Pengertian dan Contoh Kalimat Langsung | Bahasa Indonesia



Bahasa Indonesia, Kalimat langsung - Pada pelajaran bahasa Indonesia dan ungkapan sehari-hari, kita mengenal tentang kalimat langsung dan kalimat tidak langsung. Dari kedua jenis atau macam kalimat tersebut, masing-masing dari kedua kalimat itu memiliki ciri-ciri dan pengertian yang berbeda. 

Namun pada kesempatan kali ini hanya akan kami bahas tentang pengertian dan contoh kalimat langsung terlebih dahulu. 

Oke, langsung saja pada pokok bahasan, pengertian kalimat langsung tersebut adalah sebuah kalimat yang berasal atau yang diambil dari hasil kutipan langsung dari pembicaraan orang lain, sehingga kalimat yang dijelaskan sama persis dengan apa yang dikatakan oleh orang tersebut.
Pengertian dan Contoh Kalimat Langsung | Bahasa Indonesia

Ciri - Ciri Kalimat Langsung

Kalimat langsung mempunyai ciri-ciri khusus sehingga mudah untuk dibedakan dengan jenis kalimat lainnya. Adapun ciri-ciri dari kalimat langsung adalah sebagai berikut :
  1. Awalan sebuah kalimat langsung harus ditandai dengan tanda petik ( “ ). 
  2. Kata pertama yang ada dalam kalimat langsung menggunakan huruf kapital.
  3. Antara kalimat petikan ("...") dengan sebuah kalimat pengiring harus dipisahkan menggunakan tanda baca koma ( , ).
  4. Jika ingin menggunakan kalimat langsung berupa dialog yang berurutan, harus menggunakan tanda baca titik dua ( : ) di depan kalimat langsung.

Setelah kalian ketahui ciri-ciri dari kalimat langsung diatas, tentu saat ini kalian dapat semakin mudah dalam membuat sebuah kalimat langsung.

Contoh kalimat langsung

Berikut dibawah ini kami ulas juga beberapa contoh dari kalimat langsung yang sesuai dengan ciri-ciri yang ada diatas, guna untuk semakin memudahkan kalian dalam memahami penjelasan dari kami.

Contoh :
  • Tante Misya berkata, “Aku akan menitipkan Dorin sebentar di sini, tolong beritahu Ibumu.”
  • “Jangankan mobil, sepeda tua saja aku tak punya”, kata Pak Sutarjo siang tadi.
  • Ayah bertanya, “Sudahkah kau belajar hari ini?”
  • “Apakah kau ada masalah?”, tanya Anni.
  • Nandia mengatakan, “Aku belum terbiasa memakai make up yang seperti ini,” padahal Riana mengatakan, “Make up yang dikenakan Nandia membuatnya terlihat semakin cantik.”

Mengucapkan kata-kata secara langsung memang lebih mudah daripada membuatnya dalam bentuk tulisan. Setelah mengetahui dan membaca artikel ini, dapat diketahui bahwa kalimat langsung merupakan jenis kalimat yang mudah untuk dipelajari dan mudah untuk diterapkan.

Ketika membuat kalimat langsung, pastikan untuk menggunakan tanda baca yang sesuai dan benar agar tidak terjadi kesalahan dalam penulisannya. Sumber referensi artikel ini adalah situs kelas Indonesia. Semoga bermanfaat. Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Pengertian dan Contoh Kalimat Langsung | Bahasa Indonesia"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih