Manfaat Buah Naga Warna Merah dan Putih



Buah naga - Buah naga merah dan putih adalah buah yang sekarang mulai digemari oleh banyak orang. Buah ini memiliki banyak sekali manfaat dan rasanya cukup segar dan nikmat bila dikonsumsi pada saat suasana sedang panas.

Dalam buah naga merah dan putih terdapat banyak kandungan yang cukup baik bila dikosumsi secara rutin. Buah ini berperan baik khususnya dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Selain itu buah ini juga aman bila dikonsumsi sebagai obat herbal dan tidak memiliki efek negatif seperti bila mengkonsumsi obat kimia.

Pada umumnya banyak kita jumpai bahwa buah ini sering dijadikan sebagai campuran dalam banyak minuman seperti es buah, es campur dan es lainnya.

Sejarah Buah Naga

Buah naga memiliki nama latin Hylocereus polyrhizus. Tanaman buah naga merupakan tanaman yang tergolong dalam kategori kaktusBerasal dari Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Meksiko. Sekarang buah ini dapat dengan mudah kita jumpai dan banyak dibudayakan di Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Filipina serta di negara-negara lainnya.

Buah ini juga sering disebut dengan pitaya. Awalnya buah naga ini pada sekitar tahun 1870 an dibawa oleh seseorang dari Perancis tepatnya Guyana ke Vietnam dengan dijadikan tak lebih sebagai tanaman hias.

Karena orang Vietnam dan orang Cina menganggap tanaman buah naga ini buahnya membawa berkah, buah naga selalu ditaruh diantara dua ekor patung naga yang mana memiliki warna hijau tepatnya diatas meja altar.

Saat dilihat-lihat warna merah pada buah naga terlihat mencolok diantara dua patung naga yang memiliki warna hijau, kemudian karena kebiasaan inilah buah ini dikenal dengan thang loy atau buah naga. Dalam negara lain yang menggunakan bahasa inggris buah ini disebut dengan dragon of fruit dan dalam bahasa indonesia disebut buah naga.

Manfaat Buah Naga Warna Merah dan Putih
Gambar buah naga sumber dari pixabay.com

Manfaat Buah Naga Isi Warna Merah dan Putih

Buah naga memiliki beberapa kandungan yang baik bila dikonsumsi seperti lemak yang sehat, antioksidan, kalsium, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, karbohidrat, vitamin c, protein, beta karoten, air, fosfor, serat alami menyehatkan dan kandungan lainnya. Sehingga bila buah ini dikonsumsi secara rutin maka banyak sekali khasiat dan manfaat yang bisa diperoleh yang antara lain adalah sebagai berikut :

1. Menjaga kesehatan mata

Pada buah naga terdapat kandungan vitamin B2 dan karoten yang salah satu manfaatnya cukup baik untuk mengatasi masalah pada mata. Sehingga dengan mengkonsumsi buah naga secara rutin maka besar kemungkinan kesehatan mata akan selalu terjaga.

2. Membantu dalam mengatasi obesitas

Buah naga mengandung air yang cukup tinggi dan serat alami yang rendah kalori serta menyehatkan. Sehingga bila buah ini dikonsumsi secara rutin maka dapat membuat sistem pencernaan menjadi semakin baik dan dampaknya bisa mengatasi masalah obesitas atau masalah ingin menurunkan berat badan.

3. Membantu menjaga stamina dan kesehatan tubuh

Buah naga memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi radikal secara bebas didalam tubuh dan juga membantu dalam proses detoksifikasi (penghancuran zat-zat jahat atau racun yang ada didalam tubuh melalui hati). Sehingga bila mengkonsumsi buah naga secara rutin maka besar kemungkinan kesehatan dan stamina dalam tubuh dapat selalu terjaga.

4. Membantu mencegah osteoporosis

Pada buah naga terdapat kandungan kalsium yang alami sehingga besar kemungkinan bila buah ini dikonsumsi secara rutin akan berdampak baik untuk masa depan pengkonsumsinya dalam hal menjaga tulang agar terhindar dari pengapuran tulang.

5. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan dalam buah naga selain berperan untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh juga berperan penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga mengkonsumsi buah naga secara rutin cukup baik untuk dilakukan.

6. Mencegah dan membantu menyembuhkan penyakit kanker

Buah naga memiliki kandungan antioksidan, vitamin dan banyak kandungan lain yang mana cukup berperan penuh dalam membantu menyehatkan tubuh. Ditemui juga bahwa buah naga dapat menjadi buah untuk terapi dalam menyembuhkan dan mencegah penyakit kanker karena kandungan yang ada didalam buah naga cukup banyak dan ampuh dalam melawan berbagai jenis racun termasuk racun logam yang bisa menjadikan penyakit kanker.

7. Membantu dalam hal mempertahankan kecantikan

Pada buah naga khususnya buah naga merah terdapat kandungan vitamin c yang cukup tinggi, sehingga bila buah naga merah kita konsumsi secara rutin maka manfaat dalam hal kesehatan kulit akan bisa kita dapatkan. Selain dikonsumsi dalam bentuk makanan atau minuman, buah naga ini juga dapat dikonsumsi dengan dijadikan sebagai lulur.

8. Membantu mengatasi penyakit gula (Diabetes)

Pada buah naga terdapat sedikit kandungan gula yang berasal dari buah naga secara alami. Karena banyak kandungan yang terdapat pada buah naga bermanfaat bagi kesehatan, kini banyak orang mempercayai juga bahwa buah naga bisa membantu mengatasi penyakit diabetes.

9. Membantu meningkatkan nafsu makan

Kandungan vitamin b2 dan vitamin b1 yang ada pada buah naga dipercaya bisa membantu memulihkan seseorang yang kehilangan kebiasaan nafsu makan. Sehingga bila buah naga dikonsumsi terutama oleh anak-anak maka hal ini cukup baik karena bisa membuat gairah makan seorang anak meningkat.

10. Membantu mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan dan vitamin c pada buah naga juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Sehingga sangat disarankan bila tidak ingin mengalami penuaan dini dengan mengkonsumsi buah ini secara rutin adalah solusinya.

11. Membantu memperbaiki kualitas ibu hamil dan ibu yang menyusui bayi

Ibu hamil yang sedang mengandung akan memperoleh manfaat luar biasa bila mengkonsumsi buah naga. Hal ini disebabkan buah naga mengandung banyak kandungan zat yang berperan baik dalam menjaga kesehatan.

Pada situs mimunmedia dilansir bahwa buah naga cukup baik bila dikonsumsi untuk ibu yang menyusui karena ada beberapa senyawa pada buah naga mampu menjadikan kualitas air asi lebih baik dan dapat melancarkan proses penglihatan seorang bayi, reproduksi asi dan membantu dalam proses metabolisme lainnya.

Sebenarnya masih banyak manfaat yang bisa diperoleh bila mengkonsumsi buah naga secara rutin seperti bisa menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh, membantu mengatasi batuk, membantu dalam mengatasi asma, membantu mengatasi tekanan darah tinggi, menjaga agar sistem peredaran darah tetap lancar, menjaga kesehatan pencernaan dan lain sebagainya.

Efek Samping Buah Naga

Sejauh ini belum diketahui akan efek samping berdampak negatif bila mengkonsumsi buah naga ini.

Namun tidak disarankan mengkonsumsi berlebihan. Kita tetap disarankan agar mengkonsumsi buah naga secara rutin setiap hari dengan porsi cukup, juga ditambah buah lainnya agar kesehatan tubuh bisa selalu terjaga dan kebutuhan gizi dalam tubuh bisa terpenuhi.


Demikian yang bisa disampaikan pada kesempatan ini mengenai manfaat buah naga warna merah dan putih. Semoga bermanfaat. Mishba7 blog

(Sumber referensi : situs id.wikipedia.org, carasehat.net, manfaat.co.id, mimunmedia.com)



Baca juga :

0 Response to "Manfaat Buah Naga Warna Merah dan Putih"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih