuk jenis buku elektronik. Format file ini memiliki kelebihan dan kekurangan.


Kelebihan file pdf, pada kebanyakan program pembuka file berformat pdf pengguna tidak disuguhkan dengan banyak tampilan tombol atau menu seperti layaknya Microsoft Office yang berperan sebagai program pengolah kata.

Sehingga file jenis ini lebih disukai karena tampilannya lebih simple dan cenderung hal ini membuat pengguna terdukung dalam aktivitas memahami isi file. File PDF cenderung dipakai untuk jenis dokumen atau file yang memiliki fungsi atau guna pada kemudian hari semisal sebagai paduan/ bahan acuan sesuatu.

Sedangkan untuk kekurangannya, file yang berformat pdf tidak bisa dengan mudah dirubah atau diedit kecuali file PDF tersebut di konvert terlebih dahulu menjadi file Ms. Word atau file lain yang mendukung aktivitas olah kata.

File PDF merupakan file yang sudah terbukukan sehingga tidak mudah untuk mengeditnya. Bedanya buku elektronik dengan buku biasa itu hanya terletak pada cara pencetakan, kalau buku biasa dicetak dengan cara di print di kertas, tetapi untuk buku elektronik cukup dicetak dengan dijadikan sebagai file berformat PDF, Word atau lainnya.

(*Opini saya seperti itu, bagaimana dengan opini Anda...? Sampaikan dalam komentar)

Dari pengamatan terdapat banyak orang yang belum tahu bagaimana cara membuat file PDF melalui aplikasi Microsoft Office Word 2013, yang padahal hal itu sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dilakukan.

Bagaimana Cara Membuat PDF File ?

Berikut dibawah ini tahap-tahapan atau langkah untuk membuat file PDF. Sebelum itu saya ingin menyampaikan bahwa setiap langkah yang saya paparkan dibawah ini merupakan langkah yang mudah, karena langkah tersebut tidak menggunkan software atau aplikasi lain.

1. Buka Microsoft Word

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah buka Ms. Word 2013.

Caranya :

Tekan tombol start, pilih All Programs, Klik Microsoft Office 2013, kemudian pilih dan klik Microsoft Word 2013.

Langkah membuat file pdf dari Microsoft Office Word 2013

Cara membuka Microsoft Word 2013 melalui start menu

2. Buat atau Ketik File yang akan Dikonvert Menjadi File PDF

Dalam Microsoft Word, Anda dapat membuat file yang tentunya terdiri dari kata-kata, gambar atau tabel, diagram dan lain sebagainya. File ini dapat dibuat dengan mengetik atau copy-paste dari sumber internet.

Setelah file selesai dibuat, yang harus Anda lakukan adalah mengkoreksi atau meneliti dengan hati-hati apa yang dirasa kurang untuk ditambahkan. Dalam hal ini saya mengingatkan kembali bahwa jangan tergesa-gesa karena setelah menjadi PDF, file Anda tidak dapat diedit dengan mudah kembali. Untuk mengantisipasi kesalahan, sebaiknya simpan file dalam 2 format, word dan pdf agar nanti ketika menemukan kesalahan dapat segera dibenahi.

Setelah kemudian fix dan yakin file telah selesai melalui proses koreksi, kini saatnya Anda menyimpan file dalam format pdf.

Caranya :

Klik Ctrl+S atau Klik File -> Save -> Tentukan dimana file akan disimpan -> Beri file Nama -> Jangan klik oke/save dahulu, tapi pilih Save as type -> Pilih PDF -> dan terakhir baru klik save atau Enter.

Membuat PDF melalui Word

Langkah 1 Membuat File Lewat Word

Membuat File PDF Lewat Word

Langkah 2 Menentukan Letak File Akan Disimpan

Membuat File PDF Lewat Word

Langkah 3 Memberi Nama Pada Calon File PDF

Membuat File PDF Lewat Word

Langkah 4 Memilih Type File PDF - Langkah 5 Klik Save dan File PDF Telah Jadi


3. File PDF Sudah Jadi dan Siap Digunakan


Membuat File PDF Melalui Ms Word

File PDF Percobaan Kami - Mishba7

Untuk membuka file pdf tentu harus memakai aplikasi bernama Adobe Reader atau lainnya. Setelah memiliki aplikasi tersebut sekarang file PDF dapat dibuka dan dipelajari.

Demikian beberapa tahapan yang biasa saya terapkan dan mungkin setiap orang gunakan untuk membuat file PDF dari Ms. Word. Semoga bermanfaat. Jika Anda mempunyai masukkan atau saran, jangan sungkan-sungkan untuk segera mengirimnya, baik melalui kolom komentar dibawah ini atau kontak kami. Salam Berbagi.



Baca juga :

0 Response to "Langkah Membuat File Pdf dari Microsoft Office Word 2013"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih