Pengertian Metabolisme, Anabolisme dan Katabolisme Disertai Contoh



Biologi, Pengertian dan Contoh - Pada bidang ilmu pengetahuan, khususnya untuk ilmu biologi, struktur tubuh manusia dan segala sistem serta proses yang terdapat di dalamnya selalu menjadi hal yang sangat menarik untuk dipelajari. Walaupun demikian, masih ada banyak hal yang belum dimengerti oleh orang awam, seperti tentang metabolisme, anabolisme dan juga katabolisme.  Untuk itu, akan diberikan satu per satu pengertian dan sedikit penjelasan beserta contoh mengenai hal tersebut yang akan segera diungkap dibawah ini.

Pengertian Metabolisme, Anabolisme dan Katabolisme Disertai Contoh
Biologi - Metabolisme, Anabolisme dan Katabolisme

Terlebih dahulu akan dijelaskan mengenai pengertian masing-masing secara umum. Pengertian metabolisme secara umum merupakan proses reaksi kimia yang terjadi dan berlangsung di dalam organisme. Kemudian, pengertian dari anabolisme secara umum adalah pembentukan senyawa kimia sederhana menjadi molekul yang lebih komplek melalui bantuan yang berasal dari luar. Sementara pengertian katabolisme secara umum ialah proses penguiraian senyawa kompleks menjadi senyawa-senyawa yang lebih sederhana yang digunakan untuk beraktivitas. Sesuai dengan informasi dan pengetahuan yang didapat, untuk lebih jelasnya akan dijelaskan di bawah ini bersamaan dengan contoh.


Pengertian dan Contoh Metabolisme, Anabolisme dan Katabolisme

1. Pengertian dan Contoh Metabolisme

Seperti apa yang sudah diketahui sebelumnya, metabolisme disebut sebagai reaksi kimia secara keseluruhan yang berlangsung pada organisme. Proses metabolisme berguna untuk mengatur semua sumber energi dari sel, agar menghasilkan energi yang dibutuhkan ketika beraktivitas.

Contoh : Ketika seseorang mengkonsumsi makanan yang bergizi, kandungan gizi tersebut digunakan oleh tubuh untuk menghasilkan energi, menutrisi tubuh, memberikan tenaga, membantu proses pertumbuhan dan membantu mengeluarkan zat-zat yang tidak penting dari tubuh, melalui urine, keringat hingga fesses. 

2. Pengertian dan Contoh Anabolisme

Berbeda dengan metabolisme, proses anabolisme terjadi lebih kompleks, yaitu yang merupakan proses penyusunan senyawa kimia sederhana menjadi molekul kompleks. Pada proses ini tubuh membutuhkan energi dari luar yang akan digunakan untuk mengikat sederhana untuk diubah menjadi senyawa yang kompleks, sehingga energi yang diperlukan akan tetap tersimpan dengan baik dalam ikatan kimia yang lebih kompleks.

Contoh : Dengan bantuan energi dari sinar matahari / cahaya dan karbondioksida tumbuhan dapat melakukan proses fotosintesis untuk menghasilkan oksigen dan zat tepung.

3. Pengertian dan Contoh Katabolisme

Sedangkan pengertian katabolisme secara rinci adalah proses penguiraian senyawa kompleks menjadi bentuk yang lebih sederhana, yaitu dengan cara menghasilkan energi yang biasa digunakan oleh organisme untuk beraktivitas. Kemudian, dengan bantuan enzim, sel dapat memecah molekul yang sederhana dalam bentuk yang lebih kecil.

Contoh : Dalam proses reaksi aerob yang berlangsung dalam sel akan terjadi proses perubahan glukosa menjadi H2O dan CO2, yang memerlukan oksigen serta akan terjadi proses pembebasan sejumlah energi yang dapat digunakan untuk beraktivitas.

Setelah membaca informasi tentang pengertian dan contoh metabolisme, anabolisme dan juga katabolisme ini, pembaca diharapkan bisa lebih mengerti dan dapat menambah wawasan ilmu pengetahuannya. Resefensi yang digunakan untuk menulis informasi ini adalah situs artikel siana. Semoga bermanfaat. Mishba7 blog



Baca juga :

2 Responses to "Pengertian Metabolisme, Anabolisme dan Katabolisme Disertai Contoh"

  1. Istilah yang paling sering didengar cuma metabolisme kalau yang lain masih jarang mendengarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, terima kasih atas kunjungannya :-)

      Delete

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih