Tips Berjualan Pulsa Agar Tidak Rugi Bagi Pemula



Berjualan pulsa - Menjadi seorang penjual pulsa merupakan salah satu pekerjaan yang bisa mendapat provit atau keuntungan yang cukup lumayan. Seperti yang sudah saya katakan pada salah satu artikel mengenai usaha yang tepat untuk kalangan pelajar tersebut. Sebenarnya jualan pulsa merupakan salah satu bisnis yang bukan hanya untuk kalangan pelajar namun untuk semua kalangan yang berniat berhasil dan mau menekuninya.

Ketika berjualan pulsa dari awal atau sebagai pemula memang memerlukan sebuah kesabaran dan management yang cukup baik agar keberhasilan dapat cepat dirasakan. Banyak para penjual pulsa yang gulung tikar karena kurang tepatnya dalam sebuah penataan keuangan, mulai dari kecerobohan yang dilakukan pemula seperti seenaknya sendiri dalam memberikan hutangan atau pinjaman sehingga terkadang sampai lupa dan akhirnya jatah pemasukan serta modal yang menjadi sasaran dampak negatifnya. Sebenarnya hal ini harus diminimalkan agar provit bisa dengan cepat didapat.

Cara agar berhasil dalam berjualan pulsa listrik, berjualan pulsa telkomsel, berjualan pulsa im3, berjualan pulsa mentari, berjualan pulsa data, dan berjualan pulsa semua operator (all operator) baik secara online atau offline sebenarnya sama saja. Kuncinya adalah sabar, jujur, terus berusaha, sering promosi dan pintar memanagement.

Tips atau Cara Berjualan Pulsa Agar Tidak Rugi Bagi Pemula


Berikut dibawah ini mari kita simak bersama mengenai ulasan yang penulis paparan tentang beberapa tips yang dapat dilakukan untuk meminimalkan kerugian dan memaksimalkan pendapatan dalam berjualan pulsa.


Tips atau Cara Berjualan Pulsa Agar Tidak Rugi Bagi Pemula

Beberapa tips atau cara yang dapat dilakukan agar tidak rugi bagi pemula dalam berjualan pulsa adalah :

1. Selalu Mengingat Sang Pencipta

Jangan menganggap hal ini sepele, jika Anda seorang muslim maka selalu ingat hal ini agar usaha menjadi berkah dan selalu di ridhoi oleh Allah. Minimal lakukan sholat 5 waktu, shodaqoh, membaca "Bismillah" sebelum berjualan dan "Alhamdulillah" setelah usai berjualan. Setelah itu, coba anda rasakan, pasti insyaallah ketika ikhlas melakukannya maka tentu perasaan nyaman dan tenang dengan sendiri akan hadir sehingga bisnis dapat berjalan dengan lancar.

2. Pilih Distributor Yang Anti Lelet Alias Servernya Cepat

Ketika membeli pulsa tentu hal utama yang di inginkan adalah pulsa yang murah dan cepat terkirim. Menyikapi hal ini, sebelum memulai usaha berjualan pulsa, lakukan survei atau lihat disekitar Anda, dimana ada distributor, counter atau agen pulsa yang menjual pulsa banyak pembeli dan terpercaya jarang trouble atau lelet dalam hal pengiriman, setelah itu coba Anda lakukan pembelian pulsa sebagai percobaan beberapa kali (seperti seminggu 3x), jika terus menerus pulsa cepat terkirim dan memang jarang trouble maka disitulah tempat yang tepat untuk dijadikan sebagai dealer pulsa Anda.

3. Tentukan Harga Yang Dapat Bersaing

Dalam hal ini berkaitan dengan apa yang saya katakan pada point ke 2 tadi. Pulsa yang murah lebih diprioritaskan oleh pembeli, oleh karena itu lebih baik jual pulsa dengan harga yang sedikit murah atau standart yang penting tetap mendapat laba dan bisa memutar uang agar pembeli tidak malas untuk membeli lagi.

Lebih baik berpedoman bahwa biar laba sedikit yang penting berkali-kali pembeli datang dari pada sekali banyak pembeli namun tiada kembali. Kata-kata ini artinya adalah lebih baik murah dan dibeli oleh banyak orang secara berkali-kali yang nanti ujungnya juga akan memperoleh laba banyak, dari pada harganya mahal menjadikan orang hanya datang sekali dan tidak mau kembali. Ini merupakan salah satu dari permainan bisnis yang banyak diterapkan dalam pasar.

4. Siapkan Modal Yang Cukup

Memang setiap dari usaha tidak ada yang tanpa modal terkecuali beberapa jenis usaha tertentu yang dapat dilakukan oleh seseorang hanya dengan berusaha keras seperti kerja dalam penyaluran jasa dan hal ini bukan termasuk jualan pulsa.

Sedikit atau banyak, untuk bisa maju dan tidak rugi dalam berjualan pulsa salah satunya adalah memiliki modal yang cukup. Paling minim untuk seorang pemula yang berawal dari sangat awal, uang 50.000 sudah cukup untuk membeli saldo awal.

5. Lakukan Pencatatan dan Management Yang Rapi

Pada point ke 5 ini merupakan point inti yang kami sajikan untuk Anda yang mana banyak penjual pulsa yang gagal karena kurang tepatnya dalam menata keuangan. Management sangatlah penting dalam mencapai keberhasilan, bukan dalam hal usaha saja melainkan dalam semua hal, namun dalam sesi ini kami hanya akan berbagi bagaimana management simple yang tepat dan bagus untuk usaha jualan pulsa supaya tidak rugi.

Caranya yaitu siapkan buku catatan keuangan khusus untuk modal awal, untuk riwayat transaksi dan untuk pengeluaran pembelian saldo. (Satu buku tidak masalah asal ada pembatas antara satu dan lainnya) kemudian catatlah setiap Anda mengeluarkan uang untuk modal awal pada buku modal awal, dan riwayat transaksi pembelian pada buku riwayat transaksi, serta pengeluaran untuk saldo pada buku pengeluaran untuk pembelian saldo. Kelola dan lakukan perekapan data setiap bulan, catat dengan rapi supaya tidak malas dalam melihatnya pada akhir bulan saat pengumpulan data untuk mengetahui jumlah laba. Lakukan dengan sabar dan penuh ketelitian agar data valid atau benar.

6. Buat Perjanjian Ketika Ada Yang Meminjam Pulsa

Saat pertama kawan sekitar atau siapa saja mengetahui tentang bisnis Anda, saat ada salah satu diantara mereka yang mulai meminjam pulsa kepada Anda, maka saat itu juga peraturan main (perjanjian) harus Anda tunjukkan kepada mereka supaya kedepannya bisnis pulsa Anda dapat berkembang menjadi lebih baik dan terkontrol dengan mudah.

7. Kurangi Peminjaman Pulsa Kepada Siapapun Walau Kepada Diri Sendiri

Tak jarang kegagalan atau gulung tikar pada saat jualan pulsa terjadi salah satunya adalah karena kecerobohan yang dilakukan demi kesenangan pribadi. Artinya adalah walau pulsa yang Anda jual merupakan milik sendiri, janganlah merasa bahwa pulsa tersebut mudah diambil karena pasti laba. Ingat, bisnis seorang pemula tentu butuh proses untuk menjadi besar dan kegagalan dalam setiap bisnis selalu ada, so jangan sekali-kali meremehkan. Ketika mengambil pulsa yang dijual tanpa membayar 1, 2 kali memang bukan menjadi masalah, namun pasti hal ini akan membuat penjual menjadi terbiasa dan akhirnya berefek modal tidak bisa kembali dan tidak dapat membeli saldo untuk berjualan sehingga gulung tikar atau tutup usaha adalah akibatnya. Hal ini bukan suatu hal yang biasa, namun sudah sangat sering terjadi saat jualan pulsa.

Kalau perlu setiap Anda mengisi pulsa untuk ponsel sendiri selalu lakukan pencatatan dan pembayaran tersendiri agar management dalam penjualan dapat dilakukan dengan baik pada akhirnya. Bisnis ya bisnis dan jangan dicampur dengan urusan pribadi.

Begitupun kalau ada seorang kerabat, teman, saudara atau bahkan siapa saja yang hendak meminjam pulsa sementara waktu, janganlah selalu menyepelekan hal tersebut. Ketika mereka meminjam dalam kurung waktu yang melebihi kesepakatan yang sudah dibuat, maka lakukan ketegasan yang sopan yang mana tidak membuat mereka sakit hati seperti memberi tahu bahwa Anda saja ketika mengisi pulsa harus membayar sendiri, apalagi orang lain. Dengan begitu mereka akan sadar dan untuk kedepannya bisnis akan menjadi lancar serta menjadikan itikad baik tetap terjaga secara harmonis.

Untuk lebih baiknya ketika Anda tidak mau mengambil resiko, janganlah memberi pinjaman kepada siapapun soal bisnis pulsa Anda. Namun hal ini akan menimbulkan dampak yang kurang baik untuk seorang pemula seperti minimnya pembeli dan lain sebagainya. Semua keputusan ada pada Anda, lakukan yang terbaik dan dapatkan pula yang terbaik.

8. Lakukan Lebih Sering Promosi dan Berikan Sikap Ramah Pada Setiap Pembeli

Promosikan usaha bisnis pulsa yang sedang Anda jalani kepada siapapun supaya bisnis mudah menjadi berkembang, kalau perlu promosikan baik secara online atau offline.

Selanjutnya, selalu lakukan keramahan kepada setiap orang atau pembeli agar mereka mau untuk kembali membeli kepada Anda. Lebih tepatnya supaya loyalitas mereka kepada Anda selalu terjaga. Jangan terlalu buruk ketika Anda menjumpai sosok seorang pembeli yang membosankan, lebih baik bersabarlah.

9. Sesekali Berikan Hadiah Pada Pembeli Yang Setia

Sesekali ketika seorang pembeli menunjukkan keloyalannya (kesetiaan) pada Anda maka hal ini perlu diapresiasi salah satunya dengan memberinya hadiah seperti berupa pulsa 5 ribu dan lain sebagainya. Namun lakukan hal ini sewajarnya saja dan jangan terlalu sering.

10. Pelajari Kesalahan dan Mulai Berbenah

Kata-kata ini memang cenderung sangat banyak dikenal oleh orang, namun perlu diketahui bersama bahwa arti ungkapan yang ada pada kata-kata tersebut harus dijadikan sebuah acuan untuk menjadikan seseorang lebih maju.

Lakukan belajar dari sebuah kesalahan untuk membuat sebuah keberhasilan. Caranya adalah selalu membenahi kekurangan dari sistem jualan pulsa, baik dari sikap, tingkah laku pelayanan, atau lain sebagainya tanpa menunda agar tidak menjadi lupa untuk berbenah.

11. Infaqkan atau Sedekahkan Sedikit Dari Jumlah Laba

Ketika keuntungan yang diperoleh sudah mencapai batas cukup maka infaqkan atau bersedekahlah sedikit dari jumlah keuntungan kepada orang yang membutuhkan karena ini merupakan salah satu keharusan yang harus dilakukan untuk menunjang agar bisnis menjadi lancar dan tetap berjalan baik.

Demikian sedikit ulasan mengenai tips atau cara berjualan pulsa agar tidak rugi untuk pemula. Semoga bermanfaat. Mishba7 blog



Baca juga :

2 Responses to "Tips Berjualan Pulsa Agar Tidak Rugi Bagi Pemula"

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih