Pengertian dan Penjelasan Arti Sakinah, Mawaddah, Wa Rahmah



Sakinah, mawaddah, wa rahmah - Sebagai umat muslim yang baik, sudahkan Anda menikah ? Kalau sudah menikah pasti semua suami istri menginginkan pernikahan yang sakinah, mawaddah, wa rahmah.

Namun dibalik kata-kata itu apakah kita semua sudah mengetahui apa arti dan penjelasan darinya ?

Memang kata-kata tersebut kebanyakan tidak asing lagi bagi kita yang belum menikah atau sudah menikah, tapi agar lebih paham dan tidak salah dalam mengartikan, mari simak penjelasan dibawah ini.

Makna atau Arti Kata Sakinah

Kata Sakinah dalam bahasa Arab memiliki arti kedamaian, tenang, tentram, dan aman. Asal mula kata ini berasal dari Al-Qur’an surah 30:21 (Ar-Rum), yang mana pada ayat ini tertulis "Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya, dan Dia menjadikan diantaramu rasa kasih dan sayang". (Arti ini hanya saya kutip sebagian).

Pengertian dan Penjelasan Arti Sakinah, Mawaddah, Warahmah
Keluarga yang sakinah, mawaddah, dan wa rahmah (Pixabay.com)

Makna kata sakinah dalam pernikahan tersebut dapat diartikan sebagai seorang laki-laki dan istri harus bisa membuat pasangannya merasa tentram, tenang, nyaman dan damai dalam menjalani kehidupan bersama supaya sebuah rumah tangga bisa langgeng.

Dalam membuat rumah tangga yang langgeng dibutuhkan sebuah iman dan ikatan hati yang kuat yakni berupa kesetiaan.

Yang dimaksud setia tersebut adalah selalu menerima setiap saat dan apa adanya, baik seperti pada saat memiliki wajah jelek, pangkat yang tinggi, banyak uang atau tidak memiliki uang sama sekali. 

Jika beberapa tahun hubungan sudah bisa berjalan dengan baik dan dalam pernikahan tersebut terasa nyaman dan tentram maka insyaallah hubungan itu terlaksana dengan sakinah, tapi jika sebaliknya maka hubungan itu bisa dikatakan belum sakinah.

Makna atau Arti Kata Mawaddah

Mawaddah merupakan satu kata yang sering ikut terucap bersama ketika berbicara masalah sakinah.

Mawaddah dalam bahasa Indonesia bisa diartikan cinta atau sebuah harapan. Kata ini juga ada pada Al-Qur’an surah 30:21 (Ar-Rum), yang mana pada ayat ini tertulis "Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya, dan Dia menjadikan diantaramu rasa kasih dan sayang". (Arti ini hanya saya kutip sebagian).

Ketika menjalin sebuah pernikahan, cinta adalah hal utama yang harus ada padanya. Ketika hubungan sudah berjalan dan mendapatkan rasa nyaman, saat itu juga cinta yang sudah ada akan tumbuh menjadi cinta yang semakin besar dan kuat. Adanya cinta itu akan sangat bermanfaat dalam kehidupan kedua pasangan.

Rasa cinta tersebut sangatlah indah, banyak dari sebagian orang yang sedang merasakan cinta mereka lupa akan segalanya, mereka akan berbunga-bunga. Seperti yang sering dikatakan oleh banyak orang bahwa cinta itu bisa buta.

Buta cinta itu lupa segala sesuatu karena indahnya cinta.

Makna atau Arti Kata Wa Rahmah

Wa rahmah tidaklah jauh dari kata sakinah dan mawaddah. Sebab ketiga kata ini memiliki sebuah hubungan yang saling berkaitan. Wa rahmah dalam bahasa Indonesia dapat diartikan "dan kasih sayang".

Kata wa rahmah sendiri juga ada pada Al-Qur'an surah 30:21 (Ar-Rum), yang mana pada ayat ini tertulis "Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya, dan Dia menjadikan diantaramu rasa kasih dan sayang". (Arti ini hanya saya kutip sebagian).

Dalam menjalin hubungan keluarga, rasa kasih sayang merupakan inti dari banyak faktor yang harus ada, dengan adanya rasa kasih sayang, keluarga tersebut bisa menjadi lebih harmonis dan memperoleh sebuah kebahagiaan yang mana kebahagiaan itu akan menjadi benteng yang dapat memperkuat hubungan agar ketika setiap kali ada rintangan atau hambatan menerjang, rintangan atau hambatan itu dapat dengan baik dan mudah terselesaikan, tepatnya tanpa menimbulkan sebuah perselisihan yang dapat berakibat fatal.

Kesimpulan

Sakinah, mawaddah, wa rahmah merupakan sebuah pokok yang harus ada dalam menjalin kehidupan berkeluarga. Agar kehidupan suami istri menjadi aman, tentram dan damai, kedua belah pihak (suami-istri) diharuskan untuk saling pengertian, saling mencintai, saling menjaga, saling memberi kepercayaan dan kasih sayang sepenuhnya.

Aspek-aspek itu merupakan hal-hal yang harus digaris bawahi dan dijadikan sebagai pedoman agar hubungan bisa menjadi bahagia, langgeng, dan nyaman,

Semoga kita menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, wa rahmah dan termasuk orang-orang yang memperoleh istri dan suami yang sholeh sholehah sehingga kehidupan di dunia dan akhirat menjadi nyaman, aman dan tentram. Amin.

Tulisan ini memakai sumber referensi dari banyak situsDemikian yang dapat disampaikan pada kesempatan ini mengenai pengertian dan penjelasan sakinah, mawaddah, wa rahmah. Semoga bermanfaat. Mishba7 blog



Baca juga :

3 Responses to "Pengertian dan Penjelasan Arti Sakinah, Mawaddah, Wa Rahmah"

  1. (Ketika menjalin sebuah pernikahan, cinta adalah hal utama yang harus ada padanya. Saat hubungan telah mencapai titik sakinah (nyaman, tentram) maka mulai dari saat itu akan muncul mawaddah (rasa cinta).)
    berarti yang penulis maksud disini adalah, cinta itu output dari nyaman dan tentram yak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, benar sekali mas.. Rasa nyaman dan tentram merupakan salah satu pemicu timbulnya cinta.

      Kenyamanan dan ketentraman yang ada pada sebuah hubungan, lama-kelamaan akan menjadi emosi yang menimbulkan ketertarikan yang dengan itu disertai rasa kasih sayang dan harapan untuk mencapai titik kebahagiaan, dan inilah yang dinamakan Cinta.

      Tapi jangan salah, cinta disini memiliki banyak arti, semua tergantung yang menjalani.

      "Cinta mengandung filosofi tersendiri yang cukup mendalam dan tidak bisa diungkapkan melalui kata-kata".

      Terima kasih atas pertanyaannya :)

      Delete
  2. jika seseorang itu bisa 'memberikan' kenyamanan (sakinah), maka akan muncul rasa cinta (mawadah) dan lebih jauh lagi akan mendapat rahmat... Jadi cinta dalam pernikahan itu penting, sangat penting... wallahu 'alam

    ReplyDelete

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih