Bagaimana Manfaat Mandi Saat Sebelum Shubuh ?



Mandi sebelum Shubuh memang jarang dilakukan. Mandi merupakan suatu hal yang harus dilakukan oleh setiap orang secara rutin demi memperoleh kebersihan badan baik saat memiliki hadats atau tidak. Mandi esok hari pasti bukanlah hal yang aneh dan hal ini sudah banyak dikenal luas di masyarakat bahwa mandi di pagi hari memiliki keutamaan atau manfaat yang baik untuk tubuh. 

Mandi pada pagi hari sudah banyak di jumpai memiliki manfaat atau efek yang baik untuk tubuh, yang mana antara lain manfaat umumnya adalah untuk membersihkan kotoran yang menempel dan menyegarkan tubuh. Mandi pada saat fajar (pagi hari) bila dirasa memang rasanya tentu lebih dingin dan segar tapi hal itu kaya akan manfaat.

Menurut riwayat, Rasullulah sallallaahualaihiwasallam tak pernah sakit sepanjang hayatnya karena pandai menjaga kesehatannya dan salah satu aktivitas rutin Rasullulah adalah beliau selalu menjaga makanan sehari-harinya dan selalu mandi sebelum subuh. Sumber riwayat hadits ini adalah situs muslimafiyah.

Sekarang dengan adanya riwayat di atas yang pasti kita menjadi lebih jelas bahwa mandi diwaktu sebelum subuh atau sebelum fajar adalah hal yang cukup baik. Untuk lebih jelas lagi, berikut penjelasannya.
Bagaimana Manfaat Mandi Saat Sebelum Shubuh ?
Mandi saat sebelum shubuh

Manfaat Mandi Sebelum Shubuh

Rasullulah sendiri telah menunjukkan dan tanpa sengaja memberitahu kita tentang bagaimana manfaat mandi sebelum shalat fajar melalui riwayat kebiasaan yang telah dilakukannya.

Kebenaran tentang hal itu juga ditunjukkan oleh medis bahwa tubuh akan mendapatkan manfaat yang baik ketika mandi sebelum shalat Subuh, alasannya tak lain adalah karena mandi di pagi hari mengakibatkan produksi sel darah putih (leukosit) dalam tubuh menjadi meningkat sehingga dapat mengakibatkan dampak yang baik seperti sebagaimana fungsi dari sel-sel darah putih yaitu menjaga sistem kekebalan tubuh dan membuat tubuh terlindung dari virus dan bakteri penyebab penyakit. 

Selain itu mandi di pagi hari yang biasanya terasa sangat dingin juga dapat membuat sirkulasi darah menjadi lancar, meningkatkan pemasokan oksigen pada tubuh, membuat kesuburan hormon laki-laki (testosteron) terjaga dan memperkuat serta menyehatkan akar rambut, menghilangkan kelelahan atau stres, bahkan beberapa orang mengatakan bahwa bisa menjadi cara untuk lebih awet muda. 

Untuk itu setelah kita mengetahui informasi ini, mari kita biasakan untuk mandi sebelum fajar dan jangan menyiayiakan waktu ketika kita mampu untuk melaksanakannya agar kesehatan dan manfaat dari mandi itu dapat kita rasakan. Semoga bermanfaat. Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Bagaimana Manfaat Mandi Saat Sebelum Shubuh ?"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih