Pengertian Simbiosis | Mutualisme, Parasitisme, dan Komensalisme



Biologi, Simbiosis - Berasal dari kata "sym" dan "biosis" yang diambil dari bahasa Yunani yang memiliki arti "dengan" dan "kehidupan". Bila secara detail maka pengertian simbiosis adalah suatu interaksi antara dua belah pihak (organisme) yang hidup berdampingan dan terjadi secara erat tetapi berlainan jenis. Pihak-pihak terkait yang melakukan peristiwa simbiosis disebut dengan sebutan "simbion".

Bentuk atau macam dari simbiosis yang sering dipelajari secara umum dibagi menjadi 3 yaitu simbiosis (hubungan) mutualisme, hubungan parasitisme dan hubungan komensalisme. Pengertian mengenai bentuk-bentuk simbiosis ini akan dijelaskan dibawah ini, tetapi sebelum itu akan disajikan beberapa poin mengenai bagaimana dan kapan materi ini disampaikan di sekolah.

Pengertian Simbiosis | Mutualisme, Parasitisme, dan Komensalisme
Gambar Ilustrasi pengertian simbiosis

Simbiosis pada pelajaran biologi biasanya dibahas ketika sudah sampai pada bab makhluk hidup dengan atau dan lingkungannya, lebih tepat pada materi tentang bagaimana hubungan antar makhluk hidup dan atau dengan ekosistem. Tujuan pembelajaran materi ini tak lain adalah untuk memberikan informasi kepada siswa mengenai bagaimana contoh hubungan erat yang terjadi antar makhluk hidup dalam suatu ekosistem.

Pengertian Bentuk-Bentuk Simbiosis

Sudah dijelaskan diatas bahwa pembagian materi ini terdapat tiga bentuk, yaitu mutualisme, parasitisme, komensalisme. Berikut pengertian masing-masing simbiosis tersebut.

1. Simbiosis Mutualisme

Pengertian simbiosis mutualisme adalah suatu hubungan atau interaksi yang terjadi antar makhluk hidup yang berbeda jenis namun saling menguntungkan. Contoh perilaku ini sering dilakukan oleh kerbau dan burung jalak.

2. Simbiosis Parasitisme

Pengertian simbiosis parasitisme adalah suatu hubungan ataupun interaksi yang terjadi antar makhluk hidup atau organisme yang berbeda jenis, yang satu mendapatkan keuntungan sedangkan yang satu mendapat kerugian. Contoh perilaku ini bisa kita lihat antara benalu dan tumbuhan yang ditumpangi.

3. Simbiosis Komensalisme

Pengertian simbiosis komensalisme adalah suatu hubungan atau interaksi yang terjadi antar organisme atau makhluk hidup berbeda jenis, yang satu mendapatkan keuntungan dan pihak satunya lagi tidak mendapatkan keuntungan ataupun kerugian. Contoh perilaku ini biasanya dilakukan oleh ikan remora dengan ikan hiu.
Demikian sedikit yang bisa disampaikan mengenai informasi keilmuan terkait materi biologi bab hubungan makhluk hidup dengan ekosistemnya. Sumber referensi yang digunakan dalam informasi ini adalah situs wikipedia serta ilmupengetahuanalam. Semoga bermanfaat. Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Pengertian Simbiosis | Mutualisme, Parasitisme, dan Komensalisme"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih