Pengertian dan Contoh Kalimat Tidak Langsung | Bahasa Indonesia



Bahasa Indonesia, Kalimat tidak langsung - Setelah kemarin kami berbagi mengenai kalimat langsung, sekarang kami kembali melanjutkan untuk berbagi mengenai pembahasan yang kedua yakni mengenai kalimat tidak langsung.

Kemarin sudah saya paparkan bahwa pengertian kalimat langsung merupakan sebuah kalimat yang sama persis dengan apa yang dikatakan orang yang berbicara, karena kalimat tersebut diambil dari kutipan langsung sebuah pembicaraan seseorang. 

Jika pada kalimat tidak langsung, pengertiannya tidaklah seperti itu melainkan ada sedikit perbedaan darinya. Berikut dapat Anda pelajari mengenai pengertian dan contohnya dibawah ini.

Pengertian dan Contoh Kalimat Tidak Langsung | Bahasa Indonesia

Pengertian Kalimat Tidak Langsung

Definisi dari kalimat tidak langsung adalah sebuah kalimat yang menunjukkan, melaporkan atau memberitahukan ucapan atau perkataan orang lain dalam bentuk berita.

Dari ungkapan atau pengertian tersebut, dapat diketahui bahwa kalimat tidak langsung merupakan kalimat yang sedikit berbeda dengan kalimat langsung, kalimat tidak langsung tidak perlu dituliskan menggunakan tanda petik ( “ ). Selain itu, kalimat langsung diperbolehkan untuk mengganti orang pertama (aku) menjadi orang ketiga (dia).

Kemudian, jika pada kalimat tidak langsung tersebut biasanya menggunakan tambahan kata “bahwa” sebagai penghubung.

Contoh Kalimat Tidak Langsung

Agar lebih jelas, berikut dapat Anda pelajari secara lebih dalam mengenai kalimat tidak langsung dengan mengidentifikasi dan memperhatikan kalimat yang ada pada beberapa contoh kalimat tidak langsung di bawah ini :
  • Kemarin, wartawan bertanya kepada kami semua apakah kami mengetahui informasi tentang kecelakaan tersebut.
  • Saat itu Pak Ustadz berkata bahwa jika kita ingin masuk surga, maka kita harus rajin beribadah.
  • Kak Lina mengatakan bahwa dia akan memasak makan malam untuk hari ini.
  • Zainal mengatakan bahwa aku harus datang ke pesta ulang tahun adiknya besok lusa.
  • Tania meminta kepada Ayahnya agar dia dibelikan tas baru untuk hadiahnya semester depan.
  • Tadi, Reza berkata bahwa dia akan pulang agak larut malam. 
  • Kakek berkata kepadaku bahwa aku harus selalu rajin belajar agar bisa menjadi orang yang besar nantinya.
  • Ibu berkata kepadaku bahwa seharian ini aku harus menemani adikku di rumah karena dia sedang sakit.
  • Sepulang sekolah, ibu guru berkata kepadaku untuk memberitahukan kepada kalian semua bahwa besok kita semua wajib mengikuti kegiatan bakti sosial.
  • Paman Herman berkata bahwa sekarang aku sudah semakin besar dan tumbuh menjadi gadis yang cantik.

Dengan adanya contoh tersebut dapat diketahui dengan jelas mengenai perbedaan antara kalimat langsung dengan kalimat yang tidak langsung.

Sebenarnya baik kalimat langsung maupun kalimat tidak langsung itu masing-masing merupakan jenis kalimat yang mudah untuk dipelajari dan dipahami. Semoga bermanfaat. Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Pengertian dan Contoh Kalimat Tidak Langsung | Bahasa Indonesia"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih