Pengertian Gelombang Beserta Jenisnya



Pengertian gelombang dan jenis-jenisnya - Istilah gelombang merupakan sebuah istilah yang tidak asing jika kita mempelajari ilmu fisika. Lantas, apa yang dimaksud dengan gelombang ? Pengertian dari gelombang atau wave adalah sebuah getaran yang merambat. Gelombang tersebut berjalan atau bergerak dengan membawa sebuah energi. Contoh dari gelombang adalah getaran atau gelombang yang ada di laut.

Pengertian Gelombang Beserta Jenisnya

Jenis-jenis dari gelombang ada beberapa macam. Yang mana gelombang dapat digolongkan berdasarkan arah getar atau arah rambat dan berdasarkan mediumnya

Berdasarkan arah getar dan arah rambatnya, gelombang dikelompokkan menjadi dua yaitu gelombang transversal dan gelombang longitudinal. Serta jika berdasarkan perantara atau mediumnya, gelombang dikelompokkan menjadi dua lagi yaitu gelombang mekanik dan elektromagnetik. Berikut penjelasan mengenai masing-masing gelombang tersebut dapat kalian pelajari dibawah ini.

Macam-Macam Gelombang

# Macam gelombang menurut getar dan arah rambatnya adalah :

1. Gelombang Transversal

Pengertian gelombang transversal tersebut adalah gelombang yang mempunyai arah rambat tegak lurus dengan arah getarannya. Sedangkan contoh gelombang transversal adalah gelombang laut, gelombang pada tali bergetar.

2. Gelombang Longitudinal

Pengertian gelombang longitudinal adalah sebuah gelombang yang arah rambatnya sejajar, atau bisa disebut searah dengan arah getarannya. Bentuknya adalah padatan atau rapatan dan renggangan. Contoh gelombang longitudinal merupakan per yang ada pada motor atau shockbreaker pada motor.

# Macam gelombang menurut perantara atau mediumnya adalah :

1. Gelombang Mekanik

Pengertian dari gelombang mekanik adalah gelombang yang membutuhkan media atau perantara dalam proses merambatnya. Jika tidak ada sebuah perantara yang membantu menghantarkan gelombang mekanik, maka gelombang ini tidak dapat berlangsung atau dihantarkan. Contohnya jika dalam kehidupan sehari-hari adalah gelombang bunyi. Ketika gelombang bunyi merambat dan sampai pada telinga kita pasti membutuhkan perantara udara, dan jika tidak ada udara maka gelombang bunyi tidak akan sampai pada telinga atau pendengaran kita.

2. Gelombang Elektromagnetik

Yang dimaksud dengan gelombang elektromagnetik merupakan sebuah gelombang yang dapat merambat tanpa membutuhkan media atau perantara. Lebih jelasnya adalah kebalikan dari gelombang mekanik. Contoh gelombang elektromagnetik adalah cahaya matahari, gelombang radio dan lain sebagainya.



Baca juga :

0 Response to "Pengertian Gelombang Beserta Jenisnya"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih