Cara Mengetahui Nomor Induk Siswa Nasional Dengan Mudah



Cara, Mengetahui Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) - Tak jarang banyak diantara kita yang sering kehilangan, lupa, atau kebingungan dalam mencari NISN yang entah kemana padahal masih dibutuhkan. Tapi sekarang santai saja dan jangan resah, karena dengan perkembangan zaman ini semua hal menjadi semakin mudah untuk dilakukan. Khususnya secara mudah dengan jalan online  setiap siswa atau siapa saja bisa melihat nomor induk nasionalnya jika mengetahui identitas pemilik NISN. 

NISN adalah nomor yang sifatnya kombinasi dari angka-angka yang terdiri dari 10 digit yang mana 3 digit awalnya merupakan tiga angka belakang tahun lahir dari pemilik NISN tersebut. NISN dibutuhkan oleh siswa dari mulai Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

NISN bersifat permanen dan tidak bisa dirubah semaunya sendiri. Jadi otomatis nomor ini sangat dibutuhkan oleh seorang siswa yang kelak melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi seperti saat mendaftar SNMPTN, SBMPTN untuk sekolah Strata 1 (S1). 

Untuk memudakan semua dalam mencari NISN, berikut caranya kami ulas dibawah ini. Langsung saja mari simak cara mudah mencari dan menemukan NISN dengan hanya menggunakan nama, tempat lahir, dan tanggal lahir di Internet ini.

Cara Mencari Nomor Induk Siswa Nasional

Adapun beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengetahui nomor induk siswa nasional dengan mudah yaitu :

1. Petama silahkan kunjungi halaman kemdikbud data nisn di http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data

Cara Mengetahui NISN Para Siswa Dengan Mudah | Nomor Induk Siswa Nasional

2. Ketika NISN hilang, maka untuk mempermudah pencarian, langsung saja sorot dan klik pada bagian Pencarian Berdasarkan Nama, terus setelah itu langsung isi tiga buah data diri yang ada secara benar.

Format pengisian nama tetap dikasih spasi, dan tanggalnya dapat diisi dengan mencari tanggal yang cocok dengan mengeklik kotak kecil pada sisi kanan kolom isian tanggal. Namun jika lebih mudahnya langsung saja ketik tanggal, bulan dan tahun seperti 07/08/1997.
Jangan sampai salah saat memasukan identitas pemilik nisn, karena kalau salah maka data tidak akan ditemukan

3. Kemudian setelah selesai mengisi identitas yang tertera dengan lengkap dan betul, silahkan lanjutkan langkah dengan menekan tombol "Cari" yang ada pada sisi kiri bawah dalam kolom pencarian NISN. 

4. Tunggu sampai muncul kotak dengan isi Nomor Induk Siswa Nasional, nama, jenis kelamin, tempat lahir dan tanggal lahir seperti gambar dibawah ini.
Cara Mengetahui NISN Para Siswa Dengan Mudah | Nomor Induk Siswa Nasional

5. Selesai.

Gambar diatas kami ambil dari situs kemdikbud

Demikian sedikit tutorial tentang cara atau tips mencari NISN yang hilang dengan mudah secara online. Tulisan ini kami ulas dengan menggunakan referensi situs sharing-infokuliah. Semoga bermanfaat. Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Cara Mengetahui Nomor Induk Siswa Nasional Dengan Mudah"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih