Rumus Untuk Menghitung Berat Badan Ideal



Rumus berat badan - Cara menghitung berat badan ideal merupakan salah satu hal yang patut untuk diketahui. Bila kita memiliki berat badan yang ideal pastinya akan membuat kita semakin tampil percaya diri saat berada didepan orang lain. Memiliki berat badan dan tubuh yang bagus tentu menjadi harapan setiap orang. Bahkan hal ini dapat penulis buktikan dari rekapitulasi data yang penulis cari, dan hasilnya menunjukkan bahwa salah satu topik yang banyak dicari di internet adalah mengenai rumus umum untuk mengetahui, mencari dan menghitung jumlah berat badan yang normal atau ideal.

Tapi untuk menentukan berat badan yang ideal itu tentu tidak sembarangan karena sudah ada kriteria tersendiri yang mana sudah ditetapkan oleh badan kesehatan seluruh dunia. Menyikapi hal ini penulis ikut menyumbang dan berpartisipasi untuk berbagi dan membantu sahabat sekalian khususnya mengenai cara menghitung berat badan ideal dengan menggunakan rumus Body Mass Index (BMI) yang sudah umum bayak digunakan. Berikut mari simak ulasannya dibawah ini.

Rumus Untuk Menghitung Berat Badan Ideal
Sumber gambar diatas adalah pixabay.com

Rumus Umum Untuk Menghitung BB (Berat Badan) Ideal

Rumus yang sering digunakan oleh banyak orang untuk menghitung berat badan ideal merupakan rumus BMI, karena cenderung lebih mudah. Menggunakan rumus ini berat badan bisa dihitung secara mudah apakah ideal atau tidak dengan sendiri dirumah.

Rumus BMI ( Body Mass Index )

Rumus Body Mass Index (BMI) dalam bahasa indonesia disebut dengan Index Massa Tubuh (IMT). Rumus ini bisa digunakan untuk mengetahui berat badan ideal seseorang dengan memadukan antara tinggi dan berat badan seseorang. Rumusnya adalah :

Berat Badan (Kg) : (Tinggi Badan x Tinggi badan) = BB Ideal

Contoh :

Jika saja kita memiliki berat badan 60 kg dan tinggi 163 maka jika dimasukkan dalam rumus hasilnya adalah

60 : (1,63 m x 1,63 m) = 60 : 2,65 = 22,6

Ketetapan Berat Badan Ideal Oleh Badan Kesehatan Seluruh Dunia

Ketetapan ini ada 2 macam yaitu ketetapan berat badan ideal untuk pria dan wanita.

Standar BMI Wanita
Nilai Body Mass Index (BMI)
Kategori
< 18
Under Weight atau Kurus
18 – 25
Normal Weight atau Bagus (ideal)
25 – 27
Over Weight atau Kegemukan
> 27
Obesitas
Standar BMI Pria
Nilai Body Mass Index (BMI)
Kategori
< 17
Under Weight atau Kurus
17 – 23
Normal Weight atau Bagus (ideal)
23 – 27
Over Weight atau Kegemukan
> 27
Obesitas

Kalkulator Untuk Menghitung BMI Online

Jika kita tidak mau sulit-sulit untuk menghitung nilai BMI dengan cara manual, maka kita bisa menghitung nilai BMI dengan mudah secara online disini. Caranya cukup mudah untuk dilakukan. Silahkan masukkan nilai tinggi badan dan berat badan kemudian lihat hasilnya secara langsung dibawah ini.

Kalkulator Penghitung BMI

Tinggi Badan :      cm
Berat Badan :      kg
Hasil   :

Keterangan :

Kalkulator diatas bersumber dari id.bestconverter.org. Kalkulator tersebut sudah disetting agar pada saat mencapai titik obesitas yang melebihi maka bisa muncul keterangan tingkat atau level obesitasnya. Yang dimaksud dengan obesitas kelas I adalah tingkat BMI mencapai 30 sampai 35, obesitas kelas II adalah tingkat BMI mencapai 35 sampai 40, dan obesitas kelas III adalah tingkat BMI mencapai lebih dari 40.

Baca juga : Cara Jitu Kecilkan Perut Buncit ! Inilah Caranya

Untuk lebih tepat dalam mengetahui apakah tubuh kita termasuk ideal atau tidak memang sebaiknya secara langsung dilihat dari bentuk tubuh dan tidak hanya berpacu pada angka yang dimunculkan oleh timbangan.

Tapi dengan menggunakan rumus diatas, setidaknya bisa membantu mengetahui berapa jumlah nilai berat badan yang ideal untuk kita. Jika berat badan kita belum memenuhi kriteria ideal maka tentu kita bisa segera berusaha memperoleh BMI yang cukup sehingga berat badan dapat tercukupi hingga menjadi ideal.

Namun selain itu lebih pentingnya kita juga bisa mengetahui keadaan berat badan pada kondisi baik bagi kesehatan atau tidak, sehingga kita menjadi lebih mudah dalam menjaga keadaan tubuh agar selalu sehat dan bugar.

Demikian sedikit ulasan yang dapat penulis sampaikan mengenai rumus untuk menghitung berat badan ideal. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Rumus Untuk Menghitung Berat Badan Ideal"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih