Cara Membuat Presentasi atau PPT Simple Mudah Dimengerti



Cara, Microsoft Office PowerPoint - Lembar kerja yang biasa digunakan untuk membuat dan menampilkan presentasi adalah PowerPoint Presentation atau yang lebih dikenal dengan PPT.

Di dalam Microsoft Office PowerPoint Presentation terdapat banyak sekali desain yang dapat dipilih untuk memperindah tampilan hasil presentasi.

Membuat presentasi tidak boleh sembarangan untuk dilakukan, ada hal-hal yang harus dilakukan untuk membuat tampilan powerpoint menjadi simple dan mudah untuk dimengerti orang lain.

Percuma saja bukan, bila powerpoint yang kita punya menggunakan desain yang beragam dan bagus tapi isi presentasi tersebut tidak mudah dimengerti oleh orang lain.

Oleh karena itu, berikut ini akan kami sajikan beberapa cara untuk membuat presentasi atau PPT simple agar presentasi kita mudah diterima dan dimengerti oleh orang lain.

Cara Membuat Presentasi atau PPT Simple dan Mudah Dimengerti
Presentasi atau PPT Simple Mudah Dimengerti

Membuat Presentasi Simple dan Mudah Dipahami

Langkah-langkah untuk membuat jenis ppt yang simple dan mudah dimengerti atau dipahami diantaranya adalah :

1. Menambahkan Gambar

Agar presentasi atau PPT tidak terlihat membosankan, tambahkan foto atau gambar objek nyata. Disarankan untuk memperhatikan foto atau gambar yang akan digunakan, pilihlah foto atau objek gambar nyata yang dapat meningkatkan pemahaman audiens.

2. Menambahkan Icon

Untuk membuat slide presentasi yang baik harus menggunakan icon seperti gambar maupun simbol agar presentasi terlihat menarik. Namun, jangan menggunakan icon secara berlebihan karena bila berlebihan hanya akan memberikan kesan yang berlebihan dan tidak enak.

3. Memakai Video

Agar presentasi mudah dimengerti oleh audiens dan untuk mendapatkan pemahaman yang kuat dari orang yang menyaksikannya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menambahkan video, diantaranya adalah video harus sesuai dengan tujuan presentasi dan perhatikan pula durasi video yang akan digunakan agar sesuai dan usahakan durasi tidak terlalu panjang agar tidak menimbulkan kesan bosan kepada audiens.

4. Menggunakan Grafik

Agar sebuah presentasi yang berhubungan dengan angka terlihat lebih simple dan mudah untuk dimengerti oleh audiens, alangkah lebih baiknya gunakanlah dalam bentuk grafik.

5. Menggunakan Diagram

Selain grafik, diagram juga dapat digunakan dalam membuat presentasi atau PPT, agar apa yang kita buat dan disampaikan di dalam PPT menjadi mudah dimengerti dan dipahami oleh audience.

Kesimpulan

Ketika membuat powerpoint presentasi, jangan hanya berfokus pada sisi tampilan saja, melainkan buatlah powerpoint yang simple dan dengan ciri unik agar orang semakin memperhatikan sehingga isi ppt mudah dimengerti oleh orang lain.

Kemudian, jangan menggunakan icon, gambar atau yang lainnya dalam jumlah yang berlebihan karena hal tersebut dapat menambah lamanya durasi sehingga dapat membuat orang yang menyaksikannya menjadi bosan.

Demikian mengenai cara membuat ppt dengan simple dan mudah dimengerti. Semoga bermanfaat. Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Cara Membuat Presentasi atau PPT Simple Mudah Dimengerti"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih