Pengertian dan Definisi serta Contoh Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas dalam Paragraf



Kalimat utama dan juga kalimat penjelas merupakan sebuah kalimat yang ada pada sebuah paragraf yang mana biasanya di pelajari di pelajaran bahasa Indonesia. Terkadang diantara kita banyak yang lupa atau bahkan belum tahu apa kalimat tersebut sehingga ditemukan pertanyaan "bagaimana pengertian kalimat utama dan kalimat penjelas? dan seperti apa contoh kalimat utama dan kalimat penjelas itu?". Nah semua itu akan kami sajikan dan bisa kalian pelajari dibawah ini.


Ilustrasi gambar contoh kalimat beberapa paragraf 

Pengertian Kalimat Utama

Kalimat utama, gagasan pokok, atau biasa disebut topik dalam sebuah paragraf adalah sebuah kalimat yang mengandung ide pokok atau kunci utama mengenai suatu topik yang sedang dibahas di dalam sebuah paragraf tersebut. Kalimat utama itu merupakan sebuah kalimat yang menjadi acuan atau paduan ketika akan mengembangkan suatu paragraf agar kalimatnya bisa panjang.

Ciri-ciri Kalimat Utama
  • Kalimat utama merupakan kalimat yang berisi suatu masalah tertentu di mana masalahnya bisa dikembangkan panjang lebar.
  • Kalimat utama biasanya kalimat yang utuh atau berdiri sendiri tanpa penghubung antara kalimat atau mungkin intra-kalimat.
  • Kalimat utama pada kalimat deduktif pada umumnya terletak pada permulaan (awal) paragraf. Tapi kalimat utama pada kalimat induktif itu terletak di akhir paragraf serta biasanya memanfaatkan kata-kata seperti: "Singkatnya, kesimpulannya,.... Jadi ...,"
  • Memiliki arti yang jelas tanpa harus ditambah atau dihubungkan dengan kata lain.

Kalimat Penjelas

Kalimat penjelas adalah sebuah kalimat yang mana isinya bisa menjadi penjelasan, informasi, atau sebagai rincian detail tentang kalimat utama atau gagasan pokok dari sebuah paragraf. Penjelasan kalimat penjelas itu bisa dalam bentuk informasi atau penjelasan, contoh atau mungkin ilustrasi, kutipan dan lain-lain.

Ciri-ciri Kalimat Penjelas
  • Kalimat penjelas itu sebagai pendukung utama atau sebagai kalimat yang menyediakan deskripsi, contoh yang baik, perbandingan, alasan selain penjelasan tentang topik yang sedang dibahas namun masih dalam hal serupa.
  • Kalimat penjelas merupakan kalimat yang tidak bisa berdiri sendiri tanpa kalimat utama.
  • Kalimat penjelas itu butuh sehingga melibatkan kata-kata seperti "Sebenarnya, misalnya, contohnya, dan lain sebagainya.". 
  • Kalimat penjelas itu membutuhkan kata penghubung agar kalimat bisa berkesinambungan dan menjadi runtun terus menerus.

Contoh Kalimat Utama dan Penjelas

(1) Terkena serangan jantung adalah pembunuh utama di dunia. (2) Banyak faktor-faktor yang dapat membuat seseorang menjadi terkena serangan jantung. (3) Salah satunya adalah tingginya kolesterol dalam tubuh. (4) Jumlah lemak yang dikonsumsi juga menjadi salah satu dari beberapa pemicu kolesterol. (5) Jika faktor yang dapat membuat seseorang terkena serangan jantung itu tidak dijauhi maka ini dapat menjadikan kolesterol berkumpul dan memblokir atau menyumbat darah dan mengganggu kerja dari jantung dalam mempompa serta menempatkan darah keseluruh tubuh dan kemudian menjadikan penyakit yang berbahaya dan berakibat kematian.

Kalimat utama dalam paragraf diatas adalah "Terkena serangan jantung adalah pembunuh utama di dunia". dan kalimat penjelasnya terdapat pada kalimat nomor 2-5.

Dalam penulisan artikel diatas, digunakan sumber referensi yaitu situs kelas indonesia.

Baca juga : Pengertian, Definisi, dan Contoh Paragraf Or Kalimat Deduktif.

Demikian yang dapat disampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat. Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Pengertian dan Definisi serta Contoh Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas dalam Paragraf "

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih