Pengertian dan Perbedaan Eksploitasi dengan Eksplorasi



Pengertian eksploitasi adalah pemungutan atau pengambilan suatu sumber daya alam yang ada untuk digunakan atau dimanfaatkan oleh sekelompok orang atau bahkan oleh banyak orang yang mana terutama dengan maksud tujuan untuk memenuhi kebutuhan tetapi kadang dalam jumlah yang berlebihan sehingga cenderung merugikan.

Biasanya kegiatan eksploitasi ini dilakukan dengan tanpa didasari rasa kepedulian terhadap adanya sumber daya alam yang harus dijaga. Sehingga banyak dari kelompok tertentu melakukan eksploitasi dengan berlebihan dan tidak secara wajar. Padahal sebenarnya hal ini tidak dibolehkan karena ketika sumber daya alam yang ada digunakan secara seenaknya maka besar kemungkinan sumber daya alam yang di eksploitasi tersebut akan habis dan punah. Bila disikapi secara serius mengenai pengertian diatas, kebanyakan efek yang ditimbulkan oleh adanya kegiatan eksploitasi lebih mengarah pada sisi negatif. 

Contoh kegiatan eksploitasi yang banyak dilakukan meliputi eksploitasi hutan, eksploitasi anak, eksploitasi minyak bumi, eksploitasi perempuan, eksploitasi batu bara, eksploitasi ekosistem dan lain sebagainya.

Pengertian dan Perbedaan Eksploitasi dengan Eksplorasi
Pengertian eksplorasi adalah sebuah penyelidikan atau pencarian terhadap sesuatu yang cenderung mengenai keadaan sumber daya alam untuk dijadikan sebagai media penelitian dengan tujuan memperkaya ilmu pengetahuan dan menambah informasi yang diperlukan oleh oknum-oknum yang membutuhkan informasi terkait hal yang akan di eksplorasi.

Kegiatan eksplorasi ini cenderung lebih banyak dilakukan oleh sekelompok orang yang berkepentingan untuk memajukan sesuatu hal yang belum pernah ada sebelumnya dan hal ini tentunya juga sering dilakukan oleh perusahaan atau instansi tertentu.

Contoh aktivitas atau kegiatan yang sering dilakukan dengan eksplorasi terlebih dahulu adalah dalam bidang pertambangan seperti eksplorasi minyak bumi, eksplorasi batu bara, eksplorasi emas dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Dapat kita simpulkan bersama bahwa perbedaan antara eksploitasi dan eksplorasi secara umum bila melihat pengertian diatas adalah :

Eksploitasi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dengan cara mengambil atau mempergunakan sumber daya alam yang ada dan kemungkinan besar lebih cenderung merugikan. Sedangkan Eksplorasi adalah penyelidikan atau penelitian untuk menemukan suatu hal yang besar kemungkinan belum pernah ada dengan sasaran objek sumber daya alam sehingga pengetahuan menjadi bertambah dan bisa memenuhi informasi yang dibutuhkan.


Demikian yang dapat kami sampaikan pada kesempatan ini mengenai pengertian dan perbedaan eksploitasi dengan eksplorasi. Semoga bermanfaat. Mishba7 blog



Baca juga :

1 Response to "Pengertian dan Perbedaan Eksploitasi dengan Eksplorasi"

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih