Pengertian Magnet dan Sifat Magnet



Keilmuan, Fisika - Hampir semua orang pasti sudah mengerti dan sudah mengenal tentang apa itu magnet, karena magnet merupakan salah satu benda yang sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari, terutama oleh mereka yang bekerja di bidang proyek.

Adapun magnet yang sering dijumpai bahkan digunakan oleh banyak orang seperti  kompas, tempelan kulkas, penutup tas, obeng, mesin pengangkut besi tua dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan demikian, memang tak begitu sulit untuk mengetahui informasi tentang pengertian penjelasan magnet dan sifatnya.

Pengertian Magnet dan Sifat Magnet
Gambar magnet

Berdasarkan informasi yang diperoleh, diketahui bahwa pengertian magnet merupakan benda yang mempunyai kemampuan untuk menarik benda-benda logam yang ada disekitarnya karena sifat kemagnetan yang dimilikinya.

Sifat kemagnetan sendiri mempunyai arti sebagai kemampuannya untuk menarik benda-benda logam yang ada disekitarnya. Setelah mengetahui informasi tentang pengertian magnet, selanjutnya akan diberikan informasi mengenai sifat-sifat yang dimilikinya.

Sifat-Sifat Magnet

Adapun sifat-sifat magnet yang perlu untuk diketahui adalah sebagai berikut :

1. Magnet merupakan benda yang terdiri dari dua kutub, yaitu kutub di bagian selatan dan kutub di bagian utara.

2. Kedua kutub yang dimilikinya mempunyai kemampuan yang unik, karena jika kutub sejenis (kutub utara dengan kutub utara / kutub selatan dengan kutub selatan) didekatkan satu sama lain, maka akan muncul reaksi tolak – menolak. Namun, jika kutub berbeda didekatkan (kutub utara dengan kutub selatan), maka akan muncul reaksi tarik – menarik.

3. Magnet hanya mempunyai kemampuan untuk benda tertentu (logam) ke dalam jangkauannya, karena tidak dapat menarik benda logam dalam jarak yang berjauhan.

4. Magnet mempunyai gaya yang disebut dengan gaya magnet yang mempunyai kemampuan untuk menembus benda, karena semakin kuat gaya magnet yang dimiliki, maka semakin banyak pula benda-benda yang dapat tertarik oleh gaya magnet tersebut.

5. Medan magnet yang terdapat pada magnet juga akan membentuk adanya gaya magnet, karena semakin dekat posisi benda dengan magnet, maka medan magnetnya menjadi semakin rapat, sehingga mampu menghasilkan gaya magnet yang besar dan hal itu juga berlaku untuk sebaliknya.

6. Semua sifat-sifat kemagnetan yang dimiliki oleh magnet akan melemah dan akan hilang jika terus terjatuh, dipukul dan jika terbakar.

Referensi yang digunakan dalam penulisan informasi ini adalah situs softilmu.com. Demikian informasi mengenai pengertian mangnet dan sifat-sifatnya. Semoga bermanfaat. Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Pengertian Magnet dan Sifat Magnet"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih