Pengertian Otot Polos Beserta Jenis dan Ciri-Cirinya



Pengertian otot polos - Otot polos adalah otot yang termasuk dalam golongan otot tak sadar atau bekerja secara refleks. Otot polos merupakan otot yang jaringannya terdiri dari sel-sel otot yang polos yang mana memiliki bentuk polos seperti gelendong dengan kedua buah ujung yang meruncing / melancip serta memiliki satu inti tunggal.

Otot polos yang ada pada tubuh membentuk sebuah lapisan pada alat-alat di dalam tubuh manusia. Otot polos terdapat dalam alat atau organ pencernaan dan pembuluh darah, salah satu contohnya adalah membentuk dinding usus, dinding rahim dan saluran kelamin. Otot polos juga termasuk dalam 3 jenis otot yang ada didalam tubuh selain otot jantung dan otot lurik.

Pengertian Otot Polos Beserta Jenis dan Ciri-cirinya

Cara bekerja otot polos tersebut tidak menurut perintah otak, namun terjadi diluar kesadaran sistem saraf pusat atau otak. Oleh karena itu otot polos sering disebut juga dengan otot berdasarkan saraf otonom (tak sadar).


Ciri - Ciri Otot Polos

  • Memiliki bentuk seperti gelondong
  • Kedua ujungnya meruncing
  • Terdapat pada saluran peredaran darah dan organ pencernaan
  • Berkontraksi secara refleks ( karna bekerja diluar kesadaran )
  • Tidak memiliki garis melintang seperti halnya otot lurik
  • Tiap sel otot polos mempunyai satu inti sel tunggal yang letaknya berada di tengah
  • Termasuk otot tak sadar ( otonom )
  • Waktu kontraksi otot polos bekisar 3 hingga 180 detik
  • Bereaksi lambat 
  • Tidak mudah lelah ( terus-menerus bekerja walau kita tidur ).

Jenis-Jenis Otot Polos

Otot polos dibagi menjadi dua yakni otot polos unit tunggal (single unit) dan otot polos unit ganda (multi unit). Berikut dibawah ini penjelasan dari masing-masing jenis tersebut.

1. Otot Polos Unit Tunggal (Single Unit)


Ialah otot polos yang memiliki banyak serabut, serabut tersebut terdiri antara ratusan hingga jutaan yang saling berkontraksi dengan disertai membran sel yang melekat satu dengan yang lain pada tempat berbeda yang mengakibatkan mudahnya penyebaran serabut ke serabut yang lain. Intinya adalah otot ini tidak perlu stimulus saraf eksternal untuk berkontraksi.

-- > Contohnya adalah otot yang ada pada lapisan dinding organ berongga atau visera.

2. Otot Polos Unit Ganda (Multi Unit)

Ialah otot polos yang tersusun atau terdiri atas serabut yang bermacam-macam (berbeda) dan setiap serabut ini bekerja tanpa saling bantu-membantu atau lebih tepatnya bekerja secara sendiri. Intinya adalah otot ini membutuhkan stimulus saraf eksternal untuk dapat berkontraksi.

-- > Contohnya adalah otot yang ada pada mata yang berperan dalam memfokuskan lensa serta menyesuaikan ukuran pupil. Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Pengertian Otot Polos Beserta Jenis dan Ciri-Cirinya"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih