Pengertian Sentralisasi, Desentralisasi, Dekonsentrasi Beserta Contoh



Sentralisasi desentralisasi dan juga dekonsentrasi merupakan salah satu dari banyak hal yang dipelajari di bidang PKN. Untuk mencapai keadaan yang baik (good condition) pada penyelenggaraan suatu negara tentu diperlukan sebuah kerjasama yang baik dalam kekuasaan, dalam pelimpahan atau pemberian wewenang antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah.

Mungkin banyak yang sering mendengar hal-hal yang telah disebutkan di atas. Tapi apakah teman-teman sudah tahu, apa yang disebut dengan sentralisasi, desentralisasi dan dekonsentrasi ? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Sentralisasi, Desentralisasi, Dekonsentrasi Beserta Contoh
Sentralisasi, Desentralisasi, Dekonsentrasi

Pengertian dan Penjelasan Sentralisasi

Sentralisasi adalah sebuah penyerahan kekuasaan dan juga wewenang pemerintahan secara penuh kepada pemerintah pusat. Pemerintahan pusat yang dimaksud dalam hal ini adalah presiden dan juga dewan kabinet.

Yang dimaksud dengan kewenangan adalah kewenangan politik serta kewenangan administrasi. Kewenangan politik merupakan sebuah kewenangan yang membuat dan juga memutuskan kebijakan,.

Sedangkan yang dimaksud dengan kewenangan administrasi adalah sebuah kewenangan dalam melaksanakan kebijakan.

Kelemahan (Sistem Sentralisasi)

Kebijakan-kebijakan serta keputusan untuk daerah tergantung pada pusat, sehingga butuh waktu lama untuk melakukan sistem tersebut.

Selain kendala tersebut, karena semua bentuk pemerintahan ada di pusat, itu akan memberikan beban kerja yang lebih tinggi karena pekerjaan daerah akan menjadi semakin menumpuk.

Contoh sistem sentralisasi :
  • Bagian lembaga keamanan negara Indonesia seperti TNI, mereka melaksanakan perlindungan kepada Indonesia memalui tiga titik pusat, yaitu darat, udara, dan laut.
  • Bank Indonesia, yang menjadi pusat dari semua pengaturan kebijakan moneter dan juga fiskal.

Pengertian dan Penjelasan Desentralisasi

Desentralisasi adalah penyerahan wewenang atau kebijakan dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah untuk mengatur pekerjaannya secara sendiri, namun tidak untuk keseluruhan, kemananan, hukum dan juga kebijakan fiskal adalah beberapa dari hal yang masih terpusat di pemerintahan pusat, tapi masih ada pendelegasian (mempercayakan tugas) terhadap suatu daerah. 

Desentralisasi merupakan sebuah penyerahan urusan pemerintah dari pusat kepada daerah menurut Undang-Undang nomor 5, 1974. Pelimpahan wewenang kepada pemerintahan daerah tersebut dilakukan, semata- mata adalah untuk mencapai suatu pemerintahan yang lebih efisien.

Pelimpahan atau pemberian wewenang tersebut menghasilkan sebuah otonomi. Otonomi merupakan kebebasan masyarakat itu sendiri untuk mengatur serta mengurus kepentingannya sendiri.

Secara sederhana kita dapat menyimpulkan bahwa delegasi (pelimpahan atau pemberian) kewenangan pemerintah pusat ke daerah tersebut dapat membuat hal yang disebut desentralisasi dan bentuk aplikasi, yaitu otonomi.

Arti dari hal itu adalah semua hal-hal yang telah diberikan pemerintah pusat, kewenangan dan tanggung jawab menjadi tanggung jawab daerah itu sendiri, baik dari segi implementasi kebijakan, perencanaan, dan pendanaan.

Contoh sistem desentralisasi :
  • Dinas Pendidikan menjadi pengatur bagaimana pola pendidikan yang akan dijalankan.

Pengertian dan Penjelasan Dekonsentrasi

Dekonsentrasi adalah pelimpahan atau pemberian wewenang administrasi dari suatu pemerintah pusat kepada suatu pejabat didaerah. Perlu diketahui bahwa pelimpahan wewenang tersebut hanya kewenangan administrasi saja, untuk kewenangan politik tetap di tangan pemerintah pusat.

Perpaduan kombinasi antara sentralisasi dan desentralisasi bisa disebut dengan dekonsentrasi.

Contoh sistem dekonsentrasi :
  • Kantor pelayanan pajak untuk masyarakat

Demikian yang dapat dibagikan pada kesempatan ini mengenai pengertian sentralisasi, desentralisasi, dan dekonsentrasi beserta dengan contohnya. Perlu diketahui bahwa dalam penyajian informasi ini dipakai referensi yang bersumber dari situs smansax1-edu. Semoga bermanfaat. Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Pengertian Sentralisasi, Desentralisasi, Dekonsentrasi Beserta Contoh"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih