Contoh Simbiosis | Mutualisme, Parasitisme, Komensalisme



Biologi, Simbiosis - Sebelumnya telah dibahas mengenai pengertian bentuk-bentuk atau macam dari simbiosis secara mendetail. Namun untuk memperjelas lagi akan disajikan sedikit rangkuman mengenai apa yang disebut simbiosis dan macam-macamnya sebelum masuk pada inti pembahasan mengenai contoh simbiosis.

Simbiosis adalah interaksi atau hubungan dari antar makhluk hidup atau organisme yang memiliki jenis berbeda namun terjadi sangat erat. Simbiosis yang sering dipelajari dalam materi biologi secara umum dibagi menjadi 3 bentuk yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis parasitisme, dan simbiosis komensalisme.

Contoh Simbiosis | Mutualisme, Parasitisme, Komensalisme
Gambar Contoh Simbiosis | Mutualisme, Parasitisme, Komensalisme

Pengertian simbiosis mutualisme adalah hubungan antar makhluk hidup atau organisme yang terjadi antar jenis yang berbeda dan tapi saling menguntungkan. Simbiosis parasitisme adalah hubungan antar dua jenis makhluk hidup atau organisme yang terjadi cukup erat namun diantara keduanya tidak saling menguntungkan, yang satu untung dan yang satu rugi. Sedangkan simbiosis komensalisme adalah hubungan erat antar makhluk atau organisme yang berbeda jenis tetapi secara sepihak mendapatkan keuntungan dan pihak lainnya tidak mendapat keuntungan dan tidak mendapat kerugian.

Contoh Macam-Macam Simbiosis

Seperti yang telah disampaikan diatas, semua simbiosis memiliki hubungan yang sangat erat dan memiliki dampak yang berbeda-beda terhadap pelakunya. Untuk memperjelas pemahaman, berikut disajikan beberapa contoh terkait tiga jenis simbiosis tersebut.

1. Simbiosis Mutualisme

Contoh yang umum dan sering melakukan hubungan mutualisme ini dapat diperankan oleh beberapa jenis ekosistem seperti :
  • Bunga Sepatu mutualisme dengan Lebah ( Bunga Sepatu terbantu dalam proses penyerbukan yang terjadi dan Lebah mendapatkan nektar)
  • Kerbau mutualisme dengan Burung Jalak (  Kutu pada Kerbau habis termakan dan Burung Jalak kenyang memakan kutu )
  • Bunga Raflesia Arnoldi menjalani mutualisme dengan Lalat ( Bunga Raflesia terbantu dalam penyerbukan bunga dan Lalat kenyang mendapat sari bunganya ).

2. Simbiosis Parasitisme

Contoh yang umum dan sering melakukan hubungan parasitisme ini biasa diperankan oleh beberapa jenis organisme atau ekosistem seperti :
  • Tanaman Benalu dan Tumbuhan yang ditumpangi ( Benalu mendapatkan keuntungan berupa sari makanan dan inang atau tumbuhan yang ditumpangi mengalami penurunan jumlah sari makanan )
  • Cacing perut menjadi parasit Manusia ( Manusia mengalami penurunan sari makanan dan cacing perut mendapatkan sari makanan dari perut manusia )
  • Tanaman Tali Putri menjadi parasit Inangnya ( Tanaman Tali Putri memperoleh sari makanan berupa sari zat-zat organik dan Inangnya mengalami penurunan sari makanan ).

3. Simbiosis Komensalisme

Contoh yang umum dan sering melakukan hubungan komensalisme biasa diperankan oleh beberapa jenis organisme atau ekosistem seperti :
  • Ikan Remora menjalani komensalisme dengan Ikan Hiu ( Ikan Remora mendapatkan makanan dan mendapatkan perlindungan dari predator besar karena berada di dekat Ikan Hiu sedangkan Ikan Hiu Tidak mendapatkan apa-apa )
  • Tanaman Sirih menjalani komensalisme dengan Inangnya ( Tanaman sirih mendapatkan keuntungan berupa mendapatkan tumpangan untuk hidup sedangkan Inangnya tidak mendapatkan apa-apa )
  • Paku Tanduk Rusa dengan Inangnya ( Tumbuhan Paku Tanduk Rusa mendapatkan tumpangan untuk hidup pada Inang dan Inangnya tidak mendapatkan apa-apa ).
Demikian sekilas informasi yang dapat disampaikan pada kesempatan ini mengenai contoh macam-macam simbiosis. Referensi yang dipakai dalam penyajian informasi materi keilmuan biologi ini diambil dari situs wikipedia dan ilmupengetahuanalam. Semoga bermanfaat. Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Contoh Simbiosis | Mutualisme, Parasitisme, Komensalisme"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih