Tidur Siang Menjaga Kesehatan dan Menambah Daya Ingat



Salah satu cara menjaga diri agar selalu sehat adalah dengan tidur siang (bahasa inggrisnya take a nap) secara rutin. Tidur siang yang dilakukan secara rutin cenderung lebih memberi efek positif bagi tubuh. Beberapa diantaranya ialah memberikan daya ingat dan menghilangkan stress.

Semakin bertambah usia tentu daya ingat rasanya semakin menurun. Apalagi dengan stress. Setiap bertambah tua, setiap itu juga rasa stress rasanya semakin bertambah mengingat semakin banyaknya pekerjaan atau masalah yang hadir dalam hidup ini.

Nah dengan adanya masalah-masalah tersebut, ada lebih baiknya bila kita menyisakan 20 hingga 40 menit minimal setiap hari untuk tidur siang demi mendapatkan solusi yang lebih baik untuk mengatasi banyak masalah.


Berikut lebih detail mengenai manfaat tidur siang yang baik untuk kesehatan tubuh.


Inilah Manfaat Tidur Siang

Menurunkan Penyebab Terjadinya Stress Sedang atau Berat

Stress merupakan salah satu masalah hidup yang tidak dapat dihindari oleh setiap orang. Otak selalu digunakan untuk berfikir setiap hari, bahkan tidak jarang otak selalu digunakan untuk berfikir dengan sangat tegang tanpa diberi waktu untuk refresing demi meningkatkan kerjanya.

Bila otak diperlakukan sedemikian, lama kelamaan tentu beban berfikir akan sangat banyak dan menumpuk kemudian akhirnya timbullah stres mulai dari ringan hingga berat.

Menangani masalah ini, solusi utama untuk menanganinya adalah dengan mengistirahatkan tubuh sejenak berupa tidur siang disela-sela waktu kerja berlangsung.

Ketika tubuh diistirahatkan (tidur) sejenak, otomatis otak juga anggota tubuh lainnya akan beristirahat sejenak. Efek baik setelah itu pasti dapat dirasakan.

Meningkatkan Ingatan Dalam Otak

Tidur siang ternyata memiliki peluang yang cukup baik untuk meningkatkan kinerja otak, lebih-lebih untuk menajamkan ingatan terhadap sesuatu.

Hal ini cukup penting bagi anak-anak, sebab mereka cenderung lebih sering menghafal materi pelajaran dan harus mengingatnya kembali untuk dapat menjawab soal saat ujian.

Tak kalah penting, semua orang dewasa juga perlu melakukan tidur siang. Banyak persoalan rumit yang hadir dan harus diselesaikan dengan baik dan cepat dengan mengingat banyak pengalaman.

Menyegarkan Tubuh Memberi Kawaspadaan Lebih

Banyak orang menyepelekan masalah tidur siang karena lebih mementingkan hal lain. Padahal sebenarnya hal lain itu hanya akan dilakukan kurang maksimal bila kita sangat lelah.

Apalagi bila pekerjaan itu dilakukan setelah makan siang. Rasa kantuk dan segera ingin ketempat tidur mungkin yang hanya ada di fikiran kita saat itu. Ditambah lagi rasa cepat-cepat ingin menuntaskan pekerjaan disaat ngantuk mungkin selalu menghantui.

Saat seperti itu, mungkin kewaspadaan untuk meminimalkan kesalahan akan berkurang dan kerja menjadi kurang maksimal.

Nah untuk itu, solusi baik untuk mengatasi agar kewaspadaan juga kesegaran tubuh dapat maksimal adalah tidur siang sejenak.

Membantu Mengatasi Insomnia

Sebagian dari sekian banyak orang tentu sudah pernah mengalami masalah sulit tidur saat malam hari (insomnia). Waktu tidur normal setiap hari yang baik adalah 8 jam. Nah bila setiap malam kita sulit tidur, kuota waktu tidur normal tentu berkurang dan ini membuat kita kurang maksimal dalam menyelesaikan pekerjaan.

Akibatnya, pekerjaan akan menjadi tidak karuan dan kita menjadi rugi sendiri. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan tidur siang.

Mengubah Suasana Hati Menjadi Lebih Baik

Banyak faktor dapat membuat kita menjadi bad mood (suasana hati sedang dalam keadaan buruk). Salah satu penyebabnya adalah karena kelelahan. Baik kelelahan berfikir, bekerja atau kelelahan perasaan di hati menangani suatu hal yang kurang bisa diterima.

Solusi tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah tidur siang. Tidur siang setiap hari dipercaya dapat membantu seseorang menyelesaikan satu dari banyak masalah dengan baik. Hanya dengan tidur siang setiap hari.

Demikian mengenai manfaat tidur siang untuk menjaga kesehatan dan menambah daya ingat. Mari coba lakukan dan buktikan hasilnya. Semoga bermanfaat. Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Tidur Siang Menjaga Kesehatan dan Menambah Daya Ingat"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih