Peredaran Darah Pada Manusia



Peredaran darah pada manusia - Yang akan kami ulas pada kesempatan kali ini adalah mengenai macam peredaran darah pada manusia, jalur peredaran darah, sistem peredaran darah limfe, dan alat peredaran darah manusia (jantung).


Gambar ilustrasi peredaran darah pada manusia

Macam Peredaran Darah

Adapun beberapa macam peredaran darah pada manusia antara lain adalah :

1. Peredaran darah kecil

Peredaran ini dimulai dari bilik kanan jantung --- > dilanjutkan ke paru-paru melewati arteri pulmonalis --- > dilanjutkan pada serambi kiri jantung melalui vena pulmonalis.

2. Peredaran darah besar

Peredaran dimulai dari bilik kiri jantung --- > dilanjutkan hingga ke seluruh tubuh melalui aorta --- > kemudian dilanjutkan pada serambi kanan jantung melalui vena kava.


Jalur Peredaran Darah

Pertama dimulai dari jantung --- > Aorta --- > Arteri --- > Arteriola --- > Kapiler --- > Sel - sel tubuh --- > Venula --- > Vena --- > Vena Kava --- > Jantung.

Sistem Peredaran Limfe atau Getah Bening

Merupakan peredaran darah terbuka yang dimulai dari jaringan tubuh dan kemudian berakhir pada pembuluh balik. Mempunyai fungsi untuk penyerapan lemak dari usus halus .

Peredaran limfe terdiri dari :
  1. Cairan limfe
  2. Kelenjar limfe, yang terdapat pada lipatan siku, lutut, paha, ketiak, leher, tonsil, dan amandel. Fungsinya adalah untuk menyaring dan mencegah infeksi lebih lanjut.
  3. Pembuluh limfe, terdiri dari dua jenis yaitu pembuluh limfe kanan yang merupakan cairan limfe yang berasal dari kepala, dada, leher, jantung, lengan sebelah kanan, dan paru-paru. Pembuluh limfe dada (kiri) yang asal cairannya adalah selain yang menuju pembuluh limfe kanan ( dari bagian kiri tubuh kita, sisi kanan pada bagian bawah tubuh, dan saluran pencernaan ).

Pembuluh Limfe adalah merupakan sebuah kelenjar tanpa saluran atau ductless yang memiliki hubungan erat dengan sistem sirkulasi. Memiliki fungsi menghancurkan sel darah merah yang sudah tua.

Pembuluh limfe terletak di antara sela otot. Pembuluh limfe berawal dari sebuah pembuluh yang besar lalu bercabang dan menjadi cabang yang halus. Setelah itu, bagian ujung cabang-cabang yang halus menjadi terbuka. Lewat bagian ujung pembuluh limfe yang membuka ini, pembuluh limfa dimasuki cairan jaringan tubuh.

Alat Peredaran Darah

Alat peredaran pada tubuh manusia adalah jantung. Jantung memiliki fungsi sebagai alat pemompa darah dan dialirkan ke seluruh tubuh. Dapat memompa darah karena jantung mendapat makanan dan O2 dari darah yang diangkut oleh arteri koronaria.

Dinding jantung terdiri dari :
  • Perikardium atau selaput pembungkus jantung
  • Miokardium atau otot jantung
  • Endokardium atau selaput yang membatasi ruang jantung

Jantung terdiri dari empat buah ruang yaitu dua Serambi atau atrium dan dua bilik ( ventrikel ). Diantara serambi kiri dan bilik kiri terdapat 2 katup yang disebut dengan valpulabikuspidalis. Diantara serambi kanan dan bilik kanan terdapat 3 buah katup disebut dengan valpulatrikuspidalis. Pada pangkal aorta (batang nadi) terdapat katub berbentuk bulan sabit yang disebut dengan valvula semilunaris.

Pada jantung sebuah janin, antara serambi kiri dan serambi kanan terdapat sebuah foramen ovale. Foramen ini adalah defek atau katup yang berperan sebagai pemisah atrium kanan dan kiri. Fungsi darinya adalah memungkinkan darah mengalir dari atrium kanan ke atrium kiri. Keadaan ini merupakan suatu keadaan yang normal, karena janin masih memakai sirkulasi dari seorang ibu. Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Peredaran Darah Pada Manusia"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih