Alasan Garam Tidak Boleh Dikonsumsi Berlebihan



Jangan konsumsi garam berlebihan - Ternyata mengkonsumsi garam secara berlebihan sangatlah tidak dianjurkan karena dapat berdampak negatif terutama pada kesehatan.

Meski kandungan yang ada pada garam sangat dibutuhkan oleh tubuh dan dengan penambahan garam ke sebuah makanan akan membuat makanan semakin lezat untuk disantap, tapi dibalik semua itu kita harus memperhatikan dan membatasi jumlah takaran atau proporsi pemberian garam dalam makanan karena kalau tidak maka efek negatifnya bisa saja menyerang kita.

Makanan asin, gurih dan lezat sangat diminati oleh setiap orang tapi kesehatan jauh lebih berarti karena kesehatan jauh lebih mahal dari pada makanan lezat apapun.

Oleh karena itu jangan sepelekan hal ini dan bagikan info ini kepada orang terdekat kita agar mereka segera dapat menentukan kadar yang tepat dalam pemberian garam ke makanan, sebab banyak orang tidak mengetahui akan info kesehatan penting ini.

Alasan Garam Tidak Boleh Dikonsumsi Berlebihan
garam

Beberapa ahli medis menyarankan kita untuk mengkonsumsi garam hanya 5-6 gram saja atau sekitar satu sendok teh kecil setiap hari agar kesehatan tubuh dapat tetap terjaga. Nah, lebih baik konsumsi garam secara tidak berlebihan.

Efek dari Mengkonsumsi Garam Berlebihan

Berikut dibawah ini dapat kita simak bersama mengenai beberapa efek yang dapat timbul saat mengkonsumsi garam dalam jumlah berlebihan secara terus menerus. Efek itu adalah :

1. Mudah merasa haus atau dehidrasi

Didalam garam dapur terdapat kandungan natrium (Na) dan klorida (Cl) yang mana kandungan ini didalam tubuh berfungsi sebagai penyeimbang antara larutan asam dan basa. Tetapi jika didalam tubuh kelebihan kandungan natrium maka kandungan natrium musti dikeluarkan agar proses yang dilakukan oleh organ didalam tubuh bisa berjalan tanpa ada masalah.

Proses pengeluaran kandungan natrium dari tubuh ini membutuhkan jumlah air yang tidak sedikit, sehingga kita merasa ingin minum terus-menerus. Nah inilah yang menjadi asal muasal kenapa rasa haus (dehidrasi) pada kita semakin datang bila kebanyakan mengkonsumsi garam dapur.

2. Mengalami gangguan masalah pencernaan

Jika garam terlalu banyak dikonsumsi maka kandungan yang ada pada garam dapat menyebabkan kemampuan suatu enzim yang ada pada organ pencernaan lambung menjadi menurun dalam memecah protein dan akibatnya akan berdampak tidak baik bagi pencernaan.

Selain itu jika kandungan natrium ada secara berlebihan maka akan mengakibatkan proses kerja organ pencernaan menjadi kurang baik.

3. Mengalami gangguan system saraf

Kandungan yang ada pada garam salah satunya sagat berperan penting dalam membantu pertahanan sistem saraf. Akan tetapi jika kelebihan dalam pemakaian garam, besar atau kecil akan menimbulkan dampak yang tidak baik.

Bila keberadaan kandungan natrium yang berasal dari garam kebanyakan secara terus menerus, cepat atau lambat akan menimbulkan gangguan pada sistem saraf seperti pembengkakan jaringan saraf dan edema serebral.

Selain itu masih banyak lagi efek yang dapat timbul jika mengkonsumsi garam berlebihan seperti darah tinggi, batu ginjal, dan perapuhan tulang atau osteoporosis.

Gunakan garam secukupnya saja agar kesehatan selalu menyertai dan semua resiko dari kebanyakan konsumsi garam tidak menyerang kita. Semoga bermanfaat. Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Alasan Garam Tidak Boleh Dikonsumsi Berlebihan"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih