Pengertian Sekaligus Penjelasan dan Struktur Teks Ulasan



Bahasa Indonesia, Teks Ulasan - Sebagai masyarakat di negara Indonesia, tentunya dalam menggunakan bahasa asli akan mendapatkan banyak sekali keuntungan. Pasalnya, Bahasa Indonesia tak hanya dapat digunakan untuk berkomunikasi secara formal saja, tetapi juga dapat digunakan untuk menunjang kegiatan sehari-hari, bahkan dapat pula digunakan untuk menunjang pekerjaan.

Salah satunya adalah dengan mempelajari tentang teks ulasan. Secara umum, teks ulasan digunakan untuk meresensi atau meriview suatu karya atau suatu hal yang ada disekitar.

Hal ini berguna untuk memberikan umpan balik mengenai rasa kritis hingga pendapat mengenai suatu karya atau objek yang sedang diulas.

Sebuah teks ulasan mempunyai tujuan tertentu, salah satunya yaitu sebagai media yang digunakan untuk menyampaikan kritikan ataupun pendapat dari suatu bahan yang sedang dibahas atau yang sedang dikaji.

Ada banyak hal yang bisa dikaji dalam pembahasan teks ulasan, mulai dari hasil karya, tempat pariwisata dan objek lainnya. Namun, ketika membuat sebuah ulasan atau resensi harus tetap dibuat dengan kata-kata atau kalimat yang sopan, agar tidak menyinggung pihak tertentu.

Bagi yang ingin belajar membuat teks ulasan, terlebih dahulu penting mengetahui tentang pengertian dan sekaligus penjelasan struktur teks ulasan berikut ini.

Gambar Ilustrasi Teks Ulasan
Teks Ulasan/ review text

Pengertian dan Struktur Teks Ulasan

Sesuai dengan namanya, teks ulasan berarti teks yang berisi tentang ulasan suatu karya atau suatu objek untuk mengetahui kualitas, kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Hasil teks ulasan tersebut bertujuan sebagai media penyaluran penyampaian kepada orang lain.

Sebelum membuat teks ulasan sangat penting untuk mengetahui struktur-struktur yang digunakan untuk membuat teks ulasan. Adapun struktur dari teks ulasan tersebut adalah sebagai berikut :

1. Struktur Berupa Orientasi

Struktur utama yang harus dilengkapi adalah orientasi. Orientasi biasanya terdapat pada bagian paragraf utama yang berisi tentang paparan umum, seperti nama hasil karya, objek atau benda yang akan di ulas. Kemudian, juga berisi tenang kegunaan dan berisi tentang hal lainnya yang menggambarkan ulasan secara umum.

2. Struktur Berupa Tafsiran Isi

Struktur berikutnya adalah tafsiran isi, yang berupa pembandingan hal yang dikaji atau yang sedang diulas dengan objek atau karya lainnya yang dianggap mempunyai kemiripan. Pada bagian ini, juga harus terdapat kekurangan dan kelebihan tentang hal yang sedang diulas.

3. Struktur Berupa Evaluasi

Saat membuat teks ulasan harus dilengkapi dengan evaluasi yang berisi tentang penilaian yang akan diulas, mulai dari penampilan, keunikan, ciri, kualitas dan penilaian tentang hal lainnya yang dirasa penting untuk disampaikan.

4. Struktur Berupa Rangkuman

Sama seperti karya ilmiah, saat membuat teks ulasan juga perlu untuk menuliskan rangkuman. Rangkuman tersebut berisi tentang penjelasan akhir berupa hasil simpulan atau kesimpulan.

Sumber referensi yang digunakan dalam penulisan informasi mengenai teks ulasan ini adalah situs smansax1-edu .com.

Bila berminat, Anda juga bisa mempelajari contoh text ulasan tentang candi borobudur di Contoh Teks Ulasan Mengenai Candi Borobudur

Sekian informasi yang dapat disampaikan pada kesempatan ini tentang pengertian penjelasan struktur teks ulasan. Semoga bermanfaat dan mudah untuk dimengerti. Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Pengertian Sekaligus Penjelasan dan Struktur Teks Ulasan"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih