Cara Mengubah Font Pada Android



Font android - Saat ini operating system yang digunakan pada banyak jenis hanphone yang terkenal adalah android.

Banyak sekali pengguna yang menyukai sistem operasi ini. Kemudahan untuk melakukan perubahan pada sisi tampilan dan operasi membuat para pecinta gadged menjadi tertarik.

Setelah lama memakai handphone ini tak jarang kebanyakan dari pengguna merasa bosan terhadap tampilan khususnya pada jenis font bawaan pabrik. Nah cara mengganti font android tanpa root merupakan salah satu hal yang banyak dicari.

Cara mengganti tampilan font di hp android dengan mudah itu banyak kita temui di internet, khususnya jika berselancar menggunakan mesin pencarian yang terkenal seperti google dan bing.

Tapi apakah dibenak sahabat sekalian juga ada pertanyaan yang terlintas tentang bagaimana cara mengganti font atau tampilan huruf di handphone android ? Mengganti font di handphone android sebenarnya ada dua cara, yaitu menggunakan aplikasi dan tanpa menggunakan aplikasi.

Cara Mengubah Font Pada Android

Gambar ilustrasi hp Android

Berikut mari simak ulasan yang kami sajikan dibawah ini yang kami rangkum dari banyak situs menjadi beberapa yang lebih spesifik untuk lebih memudahkan sahabat semua.


Cara Mengganti Jenis Font di Ponsel Android

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengganti jenis font pada handphone android antara lain yaitu :

1. Menggunakan Pengaturan di Ponsel dengan Manual

Cara ini cukup mudah untuk dilakukan karena dilakukan tanpa menggunakan aplikasi dari luar vendor ponsel. Namun cara ini bisa dilakukan jika perangkat android sahabat menyediakan fitur untuk mengubah jenis font yang bisa dijumpai pada menu setting.

Coba lihat pada setting, kemudian menuju ke my device dan pilih display langsung pilih fonts style.

Cara ini adalah cara yang penulis terapkan pada ponsel android berjenis samsung. Jika pada ponsel berjenis lain, besar kemungkinan akan didapati beberapa perbedaan. Namun sahabat semua tidak usah bingung karena jika ponsel sahabat menyediakan fitur pengganti jenis font ini maka jika kita mencari di menu setting tentu akan ketemu. Jika tidak, gunakan saja cara yang kedua atau ketiga dibawah ini.

2. Menggunakan iFont / Fontomizer

Ifont adalah salah satu aplikasi yang mendukung untuk digunakan merubah jenis font pada ponsel android. Aplikasi ini tergolong mudah digunakan karena banyak varian mode yang disediakan untuk mengganti font di handphone android.

Cara Mengubah Font Pada Android

Gambar halaman ifont di google playstore melalui laptop

Langkah untuk menggunakan aplikasi ini adalah :
  • Download kemudian install aplikasi iFont dari google playstore di handphone android. Tanpa masuk halaman awal google playstore, kalian juga bisa mendownloadnya melalui https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kapp.ifont
  • Pilih jenis font yang kalian suka
  • Kemudian download font yang dipilih (lebih baik gunakan saja aplikasi browser selain bawaan ponsel android seperti uc browser, opera, atau lainnya. karena sering terjadi masalah jika menggunakan browser bawaan)
  • Install atau set untuk menerapkan jenis font yang sudah didownload tadi
  • Restart ponsel android
  • Selesai

3. Menggunakan Font Installer

Selain dengan menggunakan aplikasi ifont untuk mengubah jenis font pada ponsel android kita juga bisa memakai aplikasi font installer.

Cara Mengubah Font Pada Android

Gambar halaman font installer di google playstore melalui laptop

Aplikasi ini cukup baik dan tidak kalah menarik dari aplikasi pengganti font lainnya. Beragam hingga ratusan jenis font dapat kita jumpai pada aplikasi ini.

Aplikasi font installer dapat bekerja pada handphone android yang sudah diroot dan jika belum di root maka besar kemungkinan aplikasi ini tidak dapat bekerja.

Ukuran aplikasi font installer tidak terlalu besar, yaitu sekitar 1.6 mb. Kelebihan aplikasi ini adalah memiliki sistem preview dan backup font yang sangat berguna. Kekurangannya, tampilan preview tidak dapat menampilkan beberapa dari semua jenis font yang ada pada aplikasi font installer ini.

Langkah penggunaan aplikasi ini tergolong tidak terlalu sulit yaitu cukup download dan install aplikasi sesuai langkah yang ada. 

Kalian juga bisa download aplikasi font installer di google play store melalui https://play.google.com/store/apps/details?id=com.jrummy.font.installer

Setelah itu kita akan melihat 3 menu pilihan (local, server dan preview), semua menu itu dapat kita gunakan sesuai fungsinya.

Kita dapat memilih banyak jenis font pada menu preview dan menginstallnya. Kemudian lakukan restart ponsel dan sudah, ponsel siap digunakan dengan tampilan barunya.


Demikian sedikit tips yang dapat penulis sajikan mengenai cara mengubah font android. Semoga bermanfaat. Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Cara Mengubah Font Pada Android"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih