Cara Tepat Mengusir Tikus Terbukti Ampuh



Cara untuk mengusir tikus dari rumah, dari plafon rumah, dari sawah, atau dari mana saja sebenarnya sama. Tikus besar atau kecil kerap sangat mengganggu jadi tidak heran bila banyak diantara kita ingin membasmi atau mengusir hewan ini jauh-jauh dari tempat kita.

Beberapa cara umum yang digunakan untuk mengusir dan sekaligus membasmi tikus adalah dengan menggunakan racun dari bahan kimia. Bila menggunakan racun tentu dampak negatifnya banyak, salah satu diantaranya dapat menyebabkan hewan ternak kita terancam kematian selain tikusnya yang mati.

Bila saja racun yang kita taruh terus dimakan tikus dan tercecer kemana-mana tentu besar kemungkinan bila hewan ternak tidak dikandangkan maka dia akan memakan makanan (racun) yang dimakan tikus dan akibatnya akan ikut mati.

Lebih bahayanya lagi bila kita mempunyai anak kecil dan ini sangat menghawatirkan, lebih-lebih bila anak tersebut masih belum mengerti apa-apa tetapi sudah bisa berjalan dan berlari maka bisa-bisa kalau kita tanpa sadar tidak memperhatikannya dia akan menjadi korban.

Menggunakan racun untuk membasmi tikus sangat membahayakan. Solusinya adalah cepat beralih ke cara membasmi tikus dengan cara alami saja agar dampak yang balik kepada kita juga tidak membahayakan.

Cara membasmi tikus dengan cara alami banyak jenisnya. Beberapa diantaranya adalah dengan menggunakan bantuan hewan ternak seperti kucing, jangkrik dan dengan langkah lain. 

Cara Tepat Mengusir Tikus Terbukti Ampuh
Selain dengan menggunakan cara alami tentu masih banyak cara yang ampuh dan bisa digunakan untuk membasmi tikus dengan aman. Berikut mari kita simak seksama lebih detail mengenai cara tepat mengusir tikus yang terbukti ampuh dibawah ini.

Cara Ampuh Usir Tikus Tanpa Mampus

Cara ini hanya untuk mengusir tikus dan tidak untuk membuatnya mati. Kalau tikus mati kadang kita menjadi repot untuk membuangnya sehingga lebih tepat kita basmi tikus saja dengan tanpa membuatnya mati. Beberapa cara yang sudah banyak dilakukan oleh banyak orang untuk mengusir tikus secara ampuh tersebut adalah :

1. Memelihara Hewan

Cara ini unik tapi cukup manjur. Dengan berternak jenis hewan tertentu tikus dapat pergi dan menjauh dari tempat kita. Hewan tersebut antara lain adalah :

Kucing

Musuh besar bebuyutan tikus adalah kucing sebagaimana kartun yang ada di televisi dengan judul tom and jerry.

Faktanya membuktikan bahwa tikus sangat takut dengan kucing. Jadi besar kemungkinan bila kita memelihara kucing dirumah maka tikus akan pergi dan meninggalkan rumah kita.

Selain memelihara kucing bermanfaat sebagai bahan pengusir tikus alami, kita juga bisa manfaatkannya sebagai hiburan karena kucing juga tergolong hewan yang manis dan lucu. Bagi kita yang suka memelihara hewan maka inilah solusi tepat untuk mengusir tikus dari rumah kita.

Jangkrik

Tikus akan keluar bila saja area itu sepi dan dia tidak suka pada keramaian sehingga bila kita akumulasikan kedalam cara untuk membasminya, solusinya adalah menggunakan jangkrik.

Jangkrik memiliki suara yang tepat untuk membuat tikus menjadi tidak nyaman.

Tapi lebih baik jangkrik yang digunakan adalah jenis jangkrik untuk aduan agar performanya lebih bagus. Taruh jangkrik di tempat yang sering didapati tikus kemudian biarkan saja dan dapatkan hasilnya.

2. Menggunakan Bahan Tertentu

Selain dengan berternak hewan tertentu, kita juga bisa mengusir tikus dengan menggunakan bahan-bahan tertentu. Bahan tersebut antara lain adalah :

Cuka Apel

Pada cuka apel terdapat beberapa kandungan yang telah dibuktikan banyak orang bahwa secara efektif dapat membantu mengusir tikus. Memang bahan ini tidak terlalu mahal sehingga cukup ramah lingkungan dan tepat bila dipakai untuk mengusir tikus.

Cara membuat ramuan pengusir tikus dengan cuka ini adalah cukup tuangkan cuka apel dan campur dengan air secukupnya (misal 1 liter cuka maka airnya 2 liter) kemudian semprotkan menggunakan alat bantu semprot ke tempat bersarangnya tikus dan tempat yang biasa dikunjungi tikus.

Lakukan secara rutin dan dapatkan dampak baiknya. Besar kemungkinan tikus akan menghindar dan pergi jauh dari tempat tersebut.

Durian

Setelah makan durian, lebih baik simpanlah kulit durian itu untuk digunakan sebagai media pembasmi tikus secara alami. Pada kulit durian terdapat duri-duri yang cukup tajam dan bau yang ditimbulkan durian sangat sedap bagi kita tetapi bagi tikus hal ini sangat tidak disukai karena sangat menyengat.

Duri-duri tajam yang ada pada durian dan bau yang cukup menyengat ini akan membantu kita mengusir tikus-tikus dirumah. Sehingga bila ada kulit durian, manfaatkan saja sebagai pembasmi tikus agar lebih aman dan membuat kita nyaman bila kita termasuk orang pecinta durian.

Daun Mint

Daun mint merupakan daun yang memiliki banyak manfaat terutama di bidang kesehatan, tetapi selain itu daun ini juga memiliki manfaat bagi kehidupan salah satunya untuk membantu mengusir tikus. Tikus sangat tidak suka pada bau yang ada pada daun mint.

Lebih baik bila memungkinkan tanam saja tanaman mint di rumah agar lebih hemat dan jika suatu saat kita butuh bisa mengambilnya tanpa membeli diluar.

Cara menggunakan daun mint untuk mengusir tikus adalah dengan mengambil minyak atau sari daun mint kemudian masukkan pada suatu wadah (lebih tepat semprotan saja) lalu guyur atau semprot ke tempat yang sering menjadi tempat tikus bersarang atau tempat yang sering dilalui tikus. Dengan kita melakukan beberapa kali cara ini maka besar kemungkinan nanti tikus akan menjadi pergi menjauh dari tempat itu.

Buah Mengkudu

Buah mengkudu adalah buah penuh manfaat di bidang kesehatan. Selain itu buah ini tak banyak diketahui juga memiliki manfaat untuk mengusir tikus.

Bau yang ada pada buah mengkudu kerap menjadi hal yang tidak disukai oleh banyak orang dan bukan hanya orang tapi tikus juga tidak menyukainya. Sehingga dengan itu kita bisa memanfaatkan buah mengkudu untuk mengusir tikus.

Caranya adalah dengan melakukan peletakan beberapa potong buah mengkudu pada tempat-tempat yang menjadi lalu tintas atau tempat tikus bersarang. Dengan demikian besar kemungkinan tikus akan pergi dari tempat itu.

Tips Saat Tikus Ada Dirumah

Rasa resah, takut dan bahkan sedih memang hal yang kerap kita rasakan bila dirumah ada hewan asing seperti tikus yang membuat kita tidak nyaman. Tapi agar kita bisa membuat keadaan menjadi lebih baik dan tidak berdampak lebih buruk sebaiknya mari simak beberapa tips menghadapi tikus yang ada dirumah ini. Beberapa tips yang lebih baik dilakukan saat kita menjumpai tikus ada di rumah adalah :

1. Simpan Makanan Dengan Baik

Bila tikus berada dirumah maka mereka bisa saja memakan semua makanan yang ada dirumah tanpa terkecuali apapun. Jadi lebih baik simpan dan kondisikan makanan pada tempat yang aman dan pastikan tikus tidak bisa menjangkaunya agar makanan bisa kita konsumsi lagi dan tidak dimakan tikus.

2. Rutin Bersihkan Tempat Sampah

Tikus merupakan hewan yang tidak jarang berkunjung ke tempat yang kotor seperti tempat sampah, sehingga lebih baik selalu segera buang sampah dan kotoran yang ada di dalam rumah pada tempat sampah yang ada di luar rumah agar tempat sampah sekaligus sampah yang ada di dalam tidak banyak dikunjungi tikus.

Ataupun minimal bila dikunjungi tikus menjadi tidak berantakan karena sampah telah dibuang sehingga rumah tetap bersih dan kondisi memungkinkan kita untuk sehat.

3. Jaga Kebersihan

Lakukan bersih-bersih secara rutin karena hal ini cukup penting. Selain untuk menjaga kesehatan, hal ini juga untuk menjaga agar rumah selalu bersih dan tikus-tikus yang bersarang dirumah menjadi cepat kabur karena tiada tempat kotor untuk digunakan sebagai sarang bila sarang tikus yang sebelumnya sudah kita bersihkan juga.

Demikian sedikit info yang dapat dibagikan mengenai cara tepat untuk mengusir tikus yang sudah terbukti ampuh. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Mishba7 blog



Baca juga :

2 Responses to "Cara Tepat Mengusir Tikus Terbukti Ampuh"

  1. Mau nanya, kalau membuat semprotan, campuran semua bau yang tidak disuka tikus, apa kah manjur, misalnya kapur barus campur cuka apel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dicampur saya kurang tahu karena saya belum pernah mencoba bagaimana bila bau-bau tersebut dicampur, jadi akan lebih baik bila sahabat coba terlebih dahulu dan setelah menemukan jawabannya langsung saja ulas pada komentar, agar pembaca yang lain bisa terbantu.. Terima kasih, Salam berbagi

      Delete

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih