Cara Mengatur Format Nomor Halaman Pada Word 2013



Cara mengatur nomor halaman Microsoft Office Word agar pada beberapa dari banyak halaman memiliki format berbeda - Ketika membuat buku, makalah, proposal, skripsi dan lain-lain tak jarang selalu dibutuhkan nomor halaman agar dapat memudahkan seorang pembaca untuk mencari dan membacanya sesuai dengan urutan yang ada di dalam daftar isi. 

Nah, biasanya pasti ada beberapa dari banyak nomor pada sebuah halaman yang mengharuskan untuk diatur dengan format berbeda meski masih dalam satu file. Untuk mengatur penomoran tersebut sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan, tapi untuk yang belum mengetahui cara mudahnya bagaimana pasti akan merasa kebingungan.

Berdasarkan informasi yang kami ketahui, inilah cara yang dapat dilakukan untuk mengatur nomor pada sebuah halaman agar dapat memiliki format beda namun masih dalam satu file pada Microsoft Office Word 2013.
Cara Mengatur Nomor Halaman Agar Format Beda Pada Microsoft Office Word 2013

Cara Mengatur Nomor Halaman dengan Format Berbeda di Ms. Office Word 2013

Adapun beberapa langkah-langkahnya yaitu :

1. Untuk membuat halaman dengan angka romawi di tengah kertas yang biasa digunakan pada kata pengantar, caranya klik insert pada group menu Header dan Footer

2. Klik Page Number kemudian setelah itu pilihlah Buttom of page lalu pilih number 2, untuk mengubah angka standar menjadi sebuah angka romawi, klik pada page number dan pilih format page number (i, ii, ii..dst) , tekan Ok.

Langkah membuat angka romawi di tengah kertas

3. Jika ingin membuat halaman menjadi angka standar dan memulainya dari angka 1 setelah angka romawi atau tanpa merubah format sebelumnya, maka harus membuat section break yaitu dengan meletakkan kursor pada bagian halaman

4. Kemudian klik Ribbon Page Layout dan klik Breaks pada Page setup

5. Lalu pilih Next page

6. Kemudian klik ganda pada nomor halaman atau footer yang akan diubah menjadi beda dan pada ribbon design, group menu navigation silahkan nonaktifkan tombol link to previuous, klik hingga tak berwarna biru lagi. 

7. Hapus nomor tersebut, kemudian pada ribbon design, gropup menu Header dan Footer, lalu klik page number dan pilih format page numbers, setelah itu ganti angka yang ada dengan angka halaman yang Anda mau.

Langkah membuat angka romawi dan angka yang beda

Baca juga : Rumus Penjumlahan dan Pengurangan Excel

Demikian beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatur nomor halaman dengan format berbeda dalam satu file pada Microsoft Word 2013. Perhatikan langkah-langkahnya dengan teliti agar tidak terjadi kesalahan atau kekeliruan sehingga hasilnya benar sesuai harapan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Cara Mengatur Format Nomor Halaman Pada Word 2013"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih