Pengertian Computer Based Test dan Paper Based Test SBMPTN



Pengertian CBT dan PBT - Sebelum tahun 2016 yang lalu ujian SBMPTN dilakukan dengan satu sistem yaitu hanya menggunakan sistem jawaban + soal dengan menggunakan media lembar kertas tanpa komputer. Sekarang mulai tahun ini (2016) sistem ujian seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) dilakukan dengan dua sistem yaitu Computer based test (CBT) dan Paper Based Test (PBT).

Dengan adanya perubahan ini tentu SBMPTN tahun ini akan lebih berbeda dengan tahun sebelumnya. Mungkin masih banyak diantara kita yang akan melaksanakan SBMPTN namun masih belum tahu atau belum paham secara jelas mengenai perbedaan dan pengertian sistem baru tersebut.

Memang besar kemungkinan untuk sekolah yang sistem UN (Ujian Nasional) pada tahun sebelumnya sudah menggunakan sistem CBT akan lebih paham dan tidak kebingungan, tetapi bagi sekolah yang belum ikut berpartisipasi ujian nasional dengan sistem baru ini mungkin banyak dari siswanya akan mengalami kebingungan terkait apa itu sistem ujian komputer, bagaimana sistem computer ini dan lain sebagainya.

Computer Based Test dan Paper Based Test SBMPTN
Ilustrasi Gambar Bingung Memilih Sistem SBMPTN CBT dan PBT - Sumber Pixabay.com

Menyikapi hal yang tidak diinginkan seperti kurangnya pemahaman atau ketidaktahuan mengenai sistem CBT itu kami ikut serta berpartisipasi dan berusaha menyumbangkan informasi pengertian CBT dan PBT supaya para siswa menjadi lebih paham dan mengerti bagaimana sistem tersebut. Berikut ulasan selengkapnya dibawah ini.

Sistem Ujian Seleksi Bersama Masuk PTN

Pengertian Computer Based Test atau CBT adalah ujian masuk perguruan tinggi negeri yang mana dilakukan dan dikerjakan dengan menggunakan media komputer sebagai pengganti media kertas. Prosedur ujian SBMPTN dengan sistem ini cenderung sama saja dengan ujian menggunakan media kertas.

Bedanya kita harus mengerjakan dan menjawab secara langsung soal yang tersedia di komputer yang sudah disediakan dengan software tertentu dan lebih baiknya akan membuat hasil jawaban bisa secara maksimal diterima dengan baik oleh komputer karena secara langsung dikerjakan dan dikoreksi menggunakan komputer.

Kekurangan sistem ini bisa dikatakan lebih minim bila dibandingkan dengan pengerjaan menggunakan sistem paper based test. Kelebihan sistem cbt adalah lebih minim waktu, mudah pengisian jawaban, dan lebih aman karena tidak mudah sobek dan terkena kotoran seperti menggunakan sistem paper based test.

Kekurangan penggunaan sistem ini salah satunya adalah bila listrik padam hal ini bisa sangat mengecewakan seorang siswa yang sedang mengerjakan ujian sebab pengerjaan akan terganggu, bila tidak terbiasa memakai komputer secara lama mungkin mata akan mudah panas atau perih dan tidak bisa coret-coret soal secara langsung.

Pengertian Paper Based Test atau PBT adalah ujian masuk ke perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan atau diselenggarakan dengan menggunakan sistem kertas sebagai media penyaji soal dan tempat jawaban.

Salah satu kelebihan memilih ujian dengan menggunakan sistem ini tak lain adalah mudahnya mencoret-coret lembar soal, mata lebih nyaman, bisa menyimpan jawaban sementara dengan cara menandai soal atau jawaban terlebih dahulu sebelum meyakini jawaban yang pasti.

Kekurangan menggunakan sistem paper based test ini salah satunya adalah jawaban rawan sobek, memakan waktu lebih lama karena waktu akan banyak habis digunakan untuk mencoret atau menghitamkan jawaban dan cenderung lebih merepotkan bila hendak mengganti jawaban.


Demikian sedikit yang dapat kami paparkan mengenai pengertian computer based test dan paper based test SBMPTN. Semoga bermanfaat dan kita yang akan melaksanakan SBMPTN diberi kemudahan dalam menjawab soal dan LULUS SBMPTN. Amin. Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Pengertian Computer Based Test dan Paper Based Test SBMPTN"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih