Tips Mengatasi Install Net Framework Error HRESULT 0xc8000222



Masalah error kode HRESULT 0xc8000222 saat pemasangan Microsoft Net framework tipe 4.0 dan tipe 4.5 merupakan masalah yang sering terjadi.

Bukan hanya pada satu orang saja, tetapi kasus ini sepertinya juga terjadi pada banyak orang.

Seperti yang sudah saya alami, sebagian dari Anda pasti bingung mengenai alasan mengapa sebetulnya beberapa aplikasi atau software yang hendak kita install tidak dapat bekerja sebelum kita menginstall Microsoft Net Framework ?

Dari Kompasiana kita dapat mengetahui bahwa Microsoft Net Framework merupakan salah satu aplikasi pelengkap yang fungsinya sebagai penerjemah atau penyimpan kode pemrograman tertentu sehingga dapat memudahkan programer dalam membuat perintah pemrograman di beberapa aplikasi yang mendukung program .Net  (Microsoft Net Framework).

Aplikasi / software yang mendukung program .Net dapat dengan mudah memanggil kode perintah pemrograman yang ada didalam program Microsoft Net Framework tanpa harus membuatnya dari awal. Sehingga hal ini cukup memudahkan kerja seorang programer.

Sekarang sudah jelas bukan. Jadi dapat disimpulkan beberapa software atau aplikasi yang tidak dapat bekerja sebelum kita menginstal .Net, berarti software itu memakai perintah pemrograman yang mendukung program .Net sehingga pemrogramannya dibuat menjadi lebih praktis dan diatur sedemikian agar dapat bekerja setelah adanya .Net.

Tips Mengatasi Install Net Framework Error HRESULT 0xc8000222

Nah, kembali pada masalah awal. Kendala Net Framework error HRESULT 0xc8000222 juga terjadi pada saya yang beberapa hari lalu tengah menginstall Microsoft Net Framework 4.5.1 di laptop yang memakai sistem operasi windows 7.

Tapi masalah tersebut akhirnya dapat terselesaikan dengan mulus sebab adanya bantuan berupa informasi yang diberikan sahabat blogger kangaziz melalui artikelnya yang berisi pengalaman dan tutorial cara menginstall Microsoft Net Framework 4.0 yang mengalami error kode serupa.

Meski awalnya saya kurang yakin untuk mencoba langkah yang ditulis olehnya karena versi .Net yang akan diinstall berbeda, tetapi saya berusaha optimis untuk berhasil dan pada akhirnya berhasil juga tanpa masalah.


Langkah Mengatasi Error HRESULT 0xc800022

Berikut cara yang saya lakukan untuk dapat menginstall Microsoft Net Framework tipe 4.5.1 sampai berhasil.

1. Masuk Start / Windows - Klik All Programs dan pilih Accessories - Klik kanan pada Command Prompt seperti gambar dibawah ini.

Screenshot letak Command Prompt di Accessories

Screenshot letak Command Prompt di Accessories

Kemudian pilih Run as Administrator - Lalu ketik "net stop WuAuServ" dan tekan ENTER.
*ketik tanpa tanda petik seperti gambar dibawah ini.

Screenshot tampilan Command Prompt beserta ketikkan net stop WuAuServ
Screenshot tampilan Command Prompt beserta ketikkan net stop WuAuServ

2. Kemudian silahkan Anda klik Windows + R (tunggu hingga muncul kotak dialog run ), setelah itu ketikkan "%windir%"  kemudian tekan ENTER.
*ketik tanpa tanda petik seperti gambar dibawah ini


Screenshot Run dan ketikkan %windir%
Screenshot Run dan ketikkan %windir%

Setelah muncul banyak folder, silahkan Anda cari folder bernama "SoftwareDistribution", kemudian rename (ganti nama folder) menjadi "SDold".

Gambar ganti nama folder SoftwareDistribution menjadi SDod Untuk Mengatasi Install Net Framework Error HRESULT 0xc8000222Gambar ganti nama folder SoftwareDistribution menjadi SDod

3. Masuk kembali pada bagian Command Prompt dan silahkan ketikkan net start WuAuServ kemudian tekan ENTER. 

4. Lakukan Install Microsoft Net Framework 4.5.1 kembali dan tunggu hingga proses selesai.

Bukti screenshot install Net Framework 4.5.1 sukses
Bukti screenshot install Net Framework 4.5.1 sukses

Dengan mengikuti langkah diatas secara benar dan teliti, saya optimis Insyaallah Anda juga akan berhasil melakukannya.

Demikian sedikit yang dapat saya bagikan mengenai tips mengatasi Net Framework error HRESULT 0xc8000222. Semoga berhasil. Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Tips Mengatasi Install Net Framework Error HRESULT 0xc8000222"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih