Cara Tepat Meningkatkan Semangat Belajar



Cara, Meningkatkan semangat belajar - Terkadang sering rasanya dalam benak hati seorang pelajar terlintas fikiran " Bagaimana cara meningkatkan semangat belajar supaya tidak malas ? ". Hal ini sering terjadi karena banyak dari beberapa orang merasa jenuh, kesal, ngantuk atau lesu saat dalam keadaan belajar.

Belajar adalah sebuah keadaan dimana otak berusaha merespon, menyerap, dan menstimulasi hal baru untuk masuk dan disimpan dalam otak sehingga akan menimbulkan dampak perubahan pada akhirnya. Sebagai orang yang telah belajar, dia dapat dikatakan sudah belajar ketika dirinya sudah mengalamai perubahan.

Nah, seharusnya belajar perlu dilakukan dengan enjoy, ikhlas, penuh semangat dan dengan senang, supaya hal baru mudah diserap oleh otak sehingga pengetahuan baru mudah masuk kedalam fikiran dan tidak hanya terlintas saja.

Cara Tepat Meningkatkan Semangat Belajar

Tak jarang kita sudah melakukan belajar dengan semangat, namun kadang semangat dalam belajar ini berubah menjadi terang dan kadang menjadi redup karena tergantung pada mod atau keadaan.

Semangat sangat dibutuhkan dalam belajar karena coba ingat kata-kata ini :

"Seorang yang sukses adalah seorang yang mampu mempertahankan semangatnya disaat orang lain sedang dalam keadaan hilang semangat"

Menjadi pribadi yang terus bersemangat adalah suatu hal yang penting, namun kita sadari sendiri bahwa banyak sekali kendala yang dapat membuat semangat kita menjadi luntur dan menurun.

Oleh karena itu dibawah ini mari kita pelajari bersama bagaimana cara meningkatkan semangat dalam kondisi dan situasi apapun supaya kelak dimasa depan kita dapat menjadi orang yang sukses dalam meraih impian.

Cara Meningkatkan Semangat Belajar

Adapun cara dan usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan semangat belajar antara lain adalah :

1. Mencari motivasi

Mencari motivasi maksudnya adalah mengali sebuah motivasi yang dilakukan oleh diri sendiri dengan maksud dan tujuan untuk mambangun prinsip baik demi terciptanya masa depan yang cerah.

Hal ini sangatlah mendukung supaya semangat tetap ada. Coba fikirkanlah masa depan agar dalam benak hati terukir sebuah semangat untuk berjuang. Hidup ini tidaklah mudah dan hidup ini penuh dengan persaingan, sehingga jika tidak belajar maka nanti akan kalah dengan yang lain. Nah seperti itu sedikit contoh motivasi yang bisa diambil untuk menguatkan hati agar dalam diri ada semangat keras untuk belajar.

2. Tempel gambar atau tulisan pada dinding

Menempel sebuah kata-kata, gambar atau suatu hal yang dapat memotivasi diri pada dinding yang dekat dengan tempat belajar atau kamar adalah salah satu cara yang tepat untuk dilakukan agar semangat belajar tetap ada.

3. Selalu mendekat atau bergaul dengan emas

Maksud selalu bergaul atau dekat dengan emas adalah usahakan bergaul atau dekat dengan seorang teman yang memiliki sifat suka dan rajin dalam belajar serta berprestasi. Jika demikian maka Ingatlah dan percaya bahwa : 
Bila Anda berada didekat penjual minyak wangi, sedikit atau banyak pasti Anda akan ikut wangi (harum)
4. Buat Kontrak Perjanjian Diri

Maksud dari buat kontrak perjanjian diri adalah membuat sebuah perjanjian kepada diri sendiri. Semisal jika Anda berhasil mencapai suatu target maka Anda akan memberi hadiah pada diri Anda sendiri dan semisal gagal maka hukumanlah yang akan anda berikan pada diri sendiri.

5. Rubah Mindset (Pola Fikir)

Rubah mindset atau pola fikir menjadi optimis dan pesimis. Ketika Anda berfikir optimis dalam menanggapi bagaimana sebuah ilmu tersebut dan paham akan dampak akhirnya bahwa ilmu sangat berguna dan manfaat maka dalam diri Anda akan tercipta sebuah pondasi motivasi dengan sendirinya sehingga menimbulkan semangat dalam belajar dan semangat dalam mencapai apa yang Anda inginkan.

Baca juga : Doa Sesudah Belajar Lengkap Beserta Terjemah Dalam Bahasa Indonesia

6. Berdo'a
    Semua hal tidak akan terjadi ketika Allah Subhanahu Wata'allah tidak meridhoi, tidak menghendaki atau tidak menjadikan hal itu terjadi. So mari berusaha dan terus berdo'a agar kita semua diberi sebuah hidayah dan apa yang kita inginkan dapat tercapai. Amin. Semoga bermanfaat. Mishba7 blog



    Baca juga :

    0 Response to "Cara Tepat Meningkatkan Semangat Belajar"

    Post a Comment

    Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih