Cara Untuk Mempercepat Proses Penguapan dalam Fisika



Proses penguapan dalam Fisika - Penguapan adalah perubahan suatu benda atau zat dari wujud cair menjadi gas. Pengertian penguapan adalah kebalikan dari pengertian pengembunan atau kondensasi. Dalam proses penguapan. zat atau benda tersebut dapat menguap dengan bantuan kalor. 

4 Cara Untuk Mempercepat Proses Penguapan dalam Fisika

Contoh penerapan penguapan dalam kehidupan sehari-hari salah satunya adalah seperti pada saat seorang petani mengeringkan padinya. Saat padi yang tadinya masih sedikit basah di jemur dibawah terik matahari (kalor) maka padi otomatis akan menjadi kering karena terjadi proses penguapan. Dalam hal ini menunjukkan bahwa proses penguapan juga bermanfaat bagi kehidupan.
Bagaimana cara mempercepat proses penguapan pada benda cair ?
Proses penguapan yang terjadi pada suatu benda atau zat cair dapat dipercepat dengan beberapa cara yang mana dapat kalian pelajari dibawah ini.

Cara Mempercepat Proses Penguapan

Faktor yang dapat mempengaruhi proses penguapan agar terjadi lebih cepat adalah :

1. Memanaskan Zat Cair

Jika panas yang ada pada suatu zat cair ditambah maka hal ini akan membuat molekul-molekul yang ada didalam zat atau benda cair mengalami pertambahan besar sehingga proses penguapan akan menjadi semakin cepat.

Seperti contohnya, proses penguapan akan terjadi semakin cepat pada saat menjemur pakaian basah dibawah terik cahaya matahari yang cukup panas. Pada waktu ini, pakaian akan cepat kering karena adanya kalor yang cukup sehingga proses penguapan dapat berlangsung dengan baik.

2. Memperluas atau Memperbesar Permukaan Zat Cair

Proses penguapan dapat dipercepat dengan cara memperluas atau memperlebar permukaan yang ada pada zat cair yang mana dapat di ibaratkan seperti halnya pada saat kita meminum kopi, kopi yang panas mengalami penguapan akan cepat dingin ketika dituangkan pada piring atau tempat yang sedikit lebar.

3. Mengalirkan Udara diatas Permukaan Zat Cair

Tak jauh beda dengan perumpamaan kopi diatas, dalam hal ini contohnya juga dapat berupa kopi panas. Kopi yang panas (mengalami penguapan) akan cepat dingin jika diberikan sebuah tiupan atau dialiri udara diatas permukaannya.

4. Mengurangi Tekanan

Penguapan dapat dipercepat salah satunya adalah dengan cara mengurangi tekanan suatu zat cair. Dapat dicontohkan pada saat penjemuran pakaian. Ketika panas matahari yang ada tidak terlalu panas saat melakukan penjemuran baju, tentu baju akan menjadi kering dalam waktu yang sedikit lebih lama, namun jika panas yang ada kurang dan tekanan udara yang ada cukup kencang maka tidak menutup kemungkinan baju tetap akan cepat kering. Oleh karena itu pengurangan tekanan pada zat cair dapat membuat proses penguapan menjadi lebih cepat.

Kesimpulan

Proses penguapan dapat dipercepat dengan 4 cara yaitu :
  • Memanaskan Zat Cair
  • Memperluas atau Memperbesar Permukaan Zat Cair
  • Mengalirkan Udara diatas Permukaan Zat Cair
  • Mengurangi Tekanan



Baca juga :

2 Responses to "Cara Untuk Mempercepat Proses Penguapan dalam Fisika"

  1. salam kenal Mishba7....
    sepertinya nomer 3 & 4 hubungannya lebih erat lagi deh...ingat hubungan kecepatan alir udara dengan tekanan?
    contoh yang mungkin lebih pas ada pada prinsip kerja alat penyemprot obat nyamuk ( yang model lama yg seperti pompa, bukan kaleng spray ya)

    makasih share nya, inshaAllah manfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mas Ariefjo...
      Terima kasih atas masukannya :-)

      Sama-sama, Amin

      Delete

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih