Mengenal dan Mengetahui Descriptive Text



Bahasa Inggris, Descriptive Text - Sama seperti yang kita pelajari di dalam pelajaran Bahasa Indonesia, di dalam pelajaran Bahasa Inggris juga terdapat teks deskripsi atau yang lebih dikenal dengan sebutan descriptive text.

Kata diskripsi atau descriptive memiliki arti sebagai penggambaran, sehingga bisa dikatakan bahwa descriptive text merupakan teks yang menjelaskan tentang gambaran sesuatu seperti seseorang, benda, tempat, monumen atau objek lainnya.

Dalam descriptive text tersebut ada sebuah struktur teks yang harus dipatuhi agar teks dianggap sebagai sebuah teks yang baik dan benar. Berikut generic structure dari descriptive text bisa kalian pelajari di bawah ini.

Generic Structure ( Struktur Umum Text )

Adapun beberapa struktur descriptive text diantaranya adalah :

1. Identification ( Identifikasi )

Sesuai dengan namanya, identification atau identifikasi merupakan pendahuluan yang berisi tentang gambaran umum mengenai topik yang akan dibahas di dalam teks.

2. Description ( Deskripsi )

Bagian yang kedua ini berisi tentang penggambaran atau penjelasan (ciri-ciri khusus) yang dimiliki oleh topik yang sedang dibahas sehingga pembaca dapat dengan mudah menebak-nebak apa yang dimaksudkan di dalam teks tersebut.

Tak hanya susunan penulisannya yang harus diperhatikan agar terlihat baik dan benar ketika di baca, descriptive text juga memiliki ciri-ciri yang ada padanya. Ciri tersebut bisa kalian pelajari dibawah ini.

Ciri-Ciri Descriptive Text

Adapun beberapa ciri dari descriptive text yaitu :
  • Teks harus menggambarkan atau menjelaskan tentang sebuah topik
  • Menggambarkan atau menjelaskan objek secara spesifik
  • Teks harus bersifat komunikatif dan harus mudah dipahami oleh pembaca ataupun pendengarnya
  • Dapat membuat pembaca tertarik untuk membacanya dan dapat membuat pendengar tertarik untuk mendengarkannya
  • Teks harus menggunakan simple present tense dan menggunakan attribute verb, seperti be, (am, is, are)

Selain itu semua, ada hal terpenting lainnya yang harus diperhatikan ketika ingin membuat descriptive text yang baik, ketahuilah bahwa hal itu adalah dalam hal penyampaiannya.

Oleh karena itu penulis text harus mengetahui kata sifat dalam bahasa inggris (adjective) dan penulis harus membuat struktur penulisan yang baik agar dapat menyampaikan dengan baik pula dan tidak terkesan kaku.

Demikian sedikit ulasan mengenai descriptive text yang dapat disampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat. Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Mengenal dan Mengetahui Descriptive Text"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih