Cara Memilih Buah Durian Yang Bagus Berkualitas



Cara pilih durian - Buah durian merupakan salah satu buah terfavorite bagi banyak orang. Buah durian memiliki aroma yang menyengat dan cukup nikmat sehingga tak heran banyak orang tertarik kepada buah yang satu ini.

Buah durian juga banyak disebut dengan king of fruit. Buah ini memiliki ciri khas yang berbeda jauh dari buah-buah lainnya. Ciri khas tersebut dapat dilihat dari sisi kulitnya.

Buah ini dinamakan buah durian karena memiliki kulit yang tajam dan bergerigi yang hampir mirip dengan duri. Sebelum durian populer, dulu tak banyak orang menyangka bahwa dibalik kulit yang tajam pada buah durian terdapat daging yang nikmat.

Sekarang buah durian cukup mudah untuk kita nikmati karena buah durian banyak dijual mulai di pasar atau di toko-toko buah.

Cara Memilih Buah Durian Yang Bagus Berkualitas
Buah durian - source google.com

Tapi saat di pasaran tak jarang orang menjual buah durian itu secara campur antara yang berkualitas dan kurang berkualitas. Sehingga kita harus pandai memilih bila hendak membeli buah durian. Terutama karena harganya yang cukup mahal bila kualitas durian yang kita pilih saat membeli buah durian ternyata kurang memuaskan, tentu rasa kecewa yang akan kita rasakan.

Kita harus benar-benar teliti bila tidak ingin salah dalam memilih buah durian yang bagus, enak dan berkualitas. Sebelum membeli durian, ilmu mengenai cara memilih buah durian yang enak dan berkualitas harus kita kuasai agar saat membeli bisa memilih dengan tepat.

Bagaimana tips tepat memilih durian yang baik ?

Berikut dibawah ini mari kita simak seksama tips memilih buah durian yang bagus, berkualitas dan tepat.

1. Memilih Buah Durian Yang Berbentuk Bulat

Buah durian yang berbentuk bulat cenderung memiliki lebih banyak daging dari pada buah durian yang lonjong. Sehingga lebih baik saat memilih buah durian lakukan dengan teliti dan usahakan pilih yang berbentuk bulat.

2. Memilih Dengan Mengabaikan Warna Fisik

Warna buah durian yang matang itu bermacam-macam, mulai dari kuning, hijau dan bahkan kecoklat-coklatan. Pada buah durian yang berwarna kuning kadang belum tentu matang. Begitupun pada buah durian yang berwarna hijau belum tentu masih mentah (belum matang). Pada durian lokal cenderung sudah banyak yang matang meski memiliki warna kehijau-hijauan. Jadi lebih baik abaikan warna fisik dari buah durian saat memilih.

3. Memilih Buah Durian Yang Bertangkai Pendek dan Besar

Fungsi dari tangkai pada buah durian adalah menyalurkan karbohidrat dan sebagai penopang buah durian. Tangkai yang berbentuk pendek dan tebal berarti menandakan buah durian memiliki banyak karbohidrat dan tangkai yang berbentuk panjang serta sedikit kecil berarti menandakan buah durian memiliki karbohidrat (daging) yang tidak begitu banyak. Sehingga lebih tepat saat memilih buah durian, pilih yang memiliki tangkai pendek dan besar.

4. Memilih Buah Durian Yang Beraroma Sedap

Buah durian yang manis, berkualitas dan lezat cenderung memiliki aroma yang sedap meskipun pada buah durian tersebut belum dibuka kulitnya.

5. Memilih Buah Durian Yang Berduri Pendek

Sudah banyak orang berkata bahwa pada buah durian yang bagus dan enak terdapat ciri salah satunya adalah memiliki duri yang pendek dan jarak kerapatan antara duri satu dan lain agak berjauhan (jarang).

6. Menghindari Memilih Buah Durian Dengan Kulit Terbuka

Sebenarnya saat memilih buah durian yang tepat adalah memilih buah durian yang memiliki kulit masih rapat dengan tanpa terbuka. Sebab pada buah durian yang kulitnya terbuka, daging pada buah durian tersebut akan kemasukan angin dan rasa yang ada akan berubah menjadi kurang manis atau kurang enak (hambar).

7. Memilih Buah Durian Yang Berjuring Lima

Pada buah durian terdapat juring atau kamar yang menjadi tempat buah dan biji durian. Untuk mengetahui jumlah juring atau kamar pada buah durian, kita bisa melihatnya dari permukaan kulit buah durian.

Durian berjuring 5 - sumber anokatop10 .com

Juring pada buah ini cenderung bisa kita lihat secara jelas membentuk garis dari atas sampai bawah. Buah durian yang bagus dan ideal memiliki juring sebanyak lima buah dan pada buah durian yang memiliki juring sebanyak lima ini kebanyakan memiliki rasa yang manis dan daging lebih tebal dari pada buah durian yang memiliki juring lebih dari 5.

8. Memilih Buah Durian Yang Berbobot Ringan

Bila buah durian kita angkat terasa berat, sebaiknya jangan dipilih dan pilih saja yang memiliki berat lebih ringan. Karena buah durian yang berat kadang masih mentah dan bisa saja berat yang ada disebabkan daging yang mengandung terlalu banyak air atau bahkan busuk.

9. Memilih Buah Durian Yang Berbunyi Tidak Keras Saat Dipukul

Buah durian yang sudah matang dan siap untuk disantap adalah buah durian yang kebanyakan bila dipukul memiliki bunyi seolah-olah teredam. Sedangkan bila buah durian yang belum matang dan belum siap untuk dinikmati adalah buah durian yang bila dipukul memiliki bunyi yang nyaring.

Demikian sedikit ulasan yang dapat dibagikan mengenai cara memilih buah durian yang bagus dan berkualitas. Semoga bermanfaat. Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Cara Memilih Buah Durian Yang Bagus Berkualitas"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih