Cara Mengaktifkan Wifi di Laptop Windows 7



Mengaktifkan wifi - Wifi (wireles fidelity) adalah salah satu sarana yang dibutuhkan untuk bisa mengakses internet tanpa modem. Hampir pada semua jenis alat elektronik kecil atau besar yang biasa digunakan untuk berkomunikasi memiliki fitur wifi. Terutama pada laptop, komputer atau pc yang biasa digunakan untuk bekerja. Orang-orang sering memanfaatkan salah satu fitur yang satu ini untuk mengakses internet dengan mudah dan cepat di tempat yang menyediakan fasilitas wifi.

Banyak orang telah menggunakan wifi, tapi ternyata banyak juga orang yang kadang-kadang masih bingung bagaimana cara mengaktifkan atau menghidupkan fitur wifi di laptop / pc miliknya. Hal ini terbukti dari banyaknya situs yang menyediakan informasi seputar cara mengaktifkan wifi dengan bervariasi. Tak jarang kasus ini banyak dicari di internet terutama di google karena banyak orang yang membeli laptop dan belum tau cara menghidupkan wifi tanpa adanya tutorial.

Sekarang langsung saja mari simak ulasan mengenai cara menghidupkan wifi yang mati (disable) atau belum aktif dengan cara pintas, manual, dan insyaallah mudah dipraktekkan pada laptop windows 7 dibawah ini agar kemudian laptop bisa digunakan untuk mengakses internet dengan mudah menggunakan jaringan hotspot yang tersedia pada tempat-tempat yang menyediakan fasilitas wifi.


Cara Menghidupkan Wifi di Laptop

Cara mengaktifkan wifi pada semua jenis laptop itu cenderung banyak yang sama jika os (operating system) sama. Tetapi tidak menutup kemungkinan ada juga beberapa yang tidak sama karena adanya faktor tertentu. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengaktifkan wifi pada os windows seven (7) yaitu :

1. Cara mengaktifkan wifi di laptop dengan menggunakan tombol keyboard

Pada beberapa jenis laptop mungkin tersedia tombol pintas yang berguna untuk memudahkan pengguna menggunakan fitur pada laptopnya. Termasuk tombol pintas untuk mengaktifkan wifi di laptop.

Cara Mengaktifkan Wifi di Laptop Windows 7
Gambar Tombol pintas wifi 1

Cara Mengaktifkan Wifi di Laptop Windows 7
Gambar Tombol pintas wifi 2

Jika pada laptop tidak ada tombol pintas wifi 1 maka kemungkinan besar akan ada tombol pintas wifi yang ke-2.

Pastikan disekitar kalian ada hotspot wifi yang sedang aktif sehingga cara ini dapat berjalan dengan baik.

Sekarang coba periksa dan cari apakah tombol yang serupa dengan gambar diatas ada di laptop milik kalian atau tidak. Jika ada, langsung saja coba klik dan lihat perubahannya. Jika tanda sinyal pada taskbar yang awalnya disertai x kemudian berubah menjadi tanda sinyal yang disertai bintang * (serupa dengan gambar dibawah) berarti wifi sudah bisa digunakan, namun jika tidak berarti wifi belum bisa digunakan.

Cara Mengaktifkan Wifi di Laptop Windows 7
Tombol pintas wifi 2 seperti foto tombol pintas wifi 2 diatas biasanya berada pada keyboard sisi paling atas sekitar F1 sampai F12. Tiap laptop memiliki tombol pintas wifi yang letaknya berbeda-beda dan ini tergantung merk dan tipe laptop.

Terkadang dalam penggunaan tombol pintas seperti foto tombol pintas wifi 2 diatas, ada beberapa laptop yang fungsi dari tombol itu bisa bekerja jika ditekan bersamaan dengan tombol FN. Ini tergantung pada settingan laptopnya. Jadi tepatnya coba saja tekan tombol pintas wifi yang terletak pada keyboard dengan tanpa disertai menekan tombol FN dan coba tekan tombol pintas wifi disertai menekan tombol FN. Mana yang menunjukkan perubahan tanda sinyal pada taskbar yang awalnya tersilang (x) menjadi tertanda bintang (*), maka itu cara yang benar.

Jika cara mengaktifkan wifi diatas bisa berjalan dengan baik maka untuk menonaktifkan wifi lagi cukup tekan lagi tombol pintas wifi tersebut.

2. Cara mengaktifkan wifi di laptop dengan tanpa tombol pintas wifi

Alternatif yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan wifi selain dengan tanpa memakai tombol pintas wifi adalah dengan cara manual yang tepatnya dengan masuk pada contol panel. Berikut langkah-langkahnya.

Pertama klik icon tanda sinyal seperti gambar dibawah ini. 

Cara Mengaktifkan Wifi di Laptop Windows 7

Kemudian muncul kolom dan pilih Open Network and Sharing Center lalu lihatlah pada sisi kiri layar dan disana ada beberapa pilihan, pilih dan klik Change Adapter Setting yang memiliki urutan ketiga jika dihitung dari pilihan teratas. Setelah itu klik kanan pada Wireless Network Connection (yang digunakan sebagai jaringan wifi), jika tertera pilihan Disable pada pilihan bagian atas sendiri berarti jaringan telah aktif atau Enable, jika belum silahkan klik saja. Selanjutnya langkah terakhir adalah klik Connect / Disconnect. 

Jika masih belum muncul jaringan wifi, lanjutkan lagi dengan klik Start kemudian pilih Control panel dan lihat pada bagian Hardware and Sound lalu klik pilihan pada nomor empat dari atas atau Adjust commonly used mobility settings, setelah itu akan ada kotak yang muncul dan lihat pada sisi kanan sendiri  pada menu Wireless Network, kemudian pilih dan klik Turn wireless on agar wifi menjadi aktif dan lihat hasilnnya. Selesai. Wifi telah aktif.

Jika masih binggung jangan resah, melainkan lihat saja paduan gambar bergerak di bawah ini.

Cara Mengaktifkan Wifi di Laptop Windows 7
Jika dengan menggunakan beberapa cara diatas dan hasilnya wifi masih belum turn on atau enable (aktif) maka bisa jadi driver wifi pada laptop kalian yang bermasalah.

Demikian sedikit cara mengenai cara mengaktifkan wifi di laptop windows 7. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Cara Mengaktifkan Wifi di Laptop Windows 7"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih