Pengertian, Jenis, Fungsi dan Sumber Karbohidrat



Karbohidrat merupakan sumber utama energi tubuh manusia yang terdiri dari C, H, O (Carbon, Hidrogen dan Oksigen).

Dari pengertian tersebut, dapat diketahui bahwa ketersediaan sumber makanan karbohidrat di bumi ini memang sangat melimpah. 1 gram karbohidrat itu adalah 1,4 kalori.

Karbohidrat dibagi menjadi 2 yaitu karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana. Fungsi karbohidrat yang pasti sangat penting bagi tubuh karena karbohidrat adalah sumber energi tubuh manusia.

Contoh bahan makanan yang termasuk dalam kategori karbohidrat salah satunya adalah beras, gandum, jagung dan lain-lain.

Karbohidrat
Karbohidrat

Tidak semua jenis karbohidrat dapat menyebabkan obesitas (kegemukan), karbohidrat yang tidak menyebabkan kegemukan atau baik dikonsumsi saat diet adalah jenis karbohidrat kompleks, yang merupakan contoh makanannya adalah gandum, kacang-kacangan, ubi jalar, dan lain-lain.

Berikut di bawah ini penjelasan yang lebih detail tentang jenis, sumber dan fungsi karbohidrat.

Jenis Karbohidrat

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa ada dua jenis karbohidrat, karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana. Penjelasan dari masing-masing adalah :

# Karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang lebih lama untuk dicerna oleh pencernaan dan struktur kimianya terdiri dari tiga atau lebih molekul gula yang kaya serat, vitamin, dan mineral yang biasanya saling terikat dalam rantai molekul. Dan tidak membuat cepat gemuk. 

Karbohidrat jenis ini masih dibagi lagi menjadi dua yaitu monosakarida (Karbohidrat yang hanya terdiri dari satu molekul gula seperti glukosa, dan fruktosa) dan disakarida (terdiri dari dua monosakarida kimia yang terikat seperti sukrosa, dan maltosa).

Contoh bahan makanannya adalah gandum, kacang-kacangan, ubi jalar, dan lain-lain.

# Karbohidrat sederhana adalah karbohidrat yang cenderung cepat dicerna oleh pencernaan yang struktur kimianya terdiri dari satu atau dua molekul gula. Yang mengkonsumsi jenis karbohidrat ini, cenderung mereka akan lebih cepat menjadi lemak. 

Karbohidrat jenis ini juga masih dibagi lagi menjadi dua kategori, yaitu oligosakarida (terdiri dari monosakarida-monosakarida dalam jumlah kecil yang tidak lebih dari 10) dan polisakarida (terdiri dari monosakarida dan disakarida dalam jumlah besar seperti amilum/zat tepung, dan selulosa).

Contoh bahan makanannya adalah yoghurt, susu, minuman dingin, gula tebu, dan lain sebagainya.

Fungsi Karbohidrat

Kita tahu bahwa karbohidrat memiliki fungsi sebagai penghasil energi bagi tubuh. Namun selain  itu perlu kita ketahui juga bahwa karbohidrat juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan asam dan basa, sebagai pembentuk struktur (sel, jaringan, dan organ tubuh), membantu dalam penyerapan kalsium sebagai pembentuk senyawa lain.

Ketersediaan karbohidrat yang cukup untuk tubuh merupakan suatu hal yang sangat penting karena jika kekurangan karbohidrat, tubuh cenderung menjadi lemas.

Sumber Karbohidrat Secara Umum

Sumber makanan yang memproduksi karbohidrat secara umum ini termasuk telur putih, kentang, kacang-kacangan, buah segar, susu, jagung, singkong, beras merah dan lain sebagainya.



Baca juga :

0 Response to "Pengertian, Jenis, Fungsi dan Sumber Karbohidrat"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih