Manfaat Buah Tomat Untuk Kecantikan Kulit



Kecantikan - Khasiat dan manfaat yang ada pada buah tomat sudah dipercaya sangat melimpah terutama dalam hal membantu merawat kecantikan kulit muka atau wajah. Hal ini tidak bisa dipungkiri lagi karena kandungan nutrisi yang ada pada buah tomat cukup banyak.

Buah Tomat merupakan salah satu jenis buah yang banyak digolongkan juga sebagai sayuran. Buah ini relatif cukup mudah untuk didapat di pasar atau di toko-toko sayuran. Selain buah ini mudah untuk didapat, harganya pun juga tergolong cukup murah sehingga semua kalangan bisa dengan mudah untuk mendapatkannya bila ingin mengkonsumsi buah ini.

Manfaat Buah Tomat Untuk Kecantikan Kulit
Gambar Buah Tomat, bersumber dari pixabay .com

Buah Tomat memiliki warna muda hijau dan pada saat sudah matang berwarna merah. Buah ini cukup mudah untuk dikenali karena ciri khas buah ini selain warna merah saat sudah matang, buah tomat juga memiliki bentuk yang cukup unik mulai dari bulat dan lonjong. Buah tomat memiliki beberapa jenis seperti tomat untuk sayur dan tomat untuk buah. Buah ini sering dimanfaatkan sebagai campuran dalam makanan, jus buah, masker kulit wajah, dan lain sebagainya.


Manfaat Buah Tomat Untuk Kecantikan Kulit

Beberapa manfaat kecantikan kulit yang bisa didapat bila buah tomat dikonsumsi secara rutin antara lain adalah :
  • Mencerahkan kulit
  • Melembabkan daerah wajah
  • Membersihkan bakteri bibit penyakit penyebab jerawat
  • Membantu dalam mengatasi kulit yang berminyak
  • Membantu dalam mengatasi kulit komedo
  • Membantu merawat kulit agar tampak awet muda
  • Membantu mengatasi pori-pori yang membesar agar mengecil
  • Membantu mengatasi masalah jerawat
  • Membantu menjaga agar jaringan pada kulit tidak mudah rusak akibat sinak ultraviolet yang berasal dari pancaran sinar matahari.

Kandungan Buah Tomat

Beberapa kandungan nitrisi yang ada pada buah tomat antara lain adalah vitamin C, vitamin B6, Vitamin A, Vitamin K, folat, niacin, magnesium, fosfor, kalium, dan beberapa kandungan rendah seperti kalori, lemak, sodium, dan kolesterol.

Dari adanya kandungan yang melimpah diatas, tentu hal ini semakin meyakinkan dan membuktikan bahwa buah tomat merupakan salah satu jenis buah yang patut untuk dikonsumsi secara rutin agar manfaat yang ada pada buah ini bisa kita dapatkan.

Untuk mengkonsumsi buah ini kita bisa menjadikannya dalam ragam bentuk yang sudah disebutkan diatas seperti menjadikannya sebagai jus buah, campuran dalam makanan, dan masker. Berikut dibawah ini akan dipaparkan juga mengenai cara pengkonsumsian buah tomat dalam bentuk jus.

Membuat Jus Tomat Sederhana

Jus tomat sederhana
Jus tomat sederhana

Langkah awal yang harus dilakukan untuk membuat jus tomat adalah menyiapkan beberapa alat dan bahan yang antara lain :

Alat :

Blender, gelas, sendok, dan saringan.

Bahan :

Susu, air minum bersih, buah tomat segar, gula, dan es batu.

*Karena selera setiap orang berbeda, maka ukuran setiap bahan tidak dipaparkan dan Anda bisa menakarnya sendiri demi terciptanya rasa yang diinginkan.

Cara pembuatan jus ini tergolong cukup mudah untuk dipraktekkan, yakni :
  • Cuci bersih setiap buah tomat.
  • Potong kecil-kecil buah tomat agar mudah untuk dihancurkan pada mesin blender.
  • Kemudian masukkan buah tomat kedalam gelas blender dengan ditambahkan gula, susu dan air minum bersih sesuai selera (secukupnya) dan haluskan beberapa saat.
  • Setelah dirasa halus dan cukup maka saring dan tuangkan kedalam gelas dan tambahkan kembali susu bila Anda menyukai manis (bila tidak maka tidak usah ditambahkan susu lagi) dan tambahkan es batu untuk membuat jus semakin segar.
  • Lalu tambahkan sedikit hiasan untuk mempercantik jus seperti potongan buah tomat kecil ditepi gelas.
  • Terakhir, minuman jus tomat sederhana siap dihidangkan.

Demikian sedikit informasi yang dapat dipaparkan pada kesempatan ini mengenai manfaat buah tomat untuk kecantikan beserta paduan cara membuat jus tomat sederhana. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Mishba7 blog



Baca juga :

16 Responses to "Manfaat Buah Tomat Untuk Kecantikan Kulit"

  1. Hmm banyak juga ya manfaat dari buah tomat ini untuk kecantikan, sepertinya mulai sekarang harus ditambah nih porsinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kang, selain buah tomat memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, buah tomat juga kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga dengan pengkonsumsian buah tomat yang cukup, maka besar kemungkinan secara sekaligus spontanitas dampak kesehatan dan kecantikan akan diperoleh.

      Delete
    2. Waw memang oke ya kang buah tomat ini tapi sih kalau saya mengkonsumsi tomat secara berlebihan kadang membuat saya tidak nafsu makan lagi, itu mungkin dikarenakan kebanyakan jadi membuat perut kenyang.

      Delete
    3. Nah itu kang, semua hal itu ada batasannya. Kalau berlebihan maka semua hal juga akan kurang baik...

      So, Saya sarankan kang nurul lebih baik mengkonsumsi buah tomat secara secukupnya saja agar tidak berdampak negatif pada diri sendiri

      Delete
    4. Hmm iya kang betul yang berlebihan memang tidak baik untuk tubuh dan juga kesehatan, tapi kalau boleh nanya kalau menurut kang mishba tomat yang baik itu pengolahanannya harus gimana kang agar khasiat dan manfaat buah tomat itu tidak terbuang sedikitpun.

      Delete
    5. Kalau menurut saya lebih baik dalam bentuk jus mas.. :)

      Delete
  2. kalo aku sih biasanya di jus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu diatas ada cara membuat jus tomat sederhana yang bisa mas Salaminzaghi coba kalau semisal masnya berminat membuat jus tomat sendiri tanpa membeli hehehe

      Delete
  3. Tomat emang bagus banget buat kulit muka... saya juga sering make masker tomat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti mas wahab mukanya lebih bersih dan sehat ya setelah memakai masker tomat... Bisa buat testi ini, makasih mas hehehe

      Delete
  4. Buah Tomat memang sudah populer di kalangan masyarakat Indonesia bahkan dunia. Tomat banyak di sukai karena sebagai campuran sayur dan sambel selain itu, tomat juga banyak khasiatnya terutama sebagai anti oksidan karena banyak mengandung Vitamin C.

    Tomat sudah tidak diragukan lagi sebagai buah serba guna, enak di sayur, makan mentah dan berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap, betul sekali gan... Manfaat buah tomat dan khasiatnya memang sudah sangat populer dan hal ini sudah tidak diragukan lagi. Sehingga lebih baik mari bersama penuhi kebutuhan nutrisi tubuh setidaknya dengan mengkonsumsi buah tomat dalam porsi cukup setiap hari demi untuk memperoleh manfaat dan khasiatnya bagi tubuh kita :-)

      Delete
  5. cara gimana kang buat ngatasi kulit komedo ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba saja mas gunakan buah ini sebagai masker wajah secara rutin :)

      Delete
  6. Waw ternyata tomat banyak sekali ya mas manfaatnya untuk kesehatan saya jadi pengen coba nih untuk merawat wajah.

    ReplyDelete

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih