Pengertian, Definisi, dan Contoh Paragraf Or Kalimat Deduktif



Kalimat deduktif - Kalimat atau paragraf dalam bahasa Indonesia itu ada beberapa macam. Paragraf itu sendiri adalah sebuah rangkaian dari beberapa kalimat yang mana saling berhubungan dan didalamnya mengandung sebuah gagasan pokok atau inti darinya dan terdiri dari satu kalimat utama dan beberapa kalimat penjelas. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas salah satu dari beberapa jenis paragraf itu, yang kami bahas kali ini adalah paragraf deduktif.


Gambar ilustrasi berfikir tentang apa paragraf deduktif 

Definisi atau Pengertian Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif adalah sebuah paragraf yang gagasan pokok atau kalimat utamanya terdapat pada awal paragraf. Biasanya pada awal kalimat ini sering kali terdapat pernyataan yang sifatnya umum lalu dilengkapi dengan beberapa kalimat penjelas yang berupa contoh, perincian yang khusus, bukti atau lainnya.

Ciri - Ciri Paragraf Deduktif

Ciri dari paragraf deduktif antara lain adalah :

# Kalimat awal adalah kalimat utama. ( Satu kalimat yang berada di awal paragraf yang mana kalimat itu mengandung inti/gagasan pokok dari semua kalimat dalam satu paragraf tersebut ).

# Kalimat terdiri dari pernyataan yang bersifat umum dan dan kemudian dilanjutkan dengan kalimat penjelas.

Contoh Paragraf Deduktif

Tikus merupakan hewan yang merugikan dan musuh bagi para petani di desa Kamboja. Kemarin sore banyak warga desa kamboja yang pergi ke sawah untuk memberi makan tikus-tikus yang ada disawah mereka dengan makanan yang sudah dicampur dengan racun. Hal ini dilakukan warga karena banyak tikus yang makan padi para warga setempat dan tahun lalu telah menyebabkan warga menjadi gagal panen dan rugi.

Kalimat deduktif dari paragraf diatas adalah :

" Tikus merupakan hewan yang merugikan dan musuh bagi para petani di desa Kamboja ".

Bisa dikatakan sebagai kalimat deduktif yaitu karena kalimat awal paragraf diatas adalah gagasan pokok atau inti dari pembahasan dalam satu paragraf, dan pada kalimat selanjutnya sudah jelas ada kata "kemarin sore" yang mana kalimat ini merupakan kalimat penjelas, dan begitu juga pada kalimat selanjutnya, kalimat ke tiga adalah kalimat penjelas atau kalimat pendukung dari gagasan pokok karena alasan menuju kalimat utama lebih diperlihatkan dengan jelas.

Referensi yang digunakan untuk informasi ini diambil dari situs uklis n kelasindo

Baca juga : Pengertian Cerpen Beserta Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Lengkap.

Demikian yang dapat disampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat. Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Pengertian, Definisi, dan Contoh Paragraf Or Kalimat Deduktif"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih