Pengertian, Tujuan dan Struktur Report Text | Bahasa Inggris



Bahasa Inggris, Report Text - Ketika sudah berbicara tentang report text pasti yang berada di dalam pikiran lainnya adalah descriptive text.

Mengapa demikian? Hal ini disebabkan banyak orang yang beranggapan bahwa kedua jenis text tersebut mempunyai banyak persamaan sehingga membuat mereka kebingungan untuk membedakannya. Padahal sebenarnya, keduanya mempunyai perbedaan yang cukup jelas.

Pengertian, Tujuan, Struktur, Report Text | Bahasa Inggris

Pengertian Report Text

Pengertian report text adalah jenis teks yang memberikan informasi tentang hasil penyelidikan atau memberikan informasi berupa teks laporan maupun informasi secara umum. 

Dari pengertian diatas, dapat diketahui bahwa perbedaan report text dan descriptive text tersebut cukup jelas yaitu, report text menjelaskan sesuatu secara umum sedangkan descriptive text menjelaskan sesuatu secara khusus.

Tujuan Report Text

Report text mempunyai tujuan untuk memberikan informasi tentang gejala maupun peristiwa setelah dilakukan investigasi, penyelidikan dan berbagai pertimbangan lainnya.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa report text merupakan informasi yang disampaikan secara umum sesuai dengan kenyataan yang ada atau dari hasil pengamatan dan penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya.

Walaupun mempunyai jumlah struktur atau susunan yang sama dengan descriptive text, namun report text mempunyai jenis struktur atau susunan yang berbeda.

Struktur Report Text

Struktur umum yang dimiliki oleh report text tersebut antara lain adalah :

1. General Clasification

General Clasification merupakan pernyataan umum yang berisi tentang pengenalan fenomena atau benda yang ingin dibicarakan, subjek laporan, keterangan beserta klasifikasinya.

2. Description

Description merupakan bagian yang berisi tentang penjelasan atau gambaran fenomena, benda yang sedang dibahas di dalam teks. Description di dalam report text juga bisa dikatakan sebagai penjabaran dari klasifikasi informasi yang disajikan secara ilmiah.

Pada umumnya, report text dibuat oleh penulis untuk menulis sebuah artikel ilmiah atau informasi ilmiah.

Ada beberapa kaidah kebahasaan yang harus dipahami sebelum membuat report text yang diantaranya adalah menggunakan general nouns, mengunakan relating verb, menggunakan action verb dalam menjelaskan perilaku, menggunakan present tense untuk menyatakan suatu yang umum serta menggunakan istilah ilmiah.

Demikian sedikit mengenai pengertian, tujuan dan struktur report text dalam bahasa Inggris. Artikel ini memakai referensi dari situs kuliahbahasainggris, englishindo, dan smansax1-edu. Semoga bermanfaat. Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Pengertian, Tujuan dan Struktur Report Text | Bahasa Inggris"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih