Pengertian Narrative Text | Bahasa Inggris



Bahasa inggris, Teks Narrative - Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, bahasa Inggris merupakan bahasa yang ditetapkan sebagai bahasa Internasional. Oleh karena itu, bahasa ini harus dipelajari oleh masyarakat luas untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang berasal dari negara lain.

Di dalam pelajaran bahasa inggris kita diperkenalkan dengan banyak jenis text yang diantaranya adalah Narrative Text, Recount Text, Descriptive Text, Report Text dan lain sebagainya.

Pengertian Narrative Text | Bahasa Inggris
Narrative Text

Di antara semua itu yang sering dijumpai di dalam pelajaran SMP dan SMA adalah Narrative Text. Pada pelajaran bahasa Indonesia, Narrative Text sama halnya dengan teks narasi atau paragraf narasi yang menceritakan tentang kisah imajinatif dengan tujuan untuk menghibur, seperti cerita Snow White, Cinderella, Beauty and The best dan masih banyak lagi.

Susunan Narrative Text

Ada susunan tertentu yang harus dipenuhi ketika membuat Narrative Text. Adapun diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Orientation : Bagian ini merupakan paragraf pembuka yang berisi tentang pengenalan tokoh, waktu dan tempat terjadinya cerita.
  • Complication : Bagian ini merupakan paragraf dimana permasalahan di dalam cerita mulai muncul atau mulai terjadi, kemudian permasalahan tersebut berkembang dan semakin memuncak. Dengan kata lain, complication adalah puncak masalah di dalam cerita.
  • Resolution : Paragraf ini menceritakan tentang cara penyelesaian masalah yang terjadi (solusinya). Secara keseluruhan, resolution merupakan akhir dari cerita bisa menggunakan happy ending ataupun sad ending.

Terkadang, kita menjumpai ada Narrative Text yang terdiri dari Orientation-Complication-Evaluation-Reorientation. Susunan Evaluation dan Reorientation memang jarang ditemukan di dalam Narrative Text karena boleh ditambahkan dan boleh tidak.

Evaluation di dalam bahasa Indonesia berarti evaluasi yang berisi tentang penilaian terhadap jalannya cerita. Sementara Reorientation berisi tentang kesimpulan di akhir cerita.

Tak hanya itu saja, syarat Narrative Text yang baik harus menggunakan tata bahasa atau Grammar yang baik. Hal ini bertujuan agar cerita mudah dipahami dan enak untuk dibaca atau diceritakan karena biasanya guru bahasa Inggris mengajak serta dan menugaskan muridnya untuk menceritakan dalam bentuk Storytelling, yaitu berbicara bahasa inggris dengan membawakan  cerita narasi atau Narrative Text di depan kelas.

Semoga bermanfaat | Mishba7 Blog



Baca juga :

2 Responses to "Pengertian Narrative Text | Bahasa Inggris"

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih