Yang Harus Dilakukan Bila Tumit Mengalami Pecah-Pecah



Kecantikan - Kaki mengalami pecah-pecah terasa kasar khususnya daerah tumit dan terasa sangat menganggu aktivitas ? Jangan biarkan keadaan ini berlangsung tanpa adanya respon khusus bila Anda tidak menginginkan keadaan lebih parah terjadi.

Rasa sakit yang terjadi pada saat kaki mengalami pecah-pecah lebih banyak terasa perih dan ada juga yang terasa gatal. Bila kondisi ini dibiarkan begitu saja mungkin hal terburuk yang akan terjadi pada diri penderita adalah infeksi secara berkepanjangan.

Yang Harus Dilakukan Bila Tumit Mengalami Pecah-Pecah
Memiliki masalah tumit pecah-pecah dan kasar ? Ini hal yang harus dilakukan

Tumit pecah-pecah cenderung disebabkan oleh beberapa faktor seperti kondisi iklim, keadaan tumit yang kurang lembab dan lain-lain. Namun yang lebih umum penyakit ini muncul akibat keadaan alam yang kurang menentu khususnya pada saat suasana cukup panas sehingga kelembaban pada kulit berkurang. Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa penyakit ini terjadi pada saat musim penghujan karena alasan kondisi tubuh yang kurang bersahabat.

Menyikapi Tumit Pecah-Pecah dan Kasar

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi tumit pecah-pecah antara lain adalah :

1. Menjaga dan Membersihkan Kaki

Kondisi bersih atau tidak pada kaki dan tubuh akan cukup berefek bagi keadaan ini. Bila kondisi terjaga dan selalu dalam keadaan bersih, kemungkinan untuk lebih cepat sembuh dari penyakit tumit pecah-pecah akan semakin besar.

Untuk membersihkan kaki alangkah baiknya bila dilakukan dengan menggunakan air hangat. Caranya rendam kaki dengan air hangat sekitar 5-10 menit kemudian gosok dengan kain bersih secara perlahan dan terakhir bilas untuk membersihkan kotoran yang ada setelah di gosok dan keringkan dengan handuk. Lakukan secara teratur sebelum tidur atau pada waktu lain yang menurut Anda waktu itu tidak mengaggu demi untuk membuat kondisi kaki menjadi lembab dan bersih sehingga pecah-pecah pada kaki secara lebih cepat dapat membaik.

2. Memberi Obat Betadine

Mengapa Betadine ? Betadine adalah antiseptik terpercaya yang sudah dibuktikan banyak berkhasiat dan membantu khususnya dalam menangani masalah seperti luka kecil dan infeksi. Oleh karena itu cukup dianjurkan untuk memakai obat itu saat kulit mengalami masalah seperti luka dan sejenisnya.

Memberi obat Betadine pada tumit pecah-pecah merupakan salah satu hal yang harus dilakukan terutama bila kondisi pecah-pecah pada tumit sudah terasa nyeri dan mengalami infeksi. Caranya cukup bersihkan tumit kemudian oleskan Betadine secukupnya pada area yang pecah menggunakan bantuan kapas atau kain halus.

3. Memberi Olesan Berupa Handbody atau Minyak Zaitun

Tumit pecah-pecah lebih cenderung diakibatkan oleh adanya keadaan kurang lembab pada area tumut. Sehingga untuk membantu dalam menimbulkan kelembaban yang dibutuhkan oleh kulit, kita dapat memberikan olesan berupa Minyak Zaitun atau handbody pada area yang pecah.

Memberi olesan pada area tumit dengan bahan diatas bisa dilakukan pada saat setelah mandi atau pada waktu menjelang tidur.

Membuat Kulit Tumit Halus dan Tidak Kasar

Perlu kita sadari bahwa tidak semua kulit memiliki tekstur yang bisa ditata agar halus dan tidak kasar. Ada beberapa tekstur kulit yang sudah dari sananya kasar sehingga untuk menjadikannya halus tentu tidak bisa secara mudah. Untuk itu semua keberhasilan dalam hal ini hanya bisa ditentukan oleh sang pencipta. Tapi tidak ada salahnya bila Anda mencoba karena kita tidak boleh menyerah sebelum mencoba.

Berikut beberapa tips yang bisa dicoba untuk membuat kulit di area tumit yang semula pecah-pecah menjadi halus dan tidak kasar.
  • Oles area tumit dengan sari lemon
  • Oles area tumit dengan alpukat
  • Oles area tumit dengan buah pisang yang sudah matang

*Pilih salah satu dan lakukan secara rutin seperti setiap kali akan tidur.

Cobalah beberapa cara diatas dan dapatkan hasilnya. Namun bila telah mencoba dan penyakit tidak kunjung membaik, lebih baik segera konsultasikan hal ini pada pihak medis atau dokter terdekat agar masalah dapat segera teratasi oleh bantuan mereka.

Demikian sedikit yang dapat disampaikan, semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah pecah-pecah dan kulit kasar pada tumit. Mishba 7 Blog



Baca juga :

6 Responses to "Yang Harus Dilakukan Bila Tumit Mengalami Pecah-Pecah"

  1. Hmm terima kasih ya untuk infonya sangat bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  2. Handbody bisa juga ternyata buat mengatasi tumit pecah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, karena didalam handbody terdapat kandungan yang bisa melembabkan, menghaluskan dan selain itu juga bisa membantu dalam pemenuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit sehingga bukan tidak mungkin bila handbody dapat menjadi solusi untuk membantu dalam mengatasi masalah tumit pecah-pecah

      Delete
  3. Kalau saya biasanya sih pakai batu timbul,, buat gosok kulit kaki yang kasar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah itu juga bisa buat tambahan gan. Terima kasih atas masukannya...

      Delete

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih