Pengertian dan Jenis-Jenis Proposal



Pengertian, Proposal - Apa yang dimaksud dengan proposal ? Proposal adalah usulan, pengajuan atau permohonan mengenai sebuah rencana kegiatan kepada pihak lain yang dibuat secara sistematis, dan juga terperinci dengan tujuan agar mendapat sebuah dukungan baik itu berupa sebuah bantuan dana, perizinan atau lainnya.

Proposal kebanyakan dimanfaatkan atau dibuat untuk mengajukan sumbangan bantuan dana, dan meminta perizinan agar disetujuinya sebuah rencana kegiatan.

Pengertian dan Jenis-Jenis Proposal
Pengertian dan Jenis-Jenis Proposal

Pengertian Proposal Menurut Beberapa Ahli

  1. Proposal adalah sebuah rencana yang disusun untuk suatu kegiatan tertentu. [ Menurut Hasnun Anwar | 2004 : 73 ]
  2. Proposal merupakan sebuah alat bantu manajemen standar dengan maksud agar menajemen dapat berfungsi secara efisien. [ Menurut Jay | 2006 : 1  ]
  3. Proposal adalah sebuah rencana yang diwujudkan dalam bentuk rancangan kerja, atau perencanaan secara sistematis, matang dan teliti yang dibuat oleh peneliti sebelum melaksanakan penelitian, baik itu dilakukan penelitian di lapangan atau field research ataupun penelitian yang dilakukan di perpustakaan atau library research. Keterampilan menulis sebuah proposal perlu dimiliki setiap orang berpendidikan agar mereka terbiasa berpikir secara sistematis-logis sebagaimana di dalam langkah-langkah penulisan proposal. [ Menurut KBBI | 2002 ]
  4. Proposal merupakan sebuah rancangan dari suatu usulan atau masukan mengenai sebuah penelitian yang mana pada saat kemudian akan diimplementasi (dilaksanakan) oleh peneliti terhadap bahan penelitiannya. Dalam pengertian proposal ini itu berarti proposal sama halnya dengan usulan. [ Meurut sudut pandang dunia ilmiah ]

*Sumber pengertian proposal menurut para ahli diatas adalah situs ilmusahid


Jenis - Jenis Proposal Berdasarkan Bentuk

Berdasarkan bentuknya, proposal tersebut terbagi menjadi tiga (3) jenis, yaitu :

1. Proposal Formal

Ialah sebuah proposal yang berbentuk formal, terdiri dari tiga bagian utama, yaitu :
  • Pendahuluan
  • Isi proposal
  • Bagian penutup

Pendahuluan terdiri dari sampul awal, halaman judul, kata pengantar, ikhtisar, daftar isi, dan validasi atau pengesahan.

Bagian isi proposal terdiri dari latar belakang, batasan masalah, tujuan dalam hal ruang lingkup, ide dasar (asumsi dasar), metodologi, fasilitas, personil (sebuah susunan panitia), keuntungan dan kerugian, waktu, serta biaya.

Sementara pada bagian penutup berisi bibliografi atau daftar pustaka, tabel, dan lampiran.

2. Proposal Non Formal

Ialah sebuah proposal yang susunannya tidak selengkap proposal formal. Dalam pembuatan proposal jenis ini harus ada beberapa unsur yang antara lain adalah :
  1. Masalah
  2. Pemecah masalah
  3. Saran
  4. Dan permohonan

3. Proposal Semi formal

Proposal semi formal digolongkan menjadi dua (2) jenis, yakni :

1. Proposal Kegiatan Umum

Merupakan sebuah proposal yang berisi mengenai usulan atau rencana dari sebuah kegiatan umum.
Contohnya seperti bakti sosial, bazar, dll.

2. Proposal Kegiatan Ilmiah Sederhana

Merupakan sebuah proposal usulan kegiatan yang didalamnya berisi mengenai rencana kerja atau step by step (langkah) untuk melakukan suatu kegiatan ilmiah dalam bentuk sederhana. Contohnya seperti proposal pengamatan, proposal pengadaan diskusi ilmiah, dll.

Jenis - Jenis Proposal Secara Umum

Jika dilihat secara umum, jenis proposal dibagi menjadi empat (4) yaitu :

1. Proposal Bisnis

Ialah sebuah proposal yang dibuat oleh perorangan atau kelompok dengan maksud tak lebih adalah untuk usaha. Contohnya adalah seperti proposal pendirian usaha, proposal kerja sama antar perusahaan dan lain sebagainya.

2. Proposal Proyek

Ialah sebuah proposal yang tak jauh beda dengan proposal bisnis. Proposal proyek lebih mengacu pada sebuah proyek seperti proposal pengajuan pembangunan, proposal pengajuan proyek usaha bisnis dan lain sebagainya.

3. Proposal Penelitian

Ialah sebuah proposal yang sering digunakan dalam dunia akademis yang mana isinya adalah tak lebih dari pengajuan penelitian. Seperti contoh, penelitian untuk membuat skripsi dan lain-lain.

4. Proposal Kegiatan

Ialah sebuah proposal yang dibuat dan diajukan untuk terselengaranya sebuah kegiatan tertentu, baik oleh individu atau secara kelompok. Seperti contohnya proposal pertunjukan seni di desa.

Sumber referensi yang digunakan dalam ulasan ini adalah situs Ilmusahid dan Contohpedia. Demikian yang dapat disampaikan pada kesempatan ini. Semoga bermanfaat. Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Pengertian dan Jenis-Jenis Proposal"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih