Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh



Buah alpukat - Buah alpukat adalah salah satu dari banyak jenis buah yang disukai oleh banyak orang karena rasanya yang cukup khas. Tak jarang banyak orang yang lebih suka menikmati buah ini dalam bentuk jus. Buah alpukat juga banyak dijadikan sebagai campuran dalam es seperti es campur, es buah dan lain sebagainya.

Dengan mengkonsumsi buah alpukat kita bisa menjadi lebih sehat. Lebih-lebih bila secara rutin dikonsumsi maka besar kemungkinan manfaat dan dampak baik dari buah ini bisa kita rasakan seperti yang awalnya gemuk (obesitas) bisa menjadi kurus, kulit wajah dan tubuh bisa menjadi lebih segar dan cerah sehingga penuaan dini menjadi lambat, membantu menjaga kesehatan mata dan lain sebagainya.

Berikut mari kita simak ulasan mengenai manfaat buah alpukat bagi kesehatan tubuh, tetapi sebelum itu terlebih dahulu mari kita simak ulasan mengenai sejarah dari buah ini supaya kita juga mengetahui secara jelas bagaimana asal usul dari buah alpukat.

Sejarah Buah Alpukat

Buah alpukat (Avocado/Avocad) atau lebih sering disebut apokat merupakan buah yang memiliki nama latin Persea americana. Buah alpukat pertama dikenalkan kepada penduduk di Eropa oleh pemimpin pasukan Spanyol tahun 1519 (bernama Martín Fernández de Enciso).

Asal mula nama ini berasal dari bahasa Aztek, suku Aztek terletak di daerah Amerika Tengah dan Meksiko sehingga sebab itulah buah ini pertama dikenal dan berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko. 

Buah alpukat pertama kali dikenalkan oleh orang Belanda di Indonesia pada abad ke- 19. Kini buah alpukat mulai dibudayakan secara banyak di Amerika Selatan dan Amerika Tengah yang dijadikan sebagai tanaman yang ditanam di perkebunan monokultur.

Selain itu kini di Indonesia dan seluruh dunia yang beriklim tropika juga mulai banyak yang menanam buah alpukat sebagai tanaman pekarangan.

Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh

Buah Alpukat (Avocado) sumber pixabay.com

Pohon atau batang dari tanaman buah ini tingginya bisa mencapai 20 m dan bahkan lebih. Sedangkan daunnya tumbuh pada batang sepanjang 12 sampai dengan 25 cm. Buah ini termasuk dalam tipe buah buni (memiliki dinding buah terdiri dari dua lapis yaitu lapisan luar tipis dan lapisan dalam yang tebal serta berair dan lunak).

Warna kulit buah alpukat ada beragam tetapi yang sering kita jumpai dipasaran adalah alpukat berwarna hijau dan ungu kecoklatan. Daging buah alpukat teksturnya cukup lembut dan enak untuk dikonsumsi. Warna daging buah alpukat yang berdekatan dengan kulitnya berwarna hijau muda, sedangkan yang ada didekat bijinya berwarna kuning muda.

Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh

Pada buah alpukat terdapat banyak kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti protein, gula, lemak sehat, vitamin, mineral, serat, dan kandungan gizi lainnya. Sehingga bila buah ini dikonsumsi secara rutin maka besar kemungkinan pengkonsumsinya akan mendapatkan banyak manfaat dan khasiat dari buah ini yang antara lain adalah :

1. Membantu menurunkan berat badan

Jangan menganggap bahwa hal ini tidak mungkin, sebab sudah ada sebuah penelitian yang telah membuktikan bahwa adanya kandungan lemak sehat pada buah ini bisa membuat pembakaran energi semakin baik karena lemak ini tidak disimpan menumpuk didalam tubuh.

Selain itu perut tentunya akan menjadi mudah kenyang setelah mengkonsumsi buah alpukat karena cenderung pembakaran lemak berlangsung sedikit lama dan sebagai akibatnya rasa lapar dan keinginan untuk menyantap makanan akan menjadi sedikit berkurang sehingga buah ini bisa dikatakan sebagai buah yang cukup baik untuk membantu proses diet (menurunkan berat badan dan membentuk tubuh).

2. Mencegah penyakit berbahaya khususnya kanker

Pada sebuah pengujian yang sudah pernah dilakukan dapat diketahui bahwa pada buah alpukat terdapat fitokimia (zat kimia atau nutrisi yang berasal dari tumbuhan atau bahan alami) yang cukup banyak dan bermanfaat salah satunya adalah mencegah perkembangan penyakit kanker tertentu.

Phytochemicals pada buah alpukat juga pernah didapati oleh ilmuan dan disimpulkan bahwa bisa digunakan dalam membantu strategi menurunkan berat badan yang baik dalam mencegah penyakit kanker.

3. Bermanfaat baik untuk ibu dan bayi (kehamilan)

Pada buah alpukat terdapat kandungan asam folat atau sering disebut folate/folid acid (sejenis vitamin b yang larut dalam air) yang sangat baik untuk kesehatan. Khususnya kandungan ini juga sangat dibutuhkan untuk perkembangan dan kesehatan janin agar tetap sehat.

Pada saat sedang hamil, makan buah alpukat sangat direkomendasikan agar kesehatan ibu hamil bersama bayi dalam kandungan selalu terjaga. Selain enak bila dikonsumsi buah ini juga akan memberi manfaat baik bagi pengkonsumsinya.

4. Menurunkan kadar kolesterol tinggi

Salah satu kandungan pada buah alpukat dapat digunakan sebagai bahan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Hal ini telah diteliti salah satunya kepada pasien penderita hiperkolesterolemia ringan dan dengan buah alpukat salah satu bahan yang digunakan untuk percobaan.

Hasilnya selama kurang lebih dari tujuh hari mereka mengalami penurunkan kolesterol darah total 17%, pada hari kedua kolesterol jahat atau LDL (Low-Density Lipoprotein) bersama trigliserida mengalami penurunan sekitar 22% dan HDL (High Density Lipoprotein) atau kolesterol baik mengalami peningkatan 11 %.

Sehingga dengan adanya penelitian dan keterangan tersebut kurang lebih bila mengkonsumsi buah alpukat para peneliti mempercayai bahwa beta-sitosterol yang berada pada buah alpukat dapat membantu menurunkan kolesterol seseorang.

5. Membantu menjaga kesehatan mata

Buah alpukat diketahui pada umumnya memiliki kandungan yang baik dan berkhasiat terutama untuk menjaga kesehatan tubuh. Seperti salah satu lainnya bila buah alpukat dikonsumsi secara sering mata akan menjadi sehat.

Penyebabnya tak lain adalah karena alpukat merupakan salah satu sumber lutein karotenoid yang diketahui merupakan suatu zat yang dapat membantu menjaga kesehatan mata dari bertambahnya usia, degenerasi makula (kerusakan sel khusus pada makula retina), dan katarak.

6. Membantu mengatur tekanan darah

Kalium pada buah alpukat merupakan salah satu zat yang berguna untuk mengatur kadar tekanan darah dalam tubuh seseorang. Sehingga bila mengkonsumsi buah alpukat tak lain salah satu resiko yang akan kita dapatkan adalah sehat dan tekanan darah menjadi baik.

7. Mengatur kadar gula darah agar stabil

Kandungan lemak baik yang bersifat tak jenuh pada buah alpukat bermanfaat baik bagi penderita diabetes. Diabetes merupakan salah satu dari banyak jenis penyakit yang cukup berbahaya karena bisa mematikan seseorang dengan pelan-pelan. Penyakit ini disebabkan oleh kekurangan dan resistensi insulin yang kurang baik.

Karena buah alpukat bisa membuat kolesterol jahat seseorang mengalami penurunan maka dengan kolesterol tubuh yang baik kedepannya resiko terserang penyakit diabetes akan berkurang.

8. Membantu mempertahankan agar tidak cepat mengalami penuaan

Pada buah alpukat terdapat kandungan glutathione yang mana kemungkinan besar bisa bermanfaat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperlambat agar tidak cepat mengalami penuaan dan membantu agar system saraf menjadi lebih sehat.

Selain kandungan glutathione, kandungan antioksidan pada buah alpukat juga terpercaya untuk membuat kulit wajah dan tubuh menjadi lebih segar dan cerah sehingg penuaan diri semakin berjalan dengan lambat.

Sebenarnya manfaat dari buah alpukat bila dikonsumsi masih ada cukup banyak, namun cukup beberapa dari keseluruhan yang dipaparkan diatas sebab itu sudah mewakili dari kesemua yang terpenting menurut saya.

Intinya hal ini diulas agar kita semua mengetahui dampak baik dan buruk bila mengkonsumsi buah alpukat sehingga selain memakan buah alpukat setiap hari tentunya kita juga mengetahui manfaat dan khasiatnya.

Efek Samping Buah Alpukat

Buah alpukat memiliki manfaat yang cukup baik bagi kesehatan bila dikonsumsi secara cukup, namun bila buah alpukat dikonsumsi secara berlebihan maka besar kemungkinan juga akan menimbulkan dampak negatif seperti sakit perut, mual dan lain sebagainya.

Untuk itu disarankan konsumsi buah alpukat secara wajar dan tidak berlebihan agar dampak baik dari buah alpukat bisa kita dapatkan dengan tanpa mendapat dampak negatifnya.

Baca Juga : Manfaat Buah Naga Warna Merah dan Putih

Demikian sedikit mengenai manfaat buah alpukat bagi kesehatan tubuh yang bisa disampaikan pada kesempatan ini. Semoga bermanfaat. Mishba7 blog

(Sumber referensi : id.wikipedia.org, carakhasiatmanfaat.com, manfaat.co.id, www.aura-ilmu.com )



Baca juga :

0 Response to "Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih