Sepatah Kata Islami Sebagai Penyemangat Mencari Ilmu



Kata penyemangat - Sebagai seorang manusia biasa tentu kita memiliki perasaan semangat dan malas. Perasaan semangat dapat di ibaratkan sebagai perasaan atau dorongan baik untuk tetap berusaha keras berjuang mengapai sesuatu yang ingin diperoleh. Sedangkan perasaan malas dapat di ibaratkan adalah perasaan atau sebuah dorongan yang membuat ketidakmauan untuk melanjutkan dalam memperjuangkan impian.

Untuk menjadi sosok yang baik dan sukses, diperlukan sebuah motivasi untuk membuat diri menjadi kokoh dan tetap semangat. Perasaan malas dan ketidakmauan untuk berjuang harus dibuang jauh jauh untuk membuat diri menjadi optimis dan berhasil terutama dalam hal mencari ilmu.
Orang yang berhasil terlebih dahulu adalah orang yang berhasil mempertahankan semangatnya.
Ilmu sangat penting, didunia akhirat ilmulah yang dibutuhkan. Oleh karena itu mari cari ilmu sebanyak mungkin selagi masih ada waktu. Ketika didunia ilmu akan membuat kita menjadi dihargai. Begitu pula ketika di akhirat, ilmu adalah sebuah hal yang akan membuat derajat seseorang tinggi. Namun ilmu yang akan dibawa mati adalah ilmu yang manfaat.



Perlu diingat bahwa 3 hal yang dibawa mati adalah shodaqoh jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak yang sholeh. Ketiga hal tersebut perlu untuk diperjuangkan demi masa depan yang cerah di akhirat nanti. Berikut kami sajikan beberapa kata islami untuk membuat semangat berjuang mencari ilmu menjadi semakin kokoh dan berkobar.

Kata Islami Sebagai Penyemangat Dalam Mencari Ilmu

Beberapa kata-kata yang bisa dijadikan untuk penyemangat dalam mencari ilmu adalah :

1. Ingat Man Jadda Wajada ( مَنْ جَدّ وَ جَدًّ )

Artinya : ketika seseorang mau berusaha keras dan sungguh-sungguh maka apa yang di inginkan pasti berhasil.

2. Ingat Man yazra' yahshud ( مَنْ يَزْرَعْ يَحْصُدْ )

Artinya : Barang siapa yang menanam, pasti dia akan memetik atau siapa menabur, dialah yang akan menuai.

3. Ingat Man shobaro dzhofiro ( مَنْ صَبَرَ ظَفِرَ )

Artinya : Barang siapa yang bersabar maka dia akan beruntung.


Dengan cukup 3 kata-kata tersebut ketika Anda dapat memahami arti dan juga sekaligus maknanya maka insyaallah semangat akan terus berkobar dalam jiwa saat mencari ilmu.

Namun semua tergantung Anda, ketika Anda memiliki kemauan besar untuk berhasil maka dengan sendiri akan ada sebuah dorongan yang kuat untuk belajar dan belajar. Tholabul 'ilmi faridhotun ala kulli muslimin wa muslimat. Semangat.

Semoga membawa manfaat dan guna bagi semuanya - Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Sepatah Kata Islami Sebagai Penyemangat Mencari Ilmu"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih