Kegunaan Buah Jambu Warna Merah Berbiji dalam Kesehatan



Manfaat buah jambu biji yang berwarna merah - Jambu merah berbiji merupakan salah satu jenis buah yang banyak digemari, mulai dari dijadikan sebagai jus, makanan pencuci mulut, campuran makanan dan lain sebagainya.

Karakteristik buah jambu merah berbiji saat sudah matang dapat ditandai dengan kulit berwarna hijau kekuningan dan tentunya dengan daging yang berwarna merah. Bila kulitnya berwarna hijau namun dagingnya masih berwarna putih maka buah jambu merah berbiji dapat dipastikan belum matang.

Buah jambu merah berbiji akan lebih segar dan nikmat bila dikonsumsi dalam kondisi sudah matang. Selain karena rasanya segar, buah ini juga banyak diminati sebab dipercaya bisa membantu dalam membuat kesehatan tubuh tetap terjaga dan bisa mengatasi banyak penyakit seperti demam berdarah, diare dan lain sebagainya.

Dari situs Kesehatanpedia, ditemukan informasi yang menyebutkan bahwa kandungan nutrisi pada buah jambu merah berbiji cukup melimpah, sedikit diantaranya meliputi kandungan Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B2, Kalori, Kalsium, Air, Tannin, Fosfor, Zat besi dan Protein.

Dengan adanya informasi nilai gizi atau kandungan nutrisi mengenai buah jambu merah berbiji tersebut, maka bukan tidak mungkin lagi bila buah ini bisa membantu dalam mengatasi beberapa masalah dalam kesehatan.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa anggapan mengenai kepercayaan tentang manfaat jambu merah berbiji bisa membantu dalam menjaga kesehatan dan mengatasi beberapa jenis masalah kesehatan itu bukan hanya sekedar opini tetapi itu fakta.

Kegunaan Buah Jambu Warna Merah Berbiji dalam Kesehatan
Jambu Merah Berbiji


Kegunaan Jambu Merah Berbiji dalam Kesehatan

Beberapa kegunaan atau manfaat jambu merah berbiji dalam kesehatan sudah disebutkan diatas, namun untuk mengetahui informasi lebih banyak lagi, berikut dibawah ini ulasannya.

Membantu menyembuhkan DBD (Demam Berdarah Dengue)

Situs Ragam Obat menyebutkan bahwa Vitamin C yang ada pada buah jambu merah berbiji dapat membantu mengatasi masalah demam berdarah. Selain itu, buah jambu merah yang diambil daging, kulit dan daunnya ini juga dipercaya bisa membantu meningkatkan trombosit darah sehingga buah ini cukup baik bila dikonsumsi oleh penderita demam berdarah.

Membantu mengatasi diare

Dari situs Kesehatanpedia didapat informasi yang juga menyebutkan bahwa jambu merah berbiji dapat mengatasi penyakit diare. Alasannya, hal ini bisa terjadi karena pada buah jambu merah berbiji terdapat kandungan zat alkaline (alami), desinfektan, anti bakteri dan juga Vitamin C beserta potassium carotnoids yang dapat membantu sistem pencernaan dalam memperkuat dan melancarkan kerjanya.

Membantu dalam relaksasi dan mengembalikan stamina tubuh yang hilang

Dari situs Manfaat, kandungan magnesium pada buah jambu merah berbiji dipercaya mampu membantu mengembalikan energi dalam tubuh yang hilang serta membantu dalam hal relaksasi. Sehingga dengan adanya info ini, buah jambu merah berbiji merupakan salah satu solusi yang tepat untuk dijadikan makanan pembangkit energi.

Membantu merawat kecantikan kulit

Karena kandungan Vitamin C pada buah jambu merah berbiji yang sudah matang cukup melimpah, tak menutup kemungkinan bahwa bila kita mengkonsumsi buah ini akan mendapat manfaat lain selain yang sudah disebutkan diatas yakni kulit menjadi awet muda, tetap kencang, dan terlihat tampak selalu segar.

Demikian sedikit informasi yang dapat disampaikan pada kesempatan kali ini mengenai kegunaan buah jambu merah berbiji dalam kesehatan. Semoga bermanfaat. Mishba 7 blog



Baca juga :

8 Responses to "Kegunaan Buah Jambu Warna Merah Berbiji dalam Kesehatan"

  1. Saya paling suka sama jus jambu biji merah, khasiatnya bagus banget buat kulit karna kaya akan collagen...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap betul banget mas, disamping itu masih banyak khasiat yang akan didapat :-)

      Delete
  2. Khasiatnya banyak cuma makannya itu yg ribet dagingnya cuma dikit banyak bijinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dimakan langsung memang bener banget mas hehehe..

      Tapi kalau saya menyarankan lebih baik dikonsumsi dalam bentuk jus saja karena kalau dijus otomatis kulit, daging dan biji bisa termakan semua dengan mudah tanpa ribet :)

      Delete
  3. Kalau saya suka jambu merah itu bukan yang kecil mas tapi yang bentuknya besar dan teksturnya yang renyah, dan jambu jenis itu memang enak sekali apabila dibandingkan dengan buah jambi biji merah yang berukuran kecil dan kebanyakan juga kalau jambu biji merah kecil memiliki rasa yang masam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ow iya mbak... memang selera setiap orang berbeda, tapi jambu pilihan mbak Sri memang tepat, selain jambu isi warna merah besar dagingnya sedikit banyak, rasanya kalau menurut saya pribadi sih memang lebih enak hehehe :)

      Delete
  4. Setuju, jambu biji merah memang baik dikonsumsi bagi penderita DBD dan diare. Selain itu jambu merah biji juga memang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap, bener banget mbak.. Selain rasanya nikmat, buah ini memang sangat bermanfaat untuk kesehatan :-)

      Delete

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih