Contoh Teks Ulasan Mengenai Candi Borobudur



Bahasa Indonesia, Contoh Teks Ulasan - Sebelumnya telah dijelaskan tentang teks ulasan beserta penjelasan sekaligus struktur-strukturnya. Namun, bagi yang belum mengerti tentang pengertian teks ulasan akan diberikan sedikit informasi tentang itu dibawah ini.

Teks ulasan bisa dianggap sebagai hasil karya berupa review yang membahas tentang suatu objek atau hasil karya orang lain.

Tujuan dibuatnya teks ulasan tersebut adalah digunakan untuk memberikan penilaian tentang hal yang sedang dikaji guna untuk memberikan informasi mengenai kualitas, kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh objek atau suatu karya yang sedang diulas.

Sebuah hasil karya tulis dikatakan sebagai teks ulasan jika di dalamnya terdapat struktur-struktur yang lengkap, seperti orientasi, tafsiran isi, evaluasi dan rangkuman. Agar menjadi lebih mudah dipahami, berikut akan diberikan contoh teks ulasan mengenai candi Borobudur beserta struktur kalimatnya.

Gambar Ilustrasi Candi Borobudur Contoh Teks Ulasan
Contoh Teks Ulasan Candi Borobudur

Contoh Teks Ulasan Candi Borobudur

Berikut ini contoh teks ulasan mengenai candi borobudur langsung disertai struktur-strukturnya.

Bagian Orientasi

Borobudur merupakan candi Budha dan dikenal sebagai candi terbesar di Indonesia, bahkan seluruh dunia. Candi Budha terbesar ini berada di kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia yang tepatnya berada sekitar 100 km sebelah barat laut dari kota Jogja. Walaupun candi ini berada di Magelang namun keberadaannya sering dijadikan sebagai salah satu tujuan destinasi wisata di Jogja. Kabarnya, candi yang mempunyai bentuk stupa ini sudah didirikan pada tahun 800. Hingga sekarang, Candi Brobudur ini masih digunakan juga sebagai tempat beribadah.

Bagian Tafsiran Isi

Walaupun sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, hingga sekarang keindahan dan keagungan Candi Borobudur dapat dinikmati. Setiap harinya ada banyak wisatawan yang berdatangan untuk berwisata dengan datang ke Borobudur. Orang-orang yang datang ke candi Borobudur tak hanya ingin menikmati dan menyaksikan salah satu bangunan megah ini, melainkan mereka juga ingin mengetahui kisah-kisah sejarah hingga mitos yang menyelimuti candi Budha terbesar di dunia ini. Sebagai salah satu tempat wisata yang terkenal di dunia, Candi Borobudur termasuk dalam kategori tujuh keajaiban dunia yang masih dapat dinikmati hingga saat ini.

Bagian Evaluasi

Bukan hal yang menjadi rahasia lagi untuk masyarakat dunia, bahwa Borobudur merupakan salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Memang di candi ini terdapat peninggalan-peninggalan sejarah yang bisa ditemukan untuk dipelajari. Namun, sayangnya struktur bangunan di Borobudur tak lagi utuh akibat adanya gempa yang terjadi beberapa waktu yang lalu. Itulah alasan mengapa pihak pengelola dan pengurus candi melakukan renovasi bangunan, sehingga keaslian bangunannya tidak seperti dulu.

Bagian Rangkuman

Candi Borobudur itu adalah candi budha yang juga menjadi salah satu candi terbesar sekaligus keajaiban dunia yang sudah diketahui oleh banyak orang. Candi ini mengandung sejarah yang luar biasa dan memiliki keindahan yang cukup memikat hati. Sehingga tidak heran disana banyak sekali wisatawan dari berbagai wilayah penjuru dunia. Bagi yang merasa kebingungan untuk menghabiskan waktu liburan, sebaiknya datanglah ke Candi Borobudur untuk mendapatkan sensasi wisata yang berbeda sekaligus berjalan-jalan sembari mengetahui sejarah peradaban agama Budha di Indonesia.

Demikian sekilas mengenai contoh teks ulasan tentang Candi Borobudur. Semoga dengan adanya contoh teks ulasan mengenai Candi Borobudur ini pembaca menjadi lebih paham dan mengerti tentang bagaimana cara membuat teks ulasan yang baik dan benar. Semoga bermanfaat. Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Contoh Teks Ulasan Mengenai Candi Borobudur"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih