Pengertian Teks Iklan, Fungsi, Struktur, Kaidah Kebahasaan Beserta Contohnya



Bahasa Indonesia, Teks iklan - Pasti kita semua sudah banyak yang mengetahui tentang iklan, sebab dalam menjalani rutinitas sehari-hari orang yang beraktivitas padat hingga orang yang hanya berdiam diri di rumah sering menemukan iklan, seperti iklan papan reklame yang ada di jalanan, iklan yang ada di dinding-dinding bangunan, iklan yang ada website internet, iklan yang ada di televisi dan lain sebagainya.

Nah, mungkin beberapa orang beranggapan bahwa membuat iklan merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Padahal sebaliknya, sebuah iklan tak hanya harus dibuat dengan desain atau tampilan yang menarik, tetapi juga perlu dilengkapi dengan kata-kata atau kalimat yang bisa menarik perhatian para konsumen untuk mendapatkannya.

Pengertian Teks Iklan, Fungsi, Struktur, Kaidah Kebahasaan Beserta Contohnya
Gambar contoh iklan text

Berikut pengertian teks iklan, fungsi, struktur, dan kaidah kebahasaan beserta contohnya.

Pengertian, Fungsi, Struktur, Kaidah Kebahasaan dan Contoh Teks Iklan

Berikut dibawah ini penjelasan atau penjabaran terkait teks iklan.

1. Pengertian Tentang Teks Iklan

Definisi atau pengertian dari teks iklan, yaitu sebuah kata atau kalimat yang dibuat sebagai suatu media promosi yang bersifat efektif dan spesifik dalam memasarkan sebuah produk ataupun jasa kepada masyarakat yang selaku konsumen atau pengguna. Teks iklan harus mempunyai tujuan memperkenalkan produk kepada masyarakat agar mereka dapat mengerti mengenai apa yang sebenarnya di iklankan kemudian dapat membelinya. Teks iklan harus dibuat dengan bahasa yang menarik, tidak terlalu panjang, padat, jelas dan yang terpenting harus sesuai dengan kenyataan yang ada.

2. Fungsi Sebuah Teks Iklan

Dari informasi tentang pengertian teks iklan sudah dapat diketahui dengan jelas bahwa fungsi teks iklan adalah untuk mengenalkan produk atau jasa yang dimaksud pada iklan tersebut, digunakan untuk menawarkan suatu jasa tau produk dan digunakan juga untuk mengajak masyarakat agar mau untuk membelinya.

Dapat disimpulkan bahwa teks iklan difungsikan sebagai kata atau kalimat rayuan supaya ada banyak orang yang tertarik untuk membelinya. 

3. Tentang Struktur Teks Iklan

Setelah mengetahui definisi atau pengertian dari teks iklan dan setelah mengetahui informasi tentang fungsinya, selanjutnya akan dijelaskan pula tentang struktur teks iklan. Bagi yang ingin membuat iklan atau yang baru ingin belajar membuatnya, inilah beberapa struktur yang harus disesuaikan perletakkannya atau keberadaannya.
  • Judul iklan : Sesuai dengan membuat judul dalam teks apapun, judul harus berada di paling atas. Namun bedanya judul yang ada pada teks iklan ini cenderung diletakkan di bagian kiri atas.
  • Nama produk atau jasa : Ketika membuat teks iklan jangan lupa untuk mencantumkan nama produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Stuktur deskripsi produk atau jasa : Struktur deskripsi produk atau jasa yang ditawarkan juga harus dilengkapi, yaitu kalimat yang berisikan tentang penjelasan produk atau jasa yang dimaksudkan dan jika perlu harus lengkap dengan nomor telepon dan alamat lengkap.

4. Kaidah Kebahasaan Teks Iklan

Saat membuat teks iklan, kata-kata atau kalimat yang digunakan haruslah menarik, agar tidak terjadi kesalahan ketika membuatnya, oleh karena itu ada kaidah kebahasaan teks iklan yang harus dipenuhi ketika membuatnya, yaitu :

a. Memakai Kalimat Slogan

Slogan mempunyai pengertian sebagai kalimat yang menarik dan mudah diingat pada saat menyampaikan sesuatu agar sebuah teks iklan mempunyai pesan dengan daya tarik tersendiri untuk para konsumen atau pengguna. Saat membuat kalimat slogan dalam teks iklan, susunannya harus menjelaskan informasi tentang produk ataupun jasa yang ditawarkan, agar lebih diingat oleh publik. Selain itu, kalimat selogan juga harus dibuat sekreatif mungkin.

b. Memakai Kalimat Persuasif

Kalimat persuasif ialah sebuah kalimat berupa rayuan yang berguna untuk menarik hati masyarakat untuk membelinya. Oleh karena itu, kalimat persuasif harus dibuat secara singkat, padat dan jelas, seperti : “berkualitas, serba guna dan terjangkau”.

c. Memakai Subjek Orang Pertama Tunggal Atau Jamak

Teks iklan yang baik dan benar harus menggunakan subjek dari orang pertama tunggal atau jamak, seperti kami, kita, saya, aku dan lain-lain. Pemakaian subjek orang pertama tersebut diperuntukkan sebagai penganti orang, pihak ataupun perusahaan yang memasang iklan.

5. Contoh Teks Iklan

Sebagai pelengkap informasi sekaligus inti dari pembahasan, dibawah ini akan diberikan beberapa contoh teks iklan yang dapat dijadikan sebagai paduan membuat teks iklan. Beberapa contoh text iklan tersebut adalah :

Contoh text iklan 1
Contoh text iklan 1

Contoh text iklan 2
Contoh text iklan 2 - Sumber : ameliapurnamasari24. wordpress.com

Contoh text iklan 3
Contoh text iklan 3 - Sumber : pinterest. com

Contoh text iklan 4
Contoh text iklan 4


Contoh text iklan 5
Contoh text iklan 5 - Sumber : infomieinstan. blogspot.com

Semoga dengan adanya informasi terkait pengertian teks iklan, fungsi, struktur, kaidah kebahasaan beserta contohnya ini dapat membantu, memudahkan dan bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Mishba7 blog

(Sumber referensi : materikelas. com)



Baca juga :

0 Response to "Pengertian Teks Iklan, Fungsi, Struktur, Kaidah Kebahasaan Beserta Contohnya"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih