Bacaan Lafadz Niat Wudhu dalam Bahasa Arab dan Indonesia



Berwudhu merupakan salah satu kegiatan thoharoh atau bersuci yang dimana hal ini biasa dikerjakan sebelum melakukan sholat wajib atau sholat sunnah. Wudhu juga disebut membersihkan hadats kecil.

Banyak orang mempercayai bahwa berwudhu bukan hanya sekedar membasuh anggota yang disarankan untuk dibasuh dengan air yang dapat memberi manfaat kebersihan saja, tetapi berwudhu banyak dipercaya juga dapat memberi manfaat lain yang baik untuk tubuh dan kesehatan seperti akan menimbulkan dampak aura yang cerah, akan lebih terjauh dari kuman, bakteri penyebab jerawat dan lain sebagainya. 


Ilustrasi orang sedang berwudhu

Sebelum mempraktikkan wudhu, ada baiknya kita harus tahu bagaimana niat doa ketika akan wudhu, kemudian bacaan niat saat berwudhu dan doa sesudah berwudhu agar kita dapat mempraktikkan wudhu dengan benar dan tepat sesuai aturan.

Dalam berwudhu ada aturannya, sehingga saat mengerjakannya tidak boleh asal-asalan. Selain harus dikerjakan runtut (berurutan), seperti yang disampaikan diatas, saat berwudhu kita juga dituntut mengetahui bacaan niat wudhu yang benar untuk dibaca.

Berikut dibawah ini bacaan niat wudhu dalam bahasa Arab dan Indonesia.

Bacaan Niat Wudhu Bahasa Arab



Bacaan Niat Wudhu Bahasa Indonesia

"Aku berniat wudhu untuk menghilangkan hadats kecil karena Allah Ta'ala".

Rasullullah pernah bersabda bahwa ” Tidak diterima sholatmu tanpa bersuci atau wudhu (HR. Muslim).

Menyikapi hal itu dapat kita ambil kesimpulan bahwa sebelum sholat dilaksanakan, maka diwajibkan bagi kita untuk melakukan wudhu (bersuci). Bagian tubuh yang harus dibasuh ketika wudhu antara lain adalah :
  • Mulut
  • Hidung
  • Muka
  • Tangan
  • Rambut
  • Telinga
  • dan yang terakhir adalah kaki.

Saat berwudhu, lebih baik tidaklah berbicara kecuali ada keperluan. Selain itu, agar memperoleh keistimewaan dari wudhu, mari lakukanlah wudhu dengan baik dan benar.

Sumber referensi tulisan ini adalah situs rukun islam.

Demikian sedikit yang dapat disampaikan mengenai bacaan lafadz niat wudhu. Semoga bermanfaat. Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Bacaan Lafadz Niat Wudhu dalam Bahasa Arab dan Indonesia"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih