Manfaat Buah Jambu Biji Merah (Jambu Klutuk) Untuk Ibu Hamil



Jambu Biji Merah atau Jambu Klutuk (sebutan jambu biji yang biasa digunakan dipedesaan) memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan, kecantikan, ataupun ibu hamil khususnya. Seorang ibu yang sedang mengandung si buah hati tentunya membutuhkan asupan nutrisi yang cukup agar calon bayi dapat berkembang dan tumbuh sehat bersama ibunya.

Buah jambu biji merah (Guava) merupakan salah satu jenis buah yang mudah untuk didapat dan dipercaya memiliki banyak manfaat. Buah ini bisa tumbuh di sawah, pekarangan dan dikebun-kebun yang ada disamping rumah.

Karena buah ini tidak terlalu mahal dan cukup mudah didapat di banyak tempat, sehingga buah ini tepat bila dijadikan makanan atau minuman yang dikonsumsi sehari-hari untuk membantu pemenuhan gizi dan membantu kesehatan Ibu hamil bersama bayinya.

Manfaat Buah Jambu Biji Merah (Jambu Klutuk) Untuk Ibu Hamil
Buah Jambu Biji Merah

Berikut dibawah ini ulasan mengenai beberapa manfaat atau khasiat buah jambu klutuk bagi Ibu yang sedang hamil.

Manfaat Buah Jambu Biji Merah (Jambu Klutuk) Untuk Ibu Hamil

Info yang diketahui dari banyak situs menyebutkan pada buah jambu biji merah terdapat banyak kandungan nutrisi yang berperan baik dalam tubuh, yang mana sedikit dari beberapa nutrisi tersebut adalah Vitamin C, Vitamin A, Vitamin B2, Kalori, Air, Tannin, Kalsium, Fosfor, Lycopene, Sodium, Zat besi, Protein, lemak (rendah), Serat larut (tinggi), Tembaga, Mangan dan lain sebagainya.

Dari diketahuinya data tersebut, tentunya nutrisi-nutrisi tersebut memiliki manfaat baik terutama bagi Ibu dan janin yang antara lain adalah :

Membantu mengontrol tekanan darah agar stabil

Banyak media penyiar berita mengatakan wanita saat sedang dalam keadaan hamil cukup rentan terkena penyakit Hipertensi (tekanan darah tinggi) karena disebabkan banyak faktor tertentu. Dari situs hamil.co .id berhasil dijumpai bahwa dengan pengkonsumsian satu jambu biji merah yang sudah matang setiap hari dapat membantu mengkontrol tekanan darah tinggi.

Dari situs manfaat. co, penulis juga menjumpai info bahwa kalium yang terdapat pada jambu biji merah juga dapat digunakan sebagai penurun tekanan darah tinggi.

Sehingga lebih baik untuk menghindari penyakit Hipertensi pada Ibu hamil, cukup disarankan agar Ibu hamil rutin mengkonsumsi jambu merah dengan porsi secukupnya.

Membantu melancarkan pencernaan agar terhindar dari beberapa gangguan

Bila pencernaan seorang Ibu yang tengah hamil mengalami gangguan seperti sembelit dan lain sebagainya, maka hal ini akan membuat Ibu dan janin kurang nyaman. Kandungan tannin pada jambu biji merah salah satunya dipercaya bisa membuat pencernaan Ibu hamil berjalan lancar.

Sehingga buah ini cukup baik untuk dikonsumsi Ibu hamil supaya pencernaan dapat berjalan dengan lancar.

Membantu menjaga berat badan agar tidak terlalu gemuk

Jambu biji merah mengandung banyak vitamin, air, dan serat larut yang cukup baik untuk dikonsumsi seorang Ibu hamil. Terutama untuk membuat berat badan Ibu hamil selalu terjaga agar tidak terlalu gemuk sehingga perkembangan buah hati yang ada didalam kandungan dan proses persalinan nantinya tidak terganggu dan dapat berjalan dengan baik.

Sampai sejauh ini penulis belum menjumpai efek negatif dari pengkonsumsian buah jambu biji merah bagi Ibu hamil, sehingga bila pembaca menjumpai efek negatifnya, pembaca sekalian bisa menambahkan dengan berkomentar dibawah ini.

Ingat, disarankan agar buah jambu biji merah tetap dikonsumsi dalam jumlah atau porsi yang wajar saja, karena kalau sesuatu berlebihan maka akan tetap berujung kurang baik.

Demikian sekilas info mengenai manfaat jambu biji merah atau jambu klutuk untuk Ibu hamil. Semoga bermanfaat. Mishba7 blog

(Sumber referensi : disehat.com, manfaat.co, hamil.co.id, kesehatanpedia.com)



Baca juga :

6 Responses to "Manfaat Buah Jambu Biji Merah (Jambu Klutuk) Untuk Ibu Hamil"

  1. jangankan ibu hamil, gue juga demen tuh sama jambu biji :D wkakakaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama gan, apalagi kalau dibuat jus hehehe :D

      Delete
  2. Gue demen banget sama jambu biji,,, kalo nanti punya istri bisa-bisa rebutan jambu biji sama bini yang lagi hamil... Hehhehehe

    Mengalah saja demi sicabang bayi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, lebih baik ngalah biar ibu dan calon anaknya sehat hehe :D

      Delete
  3. Selain enak kalo dibikin jus, ternyata jambu biji banyak manfaatnya, ya. Jadi pengen cepet-cepet nikah *Lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, buah jambu biji merah memang sudah dipercaya banyak khasiat/manfaatnya...

      Pengen cepet nikah ? Semoga cepat dapat jodoh dan nikah mas kalau gitu hehehe :D

      Delete

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih