Tips Meminjam Uang Agar Tidak Banyak Hutang



Meminjam uang - Setelah kemarin membahas masalah tips meminjam uang dengan baik dan tepat, sekarang kami kembali berbagi mengenai tips meminjam uang agar tidak banyak hutang. Maksud dari tidak banyak hutang pada kata-kata tersebut adalah tidak menumpuk-numpuk atau terlilit hutang sampai tidak bisa membayar hutang.

Sebenarnya apa yang saya bagikan ini hanyalah sebuah pengamatan dari apa yang sering saya lihat, namun hal ini terkadang menjadi sebuah hal yang disepelekan oleh banyak orang sehingga mereka kebanyakan menjadi terlilit hutang dan kebingungan sehingga menjadi stress dan lain sebagainya.


Ilustrasi gambar orang kebanyakan hutang - via thespiritualindian.com

Berikut dibawah ini mengenai sedikit tips, cara tepat agar tidak terlilit hutang hingga melimpah atau bahkan sampai tidak bisa membayar.

Tips Meminjam Uang Agar Tidak Banyak Hutang

Beberapa tips yang dapat dilakukan agar tidak menjadi orang yang terlilit hutang hingga tidak bisa membayar antara lain adalah :

1. Jangan Sampai Besar Pasak Dari Pada Tiang

Peribahasa ini cukup manjur jika digunakan sebagai pengingat agar tidak boros terhadap penghasilan yang didapat sehingga nanti kedepannya bisa memiliki uang yang cukup dan tidak menghutang lagi kepada seseorang. 

Ketika memiliki hutang kepada orang lain, harap selalu mengingatnya dan tidak membuat keadaan seenaknya sendiri. Hutang harus dibayar, jadi ingat dan sisihkan sebagian uang walau sedikit dari penghasilan. Bagi dengan bijak mana uang untuk makan sehari-hari, memenuhi kebutuhan sehari-hari, dan melunasi hutang.

2. Fikirkan Masa Depan dan Tinggalkan Egois

Jangan terlalu meninggikan egois kepada diri pribadi walau kapan saja karena suatu saat perasaan egois bisa menyengsarakan. 

Seperti halnya ketika sedang dalam keadaan gajian namun mempunyai hutang, tak jarang perasaan ingin sesuatu selalu hadir pada saat itu.

Nah, jika hal ini dibiarkan dan malah dipupuk atau dituruti maka semakin hari hutang bukan malah akan berkurang tetapi hanya akan menjadi semakin bertambah banyak disaat pada hutang tersebut ada bunga yang berkembang.

3. Jangan Berani-Berani Menghutang Lagi

Terkadang pada saat sudah memiliki hutang, suasana tidak selalu mendukung, ada saja sesuatu yang terjadi dan hal ini mengakibatkan beberapa dampak negatif yang sering muncul diantaranya hati merasa ingin menghutang lagi untuk mencukupi kebutuhan yang sedang diinginkan.

Hal ini memang cukup berat jika tidak dituruti, namun ingat disaat penghasilan tidak memungkinkan cukup untuk digunakan membayar hutang, janganlah menghutang lagi tetapi lunasi dahulu hutang yang lama kemudian baru menghutang lagi kalau saja terpaksa agar hutang tidak menjadi banyak dan melilit pada diri sendiri.

4. Berfikir Panjang dan Pendek Ketika Hendak Bertindak

Memfikirkan segala sesuatu ketika hendak bertindak merupakan suatu perilaku yang wajib dilakukan agar hasil pemikiran atau penyelesaian yang didapat bisa menjadi maksimal.

Tergesa-gesa atau selalu mengutamakan nafsu tanpa berfikir bagaimana dampak panjang dan pendek saat bertindak itu salah satunya dapat mengakibatkan kesalahan yang dampaknya fatal seperti ketika memiliki hutang namun ingin punya sesuatu dan menuruti apa yang diinginkan dengan cara meminjam uang kepada orang lain lagi (hutang) maka memang betul hati senang dan gembira secara sesaat namun kedepannya akan menjadikan sengsara yang penuh penyesalan karena hutang semakin menumpuk (melilit).

5. Lakukan Sesuatu Dengan Penuh Pertimbangan dan Musyawarah

Saat punya hutang tentu hati akan menjadi tidak nyaman dan tak jarang disaat itu banyak masalah yang kunjung datang yang mana ujung-ujungnya membutuhkan uang dan sering kali mengakibatkan keterpaksaan menghutang dan menghutang lagi demi terselesainya masalah.

Agar hati dan fikiran tidak hanya dikuasai oleh nafsu belaka yang hanya bisa menyesatkan, maka lakukan segala sesuatu dengan penuh pertimbangan dan kalau perlu sesering mungkin musyawarahkan terhadap orang terdekat agar mereka bisa membantu memberikan jalan keluar dan solusi yang tepat kepada kita yang sedang bingung sehingga nantinya tidak mudah masuk dalam jurang kegelapan.
Baiknya ketika meminta pertimbangan dari orang lain itu salah satunya seperti yang awalnya sudah mempunyai hutang dan akan menghutang lagi tetapi tidak jadi menghutang lagi karena adanya masukan dan saran dari orang terdekat.

Tips selanjutnya adalah ketika menghutang coba perhatikan terlebih dahulu bunga dan cicilan yang harus dibayarkan, apakah bunga dan cicilan yang ada tersebut sanggup untuk dibayarkan atau tidak. Pastikan menghutang sesuai kadar kemampuan yang bisa Anda bayar sehingga cicilan dapat terus berlangsung dan tidak mengakibatkan penunggakan yang menjadikan seseorang terlilit hutang.

Jangan lupa kurangi sifat tergesaa-gesa karena nafsu dan terus berdo'a meminta rezeki yang halal serta barokah sehingga tidak banyak hutang dan beban fikiran.

Jika ada yang kurang dan kalian mau menambahkan maka silahkan berkomentar dibawah ini. Terima kasih. Salam berbagi. Semoga bermanfaat. Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Tips Meminjam Uang Agar Tidak Banyak Hutang"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih