Mengenal Recount Text Dalam Bahasa Inggris



Bahasa inggris tentang recount text - Di dalam pelajaran Bahasa Inggris ada beberapa jenis teks yang harus dikenal dan dipelajari terutama saat berada di bangku sekolahText tersebut seperti descriptive text, report text, narrative text, dan salah satu jenis teks yang dipelajari lainnya yakni recount text.

Kata recount sendiri memiliki arti terkait pengulangan kembali sehingga pengertian recount text dapat diartikan sebagai teks bahasa inggris yang menceritakan kembali tentang pengalaman, kegiatan maupun kejadian lainnya yang pernah terjadi di masa lalu.

Sementara secara harafiah recount text memiliki arti menceritakan. Sedangkan definisi recount text yang mengacu pada buku-buku sekolah adalah sebuah teks yang menceritakan tentang sebuah cerita, aksi, aktivitas ataupun pengalaman dengan tujuan untuk memberikan informasi dan dapat digunakan untuk menghibur pembacanya.

Recount text bisa berisi tentang pengalaman pribadi seorang penulisnya, mengenai tentang pengalaman yang menyenangkan hingga pengalaman yang menyedihkan.

Biasanya recount text sering digunakan dan dipakai ketika menulis diary. Selain itu, ketika di bangku sekolah, guru sering kali meminta muridnya untuk membuat recount text untuk menceritakan aktivitas selama liburan sekolah.

Mengenal Recount Text - Bahasa Inggris

Ilustrasi Recount Text

Dalam hal pembuatan text ini, ada beberapa hal yang umumnya harus diketahui yang mana hal tersebut cenderung pada sisi struktur atau susunan textnya. Untuk membuat recount text ada beberapa susunan yang harus diperhatikan.

Generic Structure atau Susunan Recount Text

Susunan yang harus diperhatikan untuk membuat recount text antara lain adalah :

1. Orientation

Orientation merupakan bagian pengenalan yang memberikan informasi tentang siapa pelaku yang dimaksud dalam cerita tersebut, dimana kejadian atau kegiatan tersebut berlangsung dan kapan kejadian atau peristiwa tersebut terjadi di masa lampau.

2. Events

Events merupakan bagian yang berisi tentang penyampaian peristiwa secara kronologis, mulai dari awal kejadian hingga akhirnya. Biasanya pada bagian ini sering juga di isi komentar pribadi tentang sebuah kejadian atau kegiatan yang sedang diceritakan. 

3. Reorientation

Bagian ini merupakan rangkuman dari cerita, di dalamnya terdapat pengulangan yang ada pada bagian orientation, rangkuman rentetan peristiwa dan rangkuman mengenai kejadian atau kegiatan yang diceritakan.

Recount text termasuk text yang tergolong mudah untuk dikenali karena mempunyai ciri-ciri yang khas, diantaranya menggunakan past tense, memakai adverbs dan adverbial phrase, menggunakan action verb serta menggunakan conjuction dan time connectives.

Demikian sedikit ulasan mengenai recount text dalam pelajaran bahasa inggris. Artikel ini diulas dengan memakai referensi dari situs englishindo dan belajar bahasa inggris. Semoga bermanfaat. Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Mengenal Recount Text Dalam Bahasa Inggris"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih