Tips Tidur Berkualitas (Nyenyak, Nyaman Alami)



Mendapatkan tidur nyenyak, nyaman dan alami memang kadang mudah dan kadang sulit.

Tidur merupakan saat dimana tubuh, otak dan organ lainnya beristirahat. Juga menghilangkan segala beban sejenak dan mengendorkan otot-otot yang kaku setelah digunakan bekerja. Keadaan ini tidak selalu dilakukan hanya karena kelelahan berlebih, tetapi tentu dilakukan karena kebiasaan juga pola hidup yang tidak bisa ditinggalkan.

Diantara kita banyak yang mengalami susah tidur dengan nyenyak, berkualitas dan nyaman. Tak jarang juga ditambah dengan mimpi tidak indah dan bangun dalam kondisi badan tidak segar.

Hal-hal tersebut sebenarnya wajar, kecuali beberapa orang yang tidak bisa tidur sepanjang malam karena faktor tertentu. Dengan sedikit usaha dan beberapa tips yang tepat pasti dapat meminimalkan keadaan itu dan menjadikannya lebih baik.

Tips Tidur Berkualitas (Nyenyak, Nyaman Alami)
Tidur nyenyak nyaman berkualitas alami

Berikut tips mendapat tidur nyenyak, nyaman, alami juga membuat kita menjadi mimpi indah dan bangun tidur dalam keadaan segar.

Tidak Makan Berat, Kopi dan Mer*k*k

Tidak makan berat atau hanya makan berat secukupnya, dengan minimal 2 jam sebelum tidur, cenderung lebih membuat tidur seseorang berkualitas. Untuk mengatasi perut yang terasa lapar saat akan tidur, sebaiknya isi perut dengan buah-buahan saja. Tidak dengan junk food (makanan cepat saji) karena itu lebih baik.

Mer*kok, minum kopi dan terlalu banyak makan (terutama makan berat sebelum tidur) hanya akan membuat tidur malam seseorang kurang baik. Tidak jarang hal ini hanya membuat bangun pagi kurang freesh dan perut langsung terasa lapar.

Orang yang makan tidak berlebihan, banyak minum air putih, giat berolahraga, tidur dengan cukup dan tidak mer*kok, cenderung mereka memiliki lebih panjang umur dan tubuh yang sehat.

Meninggalkan Tv, Komputer dan Ponsel

Kebiasaan melakukan aktivitas didepan barang elektronik seperti melihat tv, main game di komputer atau ponsel atau berselancar di internet sebelum tidur merupakan kegiatan yang hanya membuat waktu tidur terpotong. Kebiasaan ini hanya membuat seseorang tidur larut malam dan tidur menjadi kurang berkualitas.

Saat akan menjelang waktu tidur, sebaiknya tinggalkan semua aktifitas didepan layar elektronik dan bersiap-siaplah untuk tidur demi mendapatkan kualitas tidur yang maksimal.

Jangan Tidur Siang Terlalu Lama

Tidur siang merupakan aktivitas yang baik. Namun tidur siang akan menjadi kurang baik bila dilakukan tidak pada wajarnya (berlebihan)

Beberapa orang yang tidur siang berlebihan, mereka mengalami gangguan sulit tidur saat malam hari. Nah, untuk mengkualitaskan tidur malam, lebih baik lakukan tidur siang secukupnya dan tidak terlalu berlebihan. Sehingga kita mendapat manfaat tidur siang dan mendapat kepuasan karena kualitas tidur malam juga maksimal. (Baca Juga : Tidur Siang Menjaga Kesehatan dan Menambah Daya Ingat)

Buat Waktu Wajib Tidur 

Lakukan penjadwalan khusus untuk tidur. Biasakan tidur tepat waktu dan lakukan dengan senang hati. Jangan seolah-olah terpaksa agar kebiasaan ini berjalan dengan nikmat dan tidak menyiksa diri.

Bila hal ini dilakukan secara terus menerus, dari dalam tubuh akan tercipta alarm otomatis yang mengharuskan tidur atau merebahkan diri tepat pada waktunya. Hal ini tentu akan membuat kualitas tidur menjadi maksimal dan tidur nyenyak akan menjadi semakin mudah.

Membersihkan Badan dan Tempat Tidur

Gosok gigi, cuci muka merupakan salah satu aktivitas yang wajib dilakukan sebelum tidur untuk mendapat kualitas tidur yang nyenyak dan nyaman. Juga untuk mendapat manfaat sehat kulit serta badan.

Tidak hanya itu, tempat tidur juga harus bersih sebelum kita merebahkan tubuh. Bersihkan tempat tidur untuk menciptakan suasana nyaman. Siapkan selimut yang akan digunakan untuk tidur. Bila semua siap, baru kita bisa merebahkan tubuh dan tidur dengan nyaman.

Buat Lampu Padam atau Redup

Kebanyakan orang dapat tidur dengan baik tanpa bangun dimalam hari bila lampu kamar dalam keadaan gelap. Hal ini seperti apa yang dipercaya masyarakat umumnya.

Sehingga supaya tidur bisa nyenyak, lebih baik padamkan lampu sebelum tidur. Bila tidak terbiasa atau sulit bernafas saat gelap, sebaiknya cukup ganti lampu terang dengan lampu tidur (lampu yang sedikit redup).

Melupakan Semua Masalah

Jangan sekali-kali menggunakan waktu diatas kasur (saat akan tidur) untuk memikirkan hal-hal tertentu baik masalah atau harapan. Karena kalau tidak, waktu tidur akan terpotong, otak yang sebelumnya dingin menjadi panas dan pada akhirnya tidak bisa terlelap. Tidak jadi tidur karena gelisah akan hal yang difikirkan.

Untuk itu, lebih baik tidak mencampur waktu tidur dengan waktu untuk merenungkan hal-hal tersebut. Buat waktu tersendiri untuk memikirkannya. Yang pasti tidak pada saat akan tidur agar waktu tidur tidak tersita. Sehingga tidak mimpi buruk, dapat tidur dengan nyenyak dan nyaman.

Membaca Do'a Sebelum Tidur

Kadang satu hal ini sering dilupakan sehingga tidak jarang mimpi buruk selalu mengintai kita. Mimpi merupakan bunga tidur yang datangnya karena banyak faktor. Bisa karena terlalu memikirkan suatu hal berlebihan, bisa karena memang ada tanda apa-apa dan lain sebagainya. Namun yang pasti semua itu datangnya dari sang pencipta.

Kita harus membiasakan diri untuk selalu berdo'a sebelum tidur, meminta kebaikan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti mimpi buruk kepada sang pencipta. (Baca Juga : Doa Sebelum dan Sesudah Tidur )

Dengan melakukan semua hal diatas, otomatis rasa nyaman akan datang, kita dapat tidur dengan lebih baik, nyenyak dan dapat bangun dalam kondisi badan lebih segar.

Demikian tips mengenai cara agar mendapat tidur nyenyak alami dan terhindar dari mimpi buruk. Semoga dapat membantu dan bermanfaat. Mishba7 blog



Baca juga :

2 Responses to "Tips Tidur Berkualitas (Nyenyak, Nyaman Alami)"

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih